Unika Santu paulus ruteng

Ini yang Dilakukan Dosen PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Saat Seminar Proposal Penelitian Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

Kebijakan Work From Home (WFH) bagi para Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng tidak menghalangi mereka melaksanakan tugas pokok masing-masing. Salah satu tugas pokok dosen yakni melaksanakan seminar proposal penelitian mahasiswa. Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unika Santu Paulus Ruteng menggelar seminar proposal penelitian mahasiswa  perdana di tengah situasi pandemi Covid-19, Kamis, (23/4/2020). Seminar proposal penelitian mahasiswa yang berlangsung dari pukul 11.00 Wita dan berakhir pukul 12.30 Wita itu dijalankan secara virtual dengan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA). Seminar proposal penelitian mahasiswa atas nama Serviana Halima itu diuji oleh kedua dosen pembimbing yakni Bapak Ismail Nazar, M.Pd., dan Ibu Marlinda Mulu, S.Si, M.Pd. Mereka melaksanakan seminar proposal penelitian dari rumah masing-masing. Seminar itu berjalan lancar hingga selesai.  

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Gelar Rapat Secara Virtual Melalui Aplikasi Webex

Ketua prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng, Bapak Mikael Nardi, M.Pd membernarkan hal ini. Sebagai ketua program studi PGSD,  Dia berbangga dan mengapresiasi atas inisiatif para dosen pembimbing melaksanakan seminar secara secara daring. “Sebagai ketua program studi saya amat gembira karena para dosen masih bisa melayani mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Hal ini menunjukkan komitmen pelayanan dosen terhadap kebutuhan mahasiswa. Saya sekaligus berbangga proses ini menggunakan teknologi mutakhir, yang mengindikasikan kemampuan literasi digital para dosen dan mahasiswa.”, ungkapnya. Selaku Dosen Pembimbing I, Bapak Ismail Nasar, M.Pd menyatakan proses seminar proposal berjalan lancar tanpa hambatan. Seminar proposal melalui sistem online lebih mudah dan lebih enjoy. Mahasiswa tidak merasa grogi seperti pada nonvirtual. Seminar virtual ini menunjukan komitmen  dosen dalam memberikan layanan pada mahasiswa di masa covid-19.  Hal senada disampaikan oleh Dosen Pembimbing II, Ibu Marlinda Mulu, S.Si, M.Pd yang  mengungkapkan suasana kebatinannya sebelum dan pada saat pelaksanaan seminar proposal penelitan berlangsung. “seminar proposal online ini membuat kami merasa tertantang sekaligus mencemaskan. Dalam arti apakah bisa sama seperti seminar proposal tatap muka secara langsung. Akan tetapi ketika telah dilaksanakan,  semuanya berjalan lancar, tidak ada perbedaan yang signifikan dari seminar tatap muka. Yang membedakan hanya dari segi tempat,  pada seminar secara virtual mahasiswa dan dosen tetap berada di rumah masing-masing.

Sementara itu,  jika dilihat dari kesiapan mahasiswa juga tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Mereka sangat siap dalam mengikuti seminar meskipun secara virtual.  Setidaknya teknologi sudah membantu kita menyelesaikan sebagian persoalan perkuliahan ditengah pandemi ini”, Ungkapnya. Di akhir seminar, Selviana Halima selaku mahasiswa menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing. “Saya menyampaikan terima kasih kepada kedua dosen Pembimbing saya, atas kesetiaan membimbing saya selama ini. Dan, pada hari ini saya boleh melaksanakan seminar proposal penelitian meskipun melalui video call WA”, ucapnya. (Cont/Adm: MR/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unika Santu Paulus Ruteng Perpanjang Masa Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang I

Foto: Brosur baru yang berisi informasi pendaftaran mahasiswa baru Unika Santu Paulus Ruteng, Tahun Akademik ...