ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN ALJABAR

  • Rita Yusreni Nainggolan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Tutiarny Naibaho Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Efron Manik Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Aspek Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif matematika siswa dikelas VII SMPN 13 Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Ada ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar. Besar pengaruh pemahaman konsep dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar adalah sebesar 29,9%.. Ada pengaruh pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar. Besar hubungan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar adalah sebesar 19,1%. Ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar.. besar hubungan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian aljabar adalah sebesar 36,1%

Author Biographies

Tutiarny Naibaho, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Efron Manik, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Alfillaili, E., & Iffah, J. D. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Prosiding Conference On Research And Community Services, 2(1), 231–240.
Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.5.1.333.
Darma, Y. (2012). Efektivitas Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif Dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Di Pontianak. Uns (Sebelas Maret University).
Darmawan, H., Simanjorang, M. M., & Nasution, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Ict Memanfaatkan Power Point, Filmora, Whtasapp Grup, Google Classroom, Dan Google Formulir Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 848–858. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i1.1291
Dinarti, S., & Qomariyah, U. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V14i2.76
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1191–1204. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V4i5.P%25p
Hasyim, M. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis Ict Dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1083–1097. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.339
Irvan, I., Basit, L., Maulana, H., Nasution, M. R., & Wahyudi, R. (2021). Google Workspace For Education Untuk Pebelajaran Berbasis Ict Di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 157–162. Https://Doi.Org/10.30596/Jp.V6i2.8549
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas Xi Sma. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 47.
Ismawati, Y. (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis Dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 35–46. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29300/Equation.V4i1.3962
Jelatu, S., Mon, M. E., & San, S. (2019). Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V10i1.2390
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 Smk Dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923.
Munawarah, M., Fajriana, F., Listiana, Y., Maryana, M., & Aklimawati, A. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 37. Https://Doi.Org/10.29103/Jpmm.V3i1.11105
Nawir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Kinemaster Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips. Cendekiawan, 4(2), 154–164.
Ningrum, N. R. Y., & Awi, M. N. P. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tik Pada Guru Matematika. Jurnal Administrasi Karya Dharma, 2(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Www.Jurnal.Stiakdmerauke.Ac.Id/Index.Php/Jakd/Article/View/18
Nurmaya G, A. L., Irsan, I., Suarti, S., Gawise, G., & Cahyani, W. O. A. D. (2023). Analisis Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1125–1133. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i2.4971
Rahimah, N. (2019). Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematik. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–41. Https://Journal.Umbjm.Ac.Id/Index.Php/Theta/Article/View/389
Rani, H., & Wintarti, A. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Software Scratch Pada Materi Peluang Di Smpn 18 Banjarmasin. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95. Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V10i1.12936
Riyasni, S., Yani, I. P., Sari, W. K., & Zulhendra, Z. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Fisika Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Pendekatan Stem. Journal On Education, 6(1), 5849–5858. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.3775
Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106–117. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.7.1.106-117
Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Sittah: Journal Of Primary Education, 4(1), 29–43. Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V4i1.783
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5915
Ulandari, D. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Uin Ar-Raniry. Https://Doi.Org/Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/13401
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terintegrasi Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V8i2.39354
Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V1i2.23
Published
2023-10-09
How to Cite
Nainggolan, R. Y., Naibaho, T., & Manik, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN ALJABAR . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 27-35. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2224