Unika Santu paulus ruteng

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Jalani Magang di FPMIPA UPI Bandung

Foto: Dua Dosen Prodi Pendidiakn Matematka, Unika Santu Paulus Ruteng saat menjalani magang hari pertama di UPI Bandung, Senin (13/09/2021)

Bandung, Unika Santu Paulus-Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyadari pentingnya para dosen untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0 sehingga mampu memberdayakan mahasiswa yang merupakan generasi millennials. Menyikapi hal tersebut  Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng mengirimkan dua orang dosen yaitu Fransiskus Nendi, M.Pd. dan Kanisius Mandur, M.Pd untuk mengikuti magang di Depertemen Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA UPI).  Kegiatan yang bertajuk “Magang Kependidikan Kampus Merdeka ini merupakan realisasi dari Hibah PKKM,  yang dilaksanakan secara luring selama enam hari, 13 – 18 September 2021. Magang ini juga sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama antara FPMIPA UPI dan Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng tanggal 9 Agustus 2021. Melalui kegiatan ini kedua dosen Unika Santu Paulus Ruteng akan mendapat pembinaan dan pengalaman dari para dosen senior di FPMIPA UPI untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

Kegiatan magang ini disambut baik oleh Assoc. Prof. Dr. Dadang Juandi, M.Si selaku Ketua Departemen Matematika FPMIPA UPI. Kegiatan magang hari pertama dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021, diawali dengan kegiatan penerimaan secara resmi di Kantor Ketua Departemen Matematika UPI yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi materi “Pengelolaan Program Studi”. Seremoni penerimaan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Assoc. Prof. Dr. Elah Nurelah, M.Si., staf Program Studi FPMIPA UPI, dan Dr. Maximus Tamur, M.Pd (salah satu dosen Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng yang telah menyelesaikan studi doktor di FPMIPA UPI).

Foto: Dua Dosen Prodi Pendidiakn Matematka, Unika Santu Paulus Ruteng saat menjalani magang hari pertama di UPI Bandung, Senin (13/09/2021)

Dalam sambutannya, Assoc. Prof. Dr. Dadang Juandi, M.Si. menuturkan pentingnya keterbukaan dan saling membantu dalam pengelolaan Program Studi. Sebagai lembaga yang menyandang predikat kampus pembina FPMIPA UPI bangga menjadi tempat belajar bagi para dosen muda tuturnya. Lebih lanjut Prof. Dr. Dadang Juandi, M.Si. menyoroti arti penting magang dosen sebagai salah satu jalan mengurangi disparitas kompetensi dosen dalam menjalankan Tri Darma.

Materi magang yang menjadi kegiatan para dosen adalah pengeloaan program studi, pengembangan kurikulum MBKM, Pengelolaan laboratorium komputer dalam perkuliahan, penelitian & pengabdian kolaboratif, dan kemitraan dengan DUDI yang sudah terjadwal dalam 6 hari kerja. Materi ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng. Terkait dengan itu   Romo Emilianus Jehadus, S.S., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng, mengatakan bahwa dua dosen prodi yang mengikuti magang diharapkan termotivasi mengikuti berbagai kegiatan terutama tridarma PT, karena telah mendapatkan pengetahuan, dan keterampilan dari dosen-dosen berpengalaman dari Departemen Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Fransiskus Nendi, M.Pd., selaku dosen yang terlibat langsung dalam mengikuti magang ini, mengatakan bahwa kegiatan magang bagi dosen pendidikan matematika UNIKA Santu Paulus penting dilakukan sebagai bekal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menata program studi. Lebih lanjut, Frans mengatakan bahwa kegiatan magang ini merupakan bagian dari satu program penting dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) sekaligus upaya mempersiapkan program studi untuk mengikuti berbagai program kampus merdeka sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi peningkatan kualitas lulusan program studi.

Kanisius Mandur, M.Pd., salah satu peserta dosen magang menyatakan bahwa kegiatan magang ini merupakan bagian dari upaya prodi pendidikan matematika UNIKA Santu Paulus untuk meningkatkan kapasitas dosen prodi matematika dalam meningkatkan kualitas tridarma PT. Oleh karena itu, dosen perlu banyak belajar dari kampus lain seperti Departemen UPI. Kita akui bahwa Departemen UPI layak untuk menjadi mentor kita dalam kegiatan magang ini sehingga hasilnya diyakini sesuai harapan, lanjut Kanis.

x

Check Also

Unika Santu Paulus Ruteng Mewisuda 608 Lulusan Sarjana dan Ahli Madya

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan acara puncak ...