Unika Santu paulus ruteng

Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Magang di Sekolah

Foto: Magang Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng di SMPK Fransiskus Ruteng

Ruteng, Unika Santu Paulus Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Katolik Indonesia (Unika) Unika Santu Paulus Ruteng melakukan magang pada tiga sekolah di Kabupaten Manggarai. Kegiatan magang dosen tersebut terhitung sejak tanggal 14 – 27 September 2021.

Program Studi Pendidikan matematika Unika Santu Paulus Ruteng menggagas program magang dosen di Sekolah sebagai bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Implementasi kurikulum kampus merdeka menuntut dosen untuk lebih kreatif, inovatif, kompetitif, dan mampu berkolaborasi. Salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah kolaborasi antara dosen dengan guru di sekolah.

Tiga sekolah sasaran magang dosen antara lain; SMP Fransiskus Xaverius Ruteng, SMK Bina Kusuma Ruteng, dan SMP St. Klaus Kuwu. Kepala sekolah dan guru menyambut baik kegiatan magang dosen ini karena akan berdampak pada kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah sebagai mitra perguruan tinggi.

Dosen yang mengikuti kegiatan magang ini yaitu sebanyak 2 orang dosen per sekolah. Aplonia H. Ramda, M.Pddan Eufrasia Jeramat, M.Pd. bermagang di SMP Fransiskus Xaverius, Viviana Murni, M.Pd. dan Lana Sugiarti, M.Pd. bermagang di SMK Bina Kusuma, Bedilius Gunur, M.Pd. dan Fulgensius E. Men, M.Pd. bermagang di SMP St. Klaus Kuwu.

Rm Ferdinandus Usman, Pr., selaku kepala sekolah SMPS Fransiskus Xaverius, dalam sambutanya di ruang kerjanya, menuturkan pentingnya keterbukaan dan kerjasama yang baik antara sekolah dan Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng. Sekolah sangat apresiatif karena dijadikan sebagai salah satu lembaga tempat dosen melakukan magang dosen dan mendukung baik kegiatan ini serta siap bekerjasama untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan lain ke depan, lanjutnya.

Stanislaus Ranus, S.Sos. sebagai kepala sekolah SMK Bina Kusuma Ruteng, menyatakan, kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi lembaga untuk meningkatkan manajemen sekolah, sehingga lembaga siap mendukung kegiatan ini secara penuh. Hal ini disampaikan Ranus saat diwawancarai oleh kedua dosen yang magang di lembaga tersebut.

Kepala sekolah SMP St. Klaus Kuwu, Marius Karang, S.Fil., menyampaikan apresiasi kepada lembaga Unika Santu Paulus Ruteng, secara khusus Prodi Pendidikan Matematika, yang telah menginisiasi kegiatan magang dosen ke sekolahnya dan berterima kasih atas kepercayaan Unika santu Paulus Ruteng karena telah memilih SMP St. Klaus Kuwu sebagai mitra dalam kegiatan magang dosen ini.

Foto: Magang Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng di SMPK Santu Klaus Kuwu

Melalui kegiatan magang ini, dosen memiliki wawasan lebih lengkap terkait dengan manajemen sekolah, pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sekolah, atau pun berbagai masalah di sekolah, yang akan menjadi referensi bagi dosen dalam mengembangkan bidang keilmuannya sehingga bisa bermanfaat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dan Program Studi.

Magang dosen ini wajib memiliki luaran yaitu buku ber-ISBN, menurut Valeria S. Kurnila, M.Pd.Si., salah satu tim task force program kompetisi kampus merdeka (PKKM). Selain menghasilkan buku, kegiatan ini menjadi sumber informasi bagai dosen Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng untuk mengembangkan berbagai penelitian dan pengabdian di sekolah yang ada di kabupaten Manggarai.

x

Check Also

Sukses Kegiatan PKM-PM, Dr. Leonardus Par, M.Pd: Terima Kasih LPPM Unika Santu Paulus Ruteng

Foto: Mahasiswa Prodi PBI bersama Dosen Pembimbing, Dr. Leonardus Par dalam acara peluncuran website di ...