Unika Santu paulus ruteng

Cermati Persoalan Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika Lakukan FGD

Foto: Tangkapan Layar Kegiatan FGD Prodi Pendidikan Matematika dengan Berbagai Pemangku Kepentingan

Ruteng, Unika Santu Paulus – Pelaksanaan Pendidikan selama ini tentunya tidak terlepas dari berbagai masalah. Apalagi di masa pandemi ini, begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran. Menyikapi persoalan pendidikan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk mencari informasi tentang berbagai macam persoalan pendidikan terutama di kabupaten Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

FGD ini diselenggarakan secara daring pada hari ini, Senin, 13 September 2021 dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Dalam diskusi ini diperoleh gambaran tentang berbagai macam persoalan dalam pendidikan tiga kabupaten di pulau Flores ini.

Dalam kegiatan pembukaan FGD, Bedilius Gunur, M.Pd, selaku ketua pelaksana FGD, mengatakan bahwa kegiatan ini diarahkan untuk peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng. Kualitas ini diukur dari pelaksanaan penelitian yang memiliki dampak terhadap peningkatan kualitas pendidikan sehingga untuk mewujudkan itu maka diperlukan masukan dari dinas terkait, kepala sekolah, dan guru, lanjut Gunur.

Romo Emilianus Jehadus, S.S., M.Pd., selaku ketua Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan FGD akan sangat membantu dosen Prodi Pendidikan Matematika terutama dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai tugas pokok perguruan tinggi selain pendidikan. Dalam kegiatan itu, Romo Emil, mengapresiasi para peserta yang ikut hadir dalam kegiatan dimaksud karena sudah bersedia memenuhi undangan panitia pelaksana FGD, dan juga di waktu yang sama, sekaligus berterima kasih kepada panitia karena sudah menyiapkan dengan baik agar kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Dr. Maximus Tamur, M.Pd, sebagai pembicara utama, menjelaskan bahwa kegiatan FGD ini akan menjadi dasar bagi prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng untuk memperoleh data awal tentang permasalahan pendidikan di kabupaten Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat, terutama persoalan berkaitan dengan begitu cepatnya perubahan teknologi yang berdampak pada adanya perubahan di bidang pendidikan. Dari data awal inilah akan dirancang berbagai macam penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi sekolah di tiga kabupaten ini, sambung Tamur.

Kegiatan FGD ini diikuti oleh perwakilan dari dinas Pendidikan, Pemuda,dan Olahraga (PPO) kabupaten Manggarai, dinas Pendidikan, Pemuda,dan Olahraga (PPO) kabupaten Manggarai Barat, kepala sekolah dan guru SMP St. Klaus, kepala sekolah dan guru SMP Fransiskus, kepala sekolah dan guru SMP Negeri 4 Lembor Selatan, kepala sekolah dan guru SMP Negeri 3 Ndoso, kepala sekolah dan guru SMP Negeri 1 Boleng, kepala sekolah dan guru SMP Negeri 6 Lembor, serta para dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng.

Rangkaian kegiatan inti FGD ini yaitu penjelasan singkat oleh Dr. Maximus Tamur, M.Pd. tentang bagaimana pendidikan yang terjadi saat ini dan ke depannya.  Setelah itu, peserta FGD dibagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok dari perwakilan dinas PPO, kelompok kepala sekolah, dan kelompok guru. Hasil dari kegiatan ini adalah diperolehnya data awal tentang permasalahan dunia pendidikan yang akan menjadi dasar dalam rancangan proposal penelitian para dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng.

x

Check Also

Sukses Kegiatan PKM-PM, Dr. Leonardus Par, M.Pd: Terima Kasih LPPM Unika Santu Paulus Ruteng

Foto: Mahasiswa Prodi PBI bersama Dosen Pembimbing, Dr. Leonardus Par dalam acara peluncuran website di ...