Unika Santu paulus ruteng

FPP Unika Ruteng Laksanakan Pelatihan Penelitian dan Penulisan Artikel Ilimian Bereputasi

Flyer kegiatan “Pelatihan, Penelitian dan Penulisan Artikel Ilimiah Bereputasi Dosen” (Dok. FPP)

Ruteng, Unika Santu Paulus-Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng sukses melaksanakan “Pelatihan, Penelitian dan Penulisan Artikel Ilimiah Bereputasi Dosen”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring selama dua hari, terhitung sejak tanggal 3—4 Juni 2022. Secara luring berlangsung di Aula Lantai V Gedung Utama Timur (GUT) Unika Santu Paulus Ruteng, sedangkan secara daring melalui zoom meeting

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut adalah Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P.,M.Si.,IPM., ASEAN.Eng., dan Dr. Maximus Tamur, M.Pd., Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng.

“FPP Unika Santu Paulus Ruteng telah melaksanakan kegiatan pelatihan penelitian dan penulisan artikel ilmiah pada hari Jumat sampai dengan hari Sabtu (3—4 Juni 2022)” jelas Dekan FPP Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Wahyuni Purnami, melalui pesan WhatsApp, Jumat (10/6/2022)

Wahyuni mengakui, pihaknya merasa bangga dan bersyukur karena dapat melaksanakan kegiatan ini, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, berpengalaman dan professional dalam bidangnya.

“Pada kegiatan pelatihan tersebut, kami semakin paham tentang penelitian dan penulisan artikel bereputasi. Karena pada kesempatan itu, kami dilatih tentang strategi dalam penulisan artikel ilmiah bereputasi,” jelasnya.

Selain itu, kata Wahyuni, pada kesempatan tersebut, para dosen di lingkup FPP mendapat pembekalan dan gambaran untuk penulisan proposal penelitian yang berpotensi bisa didanai oleh Dikti.

Menurutnya, pelatihan ini penting. Sebab melalui penelitian dan penulisan atau publikasi adalah cara membangun kedekatan antara Pendidikan Tinggi (PT) dengan masyarakat.

“Penelitian dan penulisan atau publikasi bagi Unika Santu Paulus Ruteng sebagai salah satu perguruan tinggi adalah penting dan wajib. Hal yang sama menjadi tanggung jawab dosen lingkup FPP. Sebab melalui penelitian dan penulisan artikel, maka jarak antara institusi dan masyarakat itu akan menjadi dekat,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, keterlibatan institusi Perguruan Tinggi dalam memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di masyarakat adalah melalui penelitian dan publikasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Hasil penelitian yang dipublikasikan adalah salah satu bentuk keterlibatan dosen dalam memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkap Wahyuni.

Oleh karena itu, Dekan FPP ini berharap, melalui pelatihan ini para dosen semakin terpacu untuk melaksanakan penelitian, penulisan dan publikasi ilimiah bereputasi.

“Besar harapan kami, melalui pelatihan ini akan menjadi motivator bagi dosen-dosen lingkup FPP tentang pentingnya penelitian dan penulisan artikel. Karena dengan adanya penelitian dan penulisan artikel jarak antara institusi dan masyarakat menjadi dekat, “ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal bereputasi sesuai keahlian masing-masing dosen dapat bermanfaat ganda, yaitu selain untuk kepentingan jabatan fungsional dan laporan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga harus mempunyai dampak yang bermanfaat untuk masyarakat.

Lebih lanjut, alumni Pascasarja Universitas Sebelas Maret ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri, peserta, dan semua pihak yang telah mendukung menyukseskan kegiatan ini.

Diketahui, bahwa Program Studi lingkup FPP Unika Santu Paulus Ruteng adalah Program Studi Agronomi (S-1), Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (S-1), dan Program Studi Peternakan (S-1). (Feliks Hatam)

x

Check Also

Prodi Agronomi Unika Ruteng Gelar Pembekalan Mahasiswa PKL Tahun 2022

Foto: Mahasiswa Angkatan Perdana Program Studi Agronomi FPP St. Paulus Ruteng usai Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan ...