Unika Santu paulus ruteng

Jelang Liburan Nataru, Rektor Unika Ruteng Sampaikan Pesan Natal Tahun 2023

Ruteng, Unika Santu Paulus – Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyampaikan Pesan Natal Tahun 2023 kepada segenap Civitas Academica Unika Santu Paulus Ruteng, Kamis (21/12/2023). Dalam pesannya, Dr. Maks menyampaikan apresiasi atas pencapaian selama tahun 2023 dan harapan serta arahan untuk tahun baru 2024. Berikut isi lengkap Pesan Natal Tahun 2023 dari Rektor Unika Santu Paulus Ruteng:

PESAN NATAL 2023 DAN TAHUN BARU REKTOR UNIKA SANTU PAULUS RUTENG

MEREFLEKSIKAN TAHUN 2023 DAN MEMANFAATKAN PELUANG TAHUN 2024

Keluarga Besar UNIKA Santu Paulus yang kami hormati,

Saat kita berada di ambang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kami menyampaikan salam hangat kepada Anda masing-masing—para dosen dan staf yang berdedikasi, yang merupakan tulang punggung kampus kita. Tahun ini telah menjadi bukti ketahanan dan komitmen kolektif kita terhadap perjalanan menuju keunggulan akademik. Saat kita akan mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2023 dan menyambut janji-janji tahun 2024, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada Anda semua dan berbagi beberapa refleksi dan aspirasi untuk tahun yang akan datang.

1. Merayakan Prestasi dan Syukur:

Dalam semangat Natal, mari kita luangkan waktu untuk merayakan pencapaian kolektif civitas academica UNIKA Santu Paulus di tahun 2023. Tahun ini merupakan tahun yang ditandai dengan tonggak sejarah akademis, terobosan penelitian, dan dedikasi yang tak tergoyahkan dari setiap anggota institusi kita yang terhormat. Kesuksesan yang kita raih merupakan bukti visi dan komitmen bersama kita untuk mendorong pengetahuan, inovasi, dan pertumbuhan pribadi (Sebagai contoh beberapa: Menyelesaikan perkuliahan semesteral, riset, pengabdian kepada masyarakat, pembukaan  prodi-prodi baru (PPG, S1 Kebidanan, PPG, akreditas-akreditas (paling banyak tahun ini, Teknik Sipil menutup tahun dengan akreditasi, wisuda pertama untuk prodi SEP dan Agronomi; prestasi akademis dan non-akademis para mahasiswa kita)

Saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para dosen atas upaya tak kenal lelah mereka dalam menyebarkan pengetahuan dan membentuk pikiran mahasiswa. Komitmen Anda terhadap keunggulan akademik telah memainkan peran penting dalam kesuksesan UNIKA yang berkelanjutan. Kepada anggota staf dan pegawai pada semua unit yang berdedikasi yang bekerja di belakang layar untuk memastikan kelancaran fungsi universitas, terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Anda. Kontribusi Anda sangat berharga, dan UNIKA tidak akan menjadi institusi yang berkembang seperti ini tanpa usaha Anda yang tak kenal lelah.

2. Merangkul Persatuan dan Keberagaman:

Memasuki hari raya Natal, mari kita rangkul keberagaman yang memperkaya keluarga UNIKA kita. Natal dan Tahun Baru memberikan kesempatan untuk merefleksikan nilai-nilai persatuan, pengertian, dan kasih sayang. Di dunia yang semakin saling terhubung, komitmen kita untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam menjadi semakin penting. Mari kita terus memupuk suasana di mana beragam perspektif dihargai dan dihormati. Kekuatan UNIKA terletak pada kontribusi unik setiap individu, dan melalui persatuan dalam keberagaman kita benar-benar dapat memberikan dampak positif pada dunia akademik dan sosial. Saat kita berkumpul dengan orang-orang yang kita cintai selama liburan, mari kita merenungkan pentingnya persatuan dan menyebarkan semangat itu ke dalam komunitas akademis kita.

