EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

  • Putri Anggilia Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Simon M. Panjaitan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Model Discovery Learning, Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah total 22 peserta didik dan kelas VIII-B dengan jumlah total 25 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan kualitas pembelajaran pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 pada taraf signifikan α =5% maka ada perbedaan efektivitas antara model discovery learning dengan pembelajaran konvensional(biasa) artinya model discovery learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian pembelajaran diperoleh 4,7 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,75 yang berarti baik. Selanjutnya kualitas pembelajaran dan lembar observasi kesesuaian pembelajaran dan waktu model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi aritmatika sosial di kelas VIII SMP Swasta Budi Setia.

Author Biographies

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Simon M. Panjaitan, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, IndonesiaPendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4159–4165.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i1.13851
Aprilia, M., Lubis, P. H. M., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sma Berbantuan Software Tracker Pada Materi Ghs. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 320–326. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V6i2.2286
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10.
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 1(2), 13. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V1i2.4948
Dewi, I. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Pokok Hukum Newton Siswa Kelas X Mia-1 Sma Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal Estupro, 6(3), 53–63.
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.894
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. Https://Doi.Org/10.56248/Educativo.V1i1.54
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 21. Https://Doi.Org/10.24114/Jiaf.V1i1.2692
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V2i1.25
Kristin, F., & Rahayu, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.
Manuarti, N. K. S. A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 129–134.
Musdalifa, M., Ramdani, R., & Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo Pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59–69.
Oktari, N., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Tema 8 Kelas V Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4), 87–96.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V7i1.20
Rahmi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2715–2722. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i3.765
Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V Sdn 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13–24.
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.925
Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113–133. Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V8i2.1642
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29100/Jr.V5i1.1021
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.348
Published
2023-10-07
How to Cite
Sihombing, P. A., Sihombing, D. I., & Panjaitan, S. M. (2023). EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 19-26. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2240