Unika Santu paulus ruteng

FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Jalin Kerja Sama dengan FIB Udayana Denpasar

Foto: Pimpinan Unika Santu Paulus Ruteng Bersama Pimpinan FIB Udayana Denpasar seusai penandatanganan MoA di Aula Lantai 5 Gedung Utama Unika Santu Paulus Ruteng, Jumat (6/3/2020)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Udayana Denpasar (Unud) dalam bidang pendidikan, penelitian, penguatan sumber daya manusia dan pengembangan masyarakat. Jalinan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memoradum of Agreement (MoA), seminar nasional, dan sosialisasi Program Pascasarjana Unud, yang berlangsung di aula lantai 5 gedung utama Unika Santu Paulus Ruteng, Jumat (6/3/2020).

Dalam sambutan pembuka, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M. Si., Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, mengemukakan bahwa untuk meningkatkan kualitas diri dibutuhkan sentuhan dari luar, yakni pihak mitra. Menurut Pastor Max, demikian sapaan akrab beliau, melalui jalinan kerja dengan pihak mitra maka segala potensi yang ada dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan dan kemajuan bersama dalam rangka membangun peradaban yang lebih maju.

Baca juga: FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Adakan Workshop 9 Kriteria Akreditasi Perguruan Tinggi

Pastor Max juga menegaskan, di tengah angin sakal globalisasi, disrupsi kearifan, serta tuntutan keterampilan abad ke-21 yang, antara lain, mencakup kolaborasi, jalinan kerja sama dengan pihak mitra sangat urgen diwujudkan karena hal itu dapat menjadi sebuah kekuatan dalam meraih cita-cita tertinggi. “Melalui suatu kolaborasi dengan memanfaatkan segala potensi dan kekuatan yang ada, maka idealisme kedua belah pihak dapat terwujud, yakni kemajuan bersama” tutur doktor lulusan Universitas Tilburg Belanda ini.

Pastor Max memberi apresiasi yang tinggi kepada pihak FIB Unud yang telah bersedia untuk berkolaborasi bersama FKIP Unika Santu Paulus Ruteng. “Terima kasih kami sampaikan kepada FIB Unud yang dengan tulus mau bekerja sama dengan kami, sebuah universitas baru, yang baru berumur setahun, di NTTini. Sekelas Unud yang bermitra dengan kami, tentu itu suatu kebanggaan. Sekali lagi terima kasih,” ucapnya.

Baca juga: FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Gelar FGD Penyusunan Visi-Misi Fakultas

Sementara itu, dari Unud, Denpasar, hadir dalam rangkaian acara ialah Guru Besar Linguistik FIB Prof. Dr. Ketut Artawa, M.A., Dekan FIB Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M. Hum., serta dua dosen lainnya yakni Dr. Ni Made Dhanawati, M.S., dan Dr. Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum. Turut hadir juga Ibu Ni Wayan Ariwaty, SE. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M. Hum.,Dekan FIB, dalam sambutannya, selain menyatakan kebanggaannya terhadap Unika Santu Paulus Ruteng karena sarana dan prasarananya yang sangat memadai sebagai sebuah perguruan tinggi ‘berkelas’, juga menyampaikan bahwa FIB Unud berikhtiar menerima semua bentuk kerja sama dari pihak manapun yang menginginkan kemajuan bersama.

Foto: Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M. Hum., Dekan FIB Unud dan Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si., usai menandatangani MoA, Jumat (6/3/2020)

“FIB Unud sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak manapun, mulai dari mitra pemerintah, dunia industri, serta perguruan tinggi lain. Adanya berbagai peraturan dan kebijakan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud saat ini, terutama tentang konsep kampus merdeka, misalnya, hal itu semakin mengukuhkan cita-cita kita bersama untuk membuka diri dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga kita masing-masing melalui jalinan kerja sama,” urainya. Ia juga memberi apresiasi kepada FKIP Unika Santu Paulus Ruteng yang telah bersedia menjadi mitra untuk saat ini dan ke depannya. “Kami berterima kasih kepada FKIP Unika Santu Paulus Ruteng atas kerja sama ini. Semoga kerja sama ini tidak saja berada pada tataran fakultas, tetapi ke depan diharapkan dapat ditingkatkan untuk tingkat universitas,” harapnya.

Baca juga: FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Selenggarakan Yudisium pada Enam Program Studi

Mewakili Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Marselus R. Payong, M. Pd., Wakil Rektor II menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak FIB Unud yang telah bersedia menjadi mitra FKIP Unika Santu Paulus Ruteng. “Lembaga kami sedang berbenah dalam banyak hal, terutama setelah berubah status dari sekolah tinggi menjadi universitas. Pembenahan sarana dan prasarana serta peningkatan mutu tridharma pasti selalu menjadi prioritas untuk mencapai visi dan misi universitas. Kerja sama FKIP dengan FIB Unud ini kami apresiasisebagaihal yang sangat positifdalam rangka meningkatkan kualitaslembaga,” urai penulis buku Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya (Indeks, 2011) ini. Wakil Rektor 2 pada kesempatan ini sekaligus membuka rangkaian acara kegiatan Kerja Sama ini secara resmi.

Usai sambutan dan pembukaan acara secara resmi, dokumen Memorandum of Agreement (MoA) FKIP Unika Santu Paulus Ruteng – FIB Udayana Denpasar ditandatangi oleh kedua Dekan, Dr. Maksimus Regus, S. Fil.,M. Si., dan Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M. Hum. Penandatanganan dokumen ini disaksikan oleh Dr. Marselus R. Payong, M. Pd., (Wakil Rektor II), Bonefasius Rampung, S. Fil., M. Pd., (Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Stanislaus Guna, M. Pd., (Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris), dan para dosen dari kedua program studi.*(Cont/Adm: AN/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Unika Santu Paulus Ruteng Sediakan Empat Cara Pendaftaran bagi Calon Mahasiswa Baru

Foto: Gedung Utama Unika Santu Paulus Ruteng yang Beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor ...