Unika Santu paulus ruteng

FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng Gelar PKKMB secara Daring

Foto: Flyer PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Kamis (19/08/2021) s.d. Sabtu (21/08/2021)

Ruteng, Unika Santu Paulus-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut  mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022. Salah satunya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting.

PKKMB daring yang diikuti oleh mahasiswa baru dari enam program Studi FKIP Unika Santu Paulus Ruteng itu akan dilaksanakan  tanggal 19—21 Agustus 2021.

Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Fransiskus Sales Lega, S.Fil., M.Th., mengatakan, pelaksanaan PKKMB secara daring merupakan suatu keharusan di tengah pandemik Covid-19 yang masih melanda negeri ini, lebih khusus di Kabupaten Manggarai.

“Kegiatan PKKMB daring ini diikuti oleh semua mahasiswa baru dari enam Program Studi FKIP Unika Santu Paulus Ruteng dengan tema: Menjadi Pebelajar Mandiri-Dewasa Era New Normal,” ungkap Frans sapaan akrab Fransiskus Sales Lega, S.Fil.,M.Th.,  melalui keterangan resmi Rabu (18/8/2021)

Frans, menambahkan, di satu sisi PKKMB secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19, di sisi lain menjadi kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mulai beradaptasi dengan proses pembelajaran di era revolusi 4.0.

“Pertemuan secara virtual selama PKKMB membuat mahasiswa  baru menjadi familiar terknologi digital, sebab pembelajaran yang akan mereka ikut di kampus selama masa pandemi Covid-19 ini adalah full online,” ungkapnya.

Lebih lanjut Frans menjelaskan, esensi pelaksanaan PKKMB Unika Santu Paulus Ruteng tidak terlepas dari tujuan pendidikan, yakni sebagai wahana untuk mewujudkan Indonesia Maju dan SDM unggul.

“Pendidikan merupakan ruang untuk menciptakan perubahan paradigma atau laboratorium untuk mengeksperimentasi paradigma baru terhadap problem kehidupan manusia yang tidak terpecahkan dengan paradigma-paradigma lama. Sehubungan dengan ini, mahasiswa adalah salah satu agen penting dalam pendidikan itu.  Manusia unggul dihasilkan melalui proses pendidikan yang bermutu. Manusia bermutu adalah manusia yang memiliki hardskill dan softskill yang mumpuni.,” jelasnya.

Karena itu, menurut Frans, PKKMB dimaksudkan untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kegiatan  PKKMB, lanjut Frans, dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menghasilkan generasi yang bermutu. Melalui PKKMB, mahasiswa diberikan wawasan dan penguatan agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Sehingga  lanjut Frans, untuk menyukseskan PKKMB secara daring ini, Panitia sudah bekerja secara maksimal dengan menyiapkan infrastruktur yang sangat dibutuhkan, Unika Santu Paulus memiliki tim IT yang sangat berkompeten untuk mendukung pelaksaan PKKMB daring FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

Sementara itu, Dekan FKIP, Dr. Maksimus Regus, S,Fil., M.Si., mengatakan PKKMB bukan hanya sekedar rutinitas setiap awal tahun akademik yang baru, melainkan juga kesempatan awal bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan akademik mereka masing-masing.

“PKKMB bukan hanya sekedar rutinitas akademik  untuk menyambut mahasiswa baru, apalagi di tengah situasi Pandemi. Melalui PKKMB daring  ini, mahasiswa baru benar-benar memulai perjalanan akademik mereka dengan penuh tantangan. Meski demikian, ini juga memberi peluang dan sudut pandang baru bagi mahasiswa baru memasuki suasana baru akademik.” Ungkap RD. Meks, sapaan akrab Dr. Maksimus Regus, S,Fil., M.Si., dalam keterangan resmi  melalui pesan WhatsApp, Rabu (18/8/2021)

RD. Meks menambahkan, Civitas Akademika FKIP Unika Santu Paulus Ruteng menyambut dengan penuh suka cita mahasiswa baru di masing-masing 6 Program Studi di lingkup FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

“FKIP Unika Santu Paulus Ruteng dengan bangga dan penuh sukacita menyambut mahasiswa baru di masing-masing 6 Program Studi di bahwa FKIP, dan selamat mengikuti PKKMB sebagai awal perjalanan akademik di Unika Santu Paulus Ruteng, serta semoga dapat menjadi bagian dari keluarga besar Unika Santu Paulus dengan antusiasme dan kedisiplinan tinggi,” tutupnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan PKKMB ini diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh pimpinan Unika Santu Paulus Ruteng dan dari luar Unika Santu Paulus Ruteng. Pemateri dari luar, ditayangkan lewat YouTube Kemendibud. Seperti materi Bela Negara oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubei Levianto, materi Bahaya Terorisme oleh Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, materi Penggunaan Media Sosial oleh Yosi Mokalu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta materi Bahaya Narkoba oleh Kombes Pol. Deni Dharmapala, SH., S.I.K dari Badan Narkotika Nasional. (Sie Dokumentasi dan Publikasi Panitia PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng)

x

Check Also

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika Santu Paulus Kembangkan Model Pembelajaran Enterpreneursip in Tourism

Foto: Profesor Anita Lie saat menyapaikann materi “ Developing Enterpreneurship in Tourism Course Design” Ruteng, ...