Author Guidlines

  1. Artikel yang ditulis dan dikirim merupakan karya sendiri yang memuat hasil penelitian atau telaah pustaka dalam bidang pendidikan, kebahasaan, kesastraan, atau kebudayaan dan belum pernah dimuat atau dipublikasikan pada jurnal lain.
  2. Naskah diketik dengan program Microsoft Word; huruf Time New Roman ukuran 11 pt.; pada kertas ukuran A4 dengan spasi 1; panjang artikel sekitar 10-20 halaman.
  3. Judul artikel jurnal ditulis dengan huruf kapital secara singkat, jelas, informatif, mengandung kata kunci, dan diposisikan pada tengah atas halaman; sedangkan sub judul ditulis mulai margin kiri lurus tanpa menggunakan angka penomoran. Sub-sub judul dibedakan peringkat hurufnya dan dicetak tebal.
  4. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik, ditempatkan di bawah judul artikel, asal lembaga atau afiliasi penulis dan alamat korespondensi (e-mail).
  5. Jika naskah ditulis oleh tim, semua nama anggota tim harus ditulis, tetapi penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya di urutan pertama. Agar semua nama penulis terdaftar pada sistem, semua nama penulis dengan alamat email masing-masing harus di-entry saat pengisian meta data. 
  6. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara baik, benar, dan santun dengan format esai, dan berpedoman pada tata tulis Ejaan Bahasa Indonesia.
  7. Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut: Judul, nama penulis, alamat lembaga dan alamat korespodensi (e-mail); Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (150-200 kata) berisi intisari seluruh artikel berupa tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan utama); Kata kunci; Pendahuluan (berisi masalah penelitian, situasi ilmiah dewasa ini, dapat mengacu pustaka yang menjadi landasan penelitian); Metode; Hasil dan pembahasan (diperkuat teori atau temuan penelitian yang relevan); Penutup; Daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). 
  8. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan mutakhir (sepuluh tahun terakhir) dan diutamakan pustaka primer (artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah, atau laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi)
  9. Tata cara penulisan pustaka rujukan menggunakan gaya selingkung American Psychological Association (APA). Penulis bisa mengunjungi www.apastyle.org untuk mempelajari lebih detail tentang gaya selingkung APA. Daftar rujukan disusun secara alfabetis kronologis.

 Contoh:

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai  Pustaka.

Baryadi, I.P. (2002). Dasar-dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Gondo Suli.

Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian, dan Pemelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Faraba, K. S. A. (2017). Elipsis subjek dan predikat pada judul-judul berita line news populer. Jurnal Pena Indonesia 3 (1), 1-15. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v3n1.p1-15

Griffiths, J., Lipták & Aniko. (2014). Contrast and island sensitivity in clausal ellipsis. Syntax 17 (3), 2014: 189-234. DOI: https://doi.org/10.11111/synt.12018

Kertz, L. (2013). Verb phrase elipsis: the view from information structure. Language, 89(3), 390-428. Retrieved May 2, from www.jstor.org/stable/24671934

Mahsun. (2012). Metode penelitian bahasa: tahapan strategi, metode, dan tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.