POLA ASUH YANG EFEKTIF UNTUK MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL

  • Stephanus Turibius Rahmat Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
Keywords: keluarga, orang tua, pola asuh, authoritative, demokratis, era digital

Abstract

Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Keluarga sebagai salah satu trisentra pendidikan merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi pembentukan karakter anak. Keluarga sebagai locus pembentukan karakter anak perlu mengembangkan pola asuh atau pola interaksi yang edukatif dan efektif. Pola asuh yang dilakukan orang tua terhadap anak bertujuan untuk melayani kebutuhan fisik dan psikologis anak. Selain itu, pola asuh tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk sosialisasi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat supaya anak-anak dapat hidup selaras dengan lingkungannya. Pola asuh anak dalam keluarga terdiri dari empat (4) kategori, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh yang kurang memiliki tuntutan terhadap anak dan kurang responsif  terhadap kebutuhan anak (orang uninvolved), pola asuh demokratis atau authoritative. Orang tua yang hebat harus terlibat dalam mendidik anak dengan pola asuh yang demokratis, positif, efektif, konstruktif dan transformatif. Orang tua harus mendidik anak bukan dengan kekerasan atau paksaan, tetapi memberi kebebasan dengan suatu kontrol yang ketat supaya anak bertumbuh dan berkembang secara positif dan baik. Pola asuh yang dibutuhkan pada era digital adalah pola asuh yang demokratis atau authoritative. Pola asuh ini berupaya membantu anak agar bersikap kritis terhadap pengaruh-pengaruh negative dari era digital. Oleh karena itu, orangtua harus mampu berperan untuk mendidik dan membimbing anak supaya menggunakan media digital untuk tujuan yang benar dan positif.

References

Bowman, T. Barbara, Suzanne, Donovan, and Burns, Susan, M. (editors). 2010.Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington DC: National Academy Press
Harian Umum Koran Sindo, 10/08/2017.
Herimanto dan Winarno. 2012.Ilmu Sosial & Budaya Dasar, Cet. VI. Jakarta : PT Bumi Aksara.
http://www.katolisitas.org/keluarga-kristianisebagai-ecclesia-domestica). Diunduh tanggal 3 November 2017
https://phyoner.com/detailpost/pondasipendidikan-anak. Diunduh tanggal 19 November 2017
Hurlock, B. Elisabeth. 2000.Perkembangan Anak, Edisi IV. Jakarta : Erlangga..
Kamus Besar Bahasa Indonesa versi online. “Pengertian Orang Tua”.https://kbbi. web.id/orang-tua.Diunduh tanggal 1 November 2017
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Seri Pendidikan Orang Tua:Mendidik Anak di Era Digital, Cet. I. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Juli 2016.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Seri Pendidikan Orang Tua: Pengasuhan Positif, Cetakan Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Juli 2016.
Konsili Vatikan II. 1990. Gaudium et Spes.(terj. R. Hardawiryana). Jakarta : Departeman Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Mulyono. 2016. ”Peran Pendidikan Keluarga di Era Digital.” http://jateng.tribunnews. com/2016/04/12/forum-guru-peranpendidikan-keluarga-di-era-digital. Diunduh tanggal 29 Mei2017.
Paulus II, Yohanes. 1993.Familiaris Consortio, Anjuran Apostolik Sri Paus Yohanes Paulus II tentang Peranan Keluarga Kristen dalam Dunia Modern tanggal 22 November 1981.(terj. R. Hardawiryana). Jakarta: Departeman Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Paus Fransiskus. 2014.Evangelii Gaudium atau Sukacita Injil, Seruan Apostolik Paus Fransiskus tanggal 24 November 2013. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Peschke, Karl-Heinz. 2003. Etika Kristiani, Jilid IV (Terj.Armanjaya Alex). Maumere : Penerbit Ledalero.
Raho, Bernard. 2003. Keluarga Berziarah Lintas Zaman. Suatu Tinjauan Sosiologis. Ende:Nusa Indah.
https://rumahparenting.id/8-fungsi-keluarga-danperan-ibu/.Diunduh tanggal 1 November 2017
Santosa, T. Elizabeth. 2015.Raising Children In Digital Era – Pola Asuh Efektif untuk Anak di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia.
Santosa, T. Elizabeth. 2016. “Era Digital, Orang Tua Butuh Ilmu agar Tak Salah Mendidik Anak. http://edupost.id/parenting/eradigital-orang-tua-butuh-ilmu-agar-taksalah-mendidik-anak/. Diunduh tanggal 29 Mei 2017.
Tim Pustaka Phoenix. 2013.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Baru. Jakarta : Pustaka Phoenix.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Published
2019-07-22
How to Cite
Stephanus Turibius Rahmat. (2019). POLA ASUH YANG EFEKTIF UNTUK MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143-161. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.166