AUTHOR GUIDLINES

TATA CARA PENULISAN ARTIKEL JIPD (JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DASAR)

 

  1. PEDOMAN UMUM
  2. Naskah merupakan hasil telaah kepustakaan, penelitian lapangan dan pengabdian masyarakat bidang pendidikan dasar dan pembelajaran.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang benar. Diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, font 11.
  4. Panjang naskah berkisar 8-20 halaman diketik dengan spasi 1,5.
  5. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin): 3,5cm untuk batas atas, bawah dan kiri. Sedangkan batas kanan, 2,0 cm.
  6. Setting halaman adalah 2 kolom dengan equal with coloumn dan jarak antar kolom 5 mm, sedangkan Judul, Identitas Penulis, dan Abstract ditulis dalam 1 kolom.
  7. Semua naskah ditelaah oleh tim reviewer (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) yang ditunjuk oleh tim penyunting menurut bidang keahliannya. Bila ada saran atau catatan dari reviewer, penulis diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan atau revisi. Kepastian atau penolakan naskah akan disampaikan kepada penulis secara tertulis.
  8. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perizinan pengutipan atau penggunaan sofware komputer untuk pembuatan naskah yang berdampak pada timbulnya konsekuensi hukum, menjadi tanggung jawab penulis.
  9. Naskah yang tidak dimuat tidak dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  10. Artikel dikirim ke alamat: Redaksi JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), Program Studi PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng, Jln. Jend. A. Yani, 10, Ruteng, Flores, NTT, 86508. Email: [email protected]

 

  1. SISTIMATIKA PENULISAN

 

  • Bagian Awal berisi : Judul, Nama Penulis dan Abstrak
  1. Judul naskah atau artikel dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 14, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata oleh. Jika naskah merupakan hasil kerja tim maka urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya. Semuanya ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran
  3. Nama perguruan tinggi atau program studi dan alamat surat email (email) penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Romanfont
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak berisi tentang inti permasalahan/latar belakang penelitian, cara penelitian/pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dan abstrak dicetak tebal (bold). Jenis hurufnya Times New Roman, font Jumlah kata tidak lebih dari 250 kata dan diketik 1 spasi,disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikandalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat. Abstract dilengkapi dengan Keywords dan kata kunci yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Keywords dan kata kunci dicetak tebal (bold).
  • Bagian Inti
  1. Berisi: pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan dan kesimpulan.
  • Pendahuluan

Mencakup latar belakang atas suata permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah;Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada). 

  • Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.
  • Hasil Penelitian dan Pembahasan

Bagian ini menyajikan hasilpenelitian. Hasil penelitiandapatdilengkapi dengantabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.

  • Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan.
  1. Bagian inti semuanya diketik dengan menggunakan huruf times new roman, ukuran 11, spasi 1,5.
  2. Kata Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Kesimpulan menggunakan huruf kapital (UPPERCASE). times new roman, ukuran 11, dicetak tebal dan tanpa penomoran. Sedangkan anak judul atau subbagian, pada huruf pertama setiap kata menggunakan huruf kapital (Capitalize Each Word) dan dicetak tebal, times new roman, ukuran 11.
  3. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antaralinea tidak diberi spasi.
  4. Kata asing ditulis dengan huruf miring.
  5. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.
  6. Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis dan diberi nomor.
  7. Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.), tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan posisi rata tengah (center justified) seperti contoh berikut:

Tabel 1. Kriteria Keterterapan Produk

Rentangan

Nilai

Kategori

0% s.d. 20%

E

Sangat Rendah

21% s.d. 40%

D

Rendah

41% s.d. 60%

C

Sedang

61% s.d. 80%

B

Tinggi

81% s.d. 100%

A

Sangat Tinggi

  1. Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut:

Gambar 1. Kulit Singkong Yang Sudah direbus

  1. Diagram diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul diagram diletakkan di bawah diagram dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut:

Grafik 1. Prosentase Pengetahuan Siswa Tentang Kewajiban Penanganan Sampah

  • Bagian Akhir berisi keterangan simbol (jika ada) dan daftar pustaka atau daftar rujukan.
  1. Penulisan daftar pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan (palin kurang terbitan 10 tahun terakhir)
  2. Tehnik perujukan menggunakan sistem catatan tubuh (body note) atau tehnik rujukan berkurung dengan diberi keterangan jelas nama akhir penulis, tahun terbit dan nomor halaman. Contoh : (Sumardi, 2016:4)
  3. REFERENSI

 

  1. Referensi/ daftar pustaka/daftar rujukan ditulis mengikuti sistem Harvard Referencing Standard, mencakup: nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat terbit dan penerbit
  2. Susunan daftar rujukan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
  3. Tata cara penulisan daftar rujukan, seperti tertera berikut:

Buku :

[1] Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Buku (cetak miring). Edisi,  Tempat Publikasi dan penerbit.

Usman, Husaini. 2009. Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Bila lebih dari 1 penulis, cara tulisnya:

Komariah A. & C. Triatna. 2008. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Atau  Suhardan, D. et.all. 2008. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Buku terjemahan :

Northouse  G. . 2013. Leadership : Theory and Practice, 6th edition. Terjemahan Ati Cahayani. Jakarta: Indeks.

Buku kumpulan artikel atau bunga rampai

Saukah A. & Waseso, M.G. (Eds.) 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisis Ke-4 cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel Jurnal

Penulis 1, Penulis 2 dan seterusnya, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel (diberi tanda petik buka dan tutup). Nama Jurnal (Cetak Miring). Vol. Nomor. Rentang Halaman.

Contoh : Sumardi, V. 2017. “Spritualitas Guru Sekolah Dasar Percikan Mangunwijaya”. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), Vol. 1, Nomor 1: 10-32

Prosiding Seminar/ Konferensi

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel (diberi tanda petik buka dan tutup). Nama Konferensi. Tanggal, Bulan danTahun, Kota, Negara. Halaman.

Contoh:

Michael, R. 2011. “Integrating Innovation Into Enterprise Aarchitecture Management”.Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schafts Informatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis: 776-786.

            Artikel dalam Koran :

            Fransiska W. 2 Mei 2017. “Pahlawan Pendidikan Orang Flores”. Flores Pos. Hal. 12

            Skripsi, Tesis dan Disertasi

Sumardi, V. 2005. Spritualitas Imamat dalam Perspektif Mangunwijaya. Skripsi. Maumere: STFK Ledalero.

Sumardi, V. 2014. Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam TQE (Studi Kasus di SMP Santu Klaus Kuwu,Ruteng, Flores). Tesis. Singaraja: Program Studi Administrasi Pendidikan.

Makalah Seminar, Lokakarya dan Penataran

Admaja, I.N.B. 2017. “Pendidikan Multikultarilsme dalam Mempersiapkan Generasi Emas”. Makalah Seminar Nasional. Aula Misssio, STKIP Santu Paulus Ruteng, 29 April 2017.

Berita dalam Koran

Flores Pos. 2 Mei 2017. Pendidikan Multikultural Ciptakan Keseimbangan. Hal. 16

Rujukan dari Website/ Internet

Sumardi, Vinsensius, 2014. Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam TQE (Studi Kasus di SMP Santu Klaus Kuwu,Ruteng, Flores) (online), (http://portalgaruda.ilkom.unsri.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=258883), diakses 05 Juni 2017.