3. Beradaptasi terhadap Perubahan dan Merangkul Inovasi:

Tahun 2023 menghadirkan banyak tantangan, namun juga merupakan tahun adaptasi dan ketahanan. Sebagai institusi akademis, kita telah menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan keadaan, dengan menerapkan pendekatan inovatif dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian. Tantangan tahun lalu telah menggarisbawahi pentingnya fleksibilitas dan kebutuhan untuk menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi dalam pendidikan.

Di tahun mendatang, marilah kita terus menerapkan inovasi dalam metode pedagogi, upaya penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan proses administrasi yang semakin baik. UNIKA selalu menjadi pusat individu-individu yang berpikiran maju, dan dengan tetap mengikuti tren yang muncul, kami dapat memposisikan diri sebagai pemimpin dalam membentuk masa depan pendidikan. Bersama-sama, mari kita menavigasi lanskap dunia akademis yang terus berkembang dengan semangat keingintahuan dan komitmen terhadap keunggulan.

4. Memprioritaskan Kesejahteraan dan Keseimbangan Kehidupan Kerja (Well-being and work-life balance):

Saat kita merayakan musim yang penuh kegembiraan ini, penting untuk merenungkan pentingnya kesejahteraan dan keseimbangan kehidupan kerja. Dosen dan staf adalah pendorong kesuksesan UNIKA, dan kesejahteraan Anda adalah yang terpenting. Tuntutan dunia akademis bisa sangat besar, maka sangat penting bagi kita untuk memprioritaskan perawatan diri, kesehatan mental, dan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Di tahun mendatang, marilah kita terus memupuk lingkungan yang mendukung dan membina yang memajukan kesejahteraan keluarga UNIKA kita. Baik melalui program kesehatan, pengaturan kerja yang fleksibel (off-campus dll), atau sekadar menciptakan ruang untuk komunikasi terbuka, marilah kita berupaya memastikan bahwa setiap anggota komunitas kita merasa dihargai dan didukung. Komunitas akademis yang sehat dan bahagia akan lebih siap menghadapi tantangan dan memberikan kontribusi yang berarti terhadap tujuan bersama kita.

5. Menatap ke Depan dengan Harapan dan Tujuan (Looking Ahead with Hope and Purpose):

Saat kita mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2023 dan menyambut peluang di tahun 2024, marilah kita melakukannya dengan harapan dan tujuan. Tahun baru menjanjikan awal yang baru, penemuan-penemuan baru, dan upaya berkelanjutan untuk mencapai keunggulan. Sebagai anggota keluarga UNIKA, kami mempunyai hak istimewa dan tanggung jawab untuk membentuk masa depan institusi kami dan memberikan kontribusi positif kepada dunia.

Biarkan aspirasi kita bersama untuk tahun 2024 dipandu oleh komitmen bersama terhadap keunggulan akademik, inovasi, dan kesejahteraan komunitas kita. Bersama-sama, mari kita terus menciptakan lingkungan di mana pengetahuan berkembang, ide-ide berkembang, dan setiap individu mendapatkan dukungan dan dorongan yang diperlukan untuk mencapai potensi maksimal mereka.

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya atas dedikasi dan kerja keras Anda yang tak tergoyahkan sepanjang tahun. Saat kita merayakan hari raya bersama orang-orang tercinta, mari kita bawa semangat persatuan, rasa syukur, dan harapan di tahun baru.

Semoga Anda dan keluarga Anda mendapatkan Natal 2023 yang menyenangkan dan Tahun Baru 2024 yang sejahtera!

Salam hangat,

RD. Dr. Maksimus Regus

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng

x

Check Also

Konferensi Berlangsung Sukses dan Menginspirasi, Ketua Panitia Pelaksana The 3rd ICEHHA Unika Ruteng Apresiasi Semua Pihak

Ruteng, Unika Santu Paulus – Setelah berlangsung dengan sukses dan menginspirasi, The 3rd International Conference ...