Unika Santu paulus ruteng

Jelang Magang, 117 Mahasiswa Prodi PG PAUD Unika St. Paulus Ruteng Ikuti Pembekalan Daring

Foto: Tangkapan layar pelaksanaan pembekalan Magang 2 mahasiswa Prodi PG PAUD Unika Santu Paulus Ruteng, Jumat (1/10/2021)

Ruteng, Unika Santu Paulus – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng menyelenggarakan pembekalan kegiatan magang 2 mahasiswa tahun 2021 kepada seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Magang 2 pada semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022.

Pembekalan magang 2 diselenggarakan selama dua (2) hari, yakni pada Jumat (1/10/2021) hingga Sabtu (2/10/2021) secara daring melalui Zoom Meeting video konferensi. Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah nantinya serta untuk bisa menselaraskan antara teori yang mereka peroleh waktu kuliah dengan keadaan yang sebenarnya di sekolah dalam konteks proses belajar mengajar.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Prodi PG PAUD, Fransiskus De Gomes, S. Fil., M. Pd dan dihadiri oleh Ketua Panitia Magang 2, Maria Rahayu Anwar, M. Pd, anggota panitia, para Dosen Pendamping Magang (DPM), dan para mahasiswa peserta magang 2. Dalam sambutannya, Fransiskus De Gomes, S. Fil., M. Pd mengatakan bahwa magang 2 dilaksanakan setiap tahun dan menjadi mata kuliah wajib yang menunjang pencapaian kompetensi lulusan Prodi PG PAUD Unika Santu Paulus Ruteng.

Fransiskus De Gomes, S. Fil., M. Pd melanjutkan bahwa: “Magang 2 adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Magang kependidikan merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri calon pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian calon pendidik”, tegasnya.

Dalam acara yang berlangsung sekitar 60 menit di setiap sesinya itu, mahasiswa dibekali dengan berbagai materi penting. Pada pembekalan hari pertama, Jumad 1 Oktober 2021, materi pembekalan yang dipresentasikan adalah Magang dalam Kurikulum Program Studi PG PAUD yang dipresentasikan oleh Fransiskus De Gomes, S. Fil., M. Pd, Pengembangan Perangkat Pembelajaran BDR yang disajikan oleh Felisitas Ndeot, M. Pd, serta Instrumen Pra Skrinning Perkembangan Anak, Teknik Penilaian Perkembangan Anak selama BDR dan Kriteria Penilaian Magang 2 yang dipresentasikan oleh Petrus Redy Partus Jaya, S. Fil., M. Pd. Sedangkan materi pembekalan pada hari kedua, Sabtu 2 Oktober 2021 adalah Pengembangan Media Digital untuk Menstimulasi Perkembangan Anak di Rumah yang dibawakan oleh Maria D. Vista Banggur, S. Kom., M Pd serta Perencanaan dan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Selama Magang 2 yang dipresentasikan oleh Gervasius Adam, M. Or.

Magang 2 tahun 2021 dilaksanakan sejak tanggal 8 Oktober 2021 hingga 27 November 2021 di mana mahasiswa dibagi ke dalam 59 kelompok yang tersebar di 3 wilayah, yaitu Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. Kegiatan magang 2 dilaksanakan pada setiap hari Jumat dan Sabtu setiap Minggunya. Pelaksanaannya  meliputi beberapa kegiatan penting, seperti pra skrinning perkembangan anak, pengembangan perangkat dan media pembelajaran/stimulasi yang sesuai kebutuhan anak, proses stimulasi perkembangan anak, serta pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa.

Dalam kegiatan magang 2 ini, selain membuat laporan akhir, pada setiap harinya mahasiswa diminta untuk membuat video kegiatan stimulasi anak yang diunggah ke akun youtubemasing-masing peserta sebagai bentuk penilaian oleh DPM sekaligus untuk melihat output yang dihasilkan.

Dalam sambutan penutupan kegiatan pembekalan, Maria Rahayu Anwar, M. Pd selaku Ketua Panitia Magang 2 tahun 2021 menegaskan bahwa: “Melalui program magang, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan empat (4) kompetensi dasar guru, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional”,  ujarnya. (Cont/Adm: PJ/RN)

x

Check Also

Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Magang di Sekolah

Foto: Magang Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng di SMPK Fransiskus Ruteng Ruteng, ...