ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

  • Offiani Manalu Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Tutiarny Naibaho Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Efron Manik Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Aspek Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif di kelas VIII UPT SMPN 13 Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMPN 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas dan dengan teknik cluster sampling yang menjadi sample ialah siswa kelas VIII-1. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic r. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 29,92%. Ada hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan pemecahan dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 26,72%. Ada hubungan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika adalah sebesar 62,25%.

Author Biographies

Tutiarny Naibaho, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Efron Manik, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ahmad Setyawan. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48460
Al-Hroub, A., & Whitebread, D. (2019). Dynamic Assessment for Identification of Twice-Exceptional Learners Exhibiting Mathematical Giftedness and Specific Learning Disabilities. Roeper Review, 41(2), 129–142. https://doi.org/10.1080/02783193.2019.1585396
Alfillaili, E., & Iffah, J. D. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Prosiding Conference on Research and Community Services, 2(1), 231–240.
Anis, Q. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI PENALARAN MATEMATIS. UIN RADEN INTAN LAMPUNG. https://doi.org/http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20109
Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.333.
Casinillo, L., & Aure, M. R. K. (2018). Econometric evidence on academic performance in basic calculus of science, technology, engineering and mathematics (STEM) senior high students. Journal of Educational and Human Resource Development (JEHRD), 6, 238–249.
Darma, Y. (2012). Efektivitas Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah di Pontianak. UNS (Sebelas Maret University).
Deswita, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 129–137.
Dinarti, S., & Qomariyah, U. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.76
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1191–1204. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p
García, T., Boom, J., Kroesbergen, E. H., Núñez, J. C., & Rodríguez, C. (2019). Planning, execution, and revision in mathematics problem solving: Does the order of the phases matter? Studies in Educational Evaluation, 61, 83–93. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.03.001
Guimpayan, N. (2018). Modelling hybrid renewable energy system for Philippine Merchant Marine Academy: a feasibility study.
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis kebutuhan e-modul dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret kelas XI SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 47.
Ismawati, Y. (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 35–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.3962
Jelatu, S., Mon, M. E., & San, S. (2019). Relasi antara Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2390
Khairunnisa, A. P., Lubis, F. R., Furqon, H. B., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis kemampuan HOTS siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1525–1530.
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923.
Mathebekase, L. M. (2018). Critical analysis of the attraction and retention of seafarers: a case study of South Africa.
Munawarah, M., Fajriana, F., Listiana, Y., Maryana, M., & Aklimawati, A. (2023). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 37. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11105
Pebruariska, A., & Fachrudin, A. D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2461
Pinger, P., Rakoczy, K., Besser, M., & Klieme, E. (2018). Implementation of formative assessment – effects of quality of programme delivery on students’ mathematics achievement and interest. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 25(2), 160–182. https://doi.org/10.1080/0969594X.2016.1170665
Puadi, A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan Realistic Mathematics Education Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14985
Rakoczy, K., Pinger, P., Hochweber, J., Klieme, E., Schütze, B., & Besser, M. (2019). Formative assessment in mathematics: Mediated by feedback’s perceived usefulness and students’ self-efficacy. Learning and Instruction, 60, 154–165. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.01.004
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915
Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., & Aoyama, K. (2019). Diagnosing Students’ Learning Difficulties in the Eyes of Indonesian Mathematics Teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3), 357–364. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/issue/view/408
Published
2023-10-07
How to Cite
Manalu, O., Naibaho, T., & Manik, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 11-18. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2242