Unika Santu paulus ruteng

Hari Pertama PKKMB FKIP Unika Ruteng, Mahasiswa Baru Ikuti Rangkaian Seminar

Foto: Salah seorang narasumber dari Polres Manggarai, Iptu Heribertus D. E. Edot saat membawakan materi dalam PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Senin (29/08/2022)

Ruteng, Unika Santu Paulus – Pada hari pertama, Senin (29/082022), kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng diisi dengan rangkaian seminar. 739 mahasiswa peserta PKKMB mengikuti pemaparan materi yang dibawakan oleh beberapa narasumber baik dari kalangan internal maupun dari kalangan pakar luar kampus. Narasumber dari internal kampus adalah unsur pimpinan utama Unika Santu Paulus Ruteng. Sementara dari luar kampus, panitia menghadirkan pejabat dari Kepolilsian Resort (Polres) Manggarai dan dr. Ronald Susilo, seorang pakar atau praktisi di bidang kesehatan.

Tampil sebagai pemateri pertama adalah Iptu Heribertus D. E. Edot dari bagian hukum Polres Manggarai. Beliau membawakan materi tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Dalam materinya, dia menegaskan bahwa tugas bela negara adalah tugas semua warga negara dan bukan tugas aparat hukum atau militer saja. “Banyak pemahaman yang keliru yang menyatakan bahwa tugas membela negara itu hanya diemban oleh kami aparat hukum dan militer saja. Saya tegaskan kita semua punya tanggung jawab untuk membela negara,” terangnya. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti penyampaian materi pada sesi pertama ini. Hal itu tampak pada begitu banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A selanjutnya hadir sebagai pemateri kedua. Ia membawakan materi bertajuk Selayang Pandang Unika Santu Paulus Ruteng. Melalui materinya, Prof. John memperkenalkan Unika Santu Paulus Ruteng kepada mahasiswa baru mulai dari sejarah, struktur organisasi, hingga budaya kerja pada lembaga ini. Sesi yang dibawakan oleh Guru Besar Ilmu Religi dan Budaya ini berlangsung sangat menarik dan interaktif karena diselingi oleh kuis-kuis berhadiah. Mahasiswa tampak bersemangat menyimak materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis berhadiah.

Selanjutnya tampil sebagai pemateri-pemateri selanjutnya adalah para wakil rektor (Warek) Unika Santu Paulus Ruteng. Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum selaku Warek I Bidang Tridharma Perguruan Tinggi membawakan materi tentang Kehidupan Akademik Mahasiswa. Dr. Fransiskus Sawan, M.Pd, Sekretaris Warek II mewakili Warek II Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana menyajikan materi tentang Keuangan dan Administrasi Umum Unika St. Paulus Ruteng. Sementara Dr. Inosensius Sutam sebagai Warek III Bidang Kemahasiswaan mengetengahkan materi tentang Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual

Sementara itu, seminar pada sore harinya menghadirkan dr. Ronald Susilo, MARS yang membawakan materi bertema Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko, dan Kampus. Dalam materinya, dr. Ronald menggarisbawahi pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan sebagai bagian dari manajemen risiko dalam kehidupan kampus.

Kegiatan PKKMB pada hari pertama ini ditutup dengan penyajian materi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Unika Santu Paulus Ruteng tentang Struktur Organisasi BEM FKIP.

x

Check Also

Prodi Agronomi Unika Ruteng Gelar Pembekalan Mahasiswa PKL Tahun 2022

Foto: Mahasiswa Angkatan Perdana Program Studi Agronomi FPP St. Paulus Ruteng usai Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan ...