PENGARUH METODE THREE-STEP INTERVIEW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA

  • Lestari Sinaga Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
Keywords: Pengaruh Metode Three-Step Interview, Kemampuan Menulis, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Three-Step Interview Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 174 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitif eksperimen dengan desain two group posttest-posttest. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah kelas VIIIF yang berjumlah 29 siswa yang menjadi kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan Metode Three-Step Interview dan kelas VIIIE yang berjumlah 29 siswa yang menjadi kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode konvensional. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini membuktikan adanya Pengaruh Metode Three-Step Interview Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa SMP Negeri 14 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05, maka diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,051>1,988. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Metode Three-Step Interview mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Author Biographies

Beslina Afriani Siagian, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). Https://Doi.Org/10.33751/Jsalaka.V2i1.1838
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.31943/Bi.V6i2.105
Darmawan, D. (2020). Pengaruh Teknik Three-Step Interview Terhadap Kemampan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Mts Miftahul Falah. Universitas Negeri Jakarta. Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/5288
Devianty, R. (2017). Peran Bahasa Indonesia Dan Bahasa Daerah Dalam Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/6360
Dewi, N. M. R. K., Astuti, N. M. E. O., & Diarini, I. G. A. A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1). Https://Doi.Org/10.36841/Consilium.V1i2.1179
Hidayat, T., Hidayatullah, A., & Agustini, R. (2019). Kajian Permainan Edukasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 59. Https://Doi.Org/10.33603/Dj.V6i2.2111
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, 2(1), 17–26.
Kasanova, R. (2021). Pengembangan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sdn Gladak Anyar Iv. Journal On Education, 3(4), 320–328.
Liandes, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Step Interview Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas Viii Mts Negeri 4 Tabalong.
Maskurin, M. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Pokok Bahasan Kehidupan Awal Manusia Indonesia Di Kelas X Ips 2 Sma Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Siliwangi.
Maulida, U. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, Dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi Pgmi Binamadani. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 24–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51476/Dirasah.V4i1.220
Muhammad, M. (2018). Pengaruh Metode Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Pannampu Ii Kota Makassar. Universitas Bosowa.
Muttaqin, A., Yoesoef, A., & Abdullah, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Teknik Three Step Interview Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sigli Tahun Ajaran 2017/2018. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(2).
Ningsih, S. S. N., & Machali, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri Nanggulan Maguwoharjo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 215–228.
Nurfauzan, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Teknik Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sman 1 Pangkalan Kerinci. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(2), 245–259. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i2.4035
Panggabean, S., Sitorus, P. J., & Sinaga, S. M. (2021). Problematika Penggunaan Media Google Classroom Pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Di Kelas Xi Smk Swasta Marisi Medan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 917-924.
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V6i2.5682
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Pgsd, 8(1), 58–72. Https://Doi.Org/10.32534/Jps.V8i1.2958
Putra, N. S. (2019). Kebebasan Bereskpresi Di Media Sosial Ditinjau Dari Right Of Integrity Dalam Hak Moral Pencipta (Studi Komparasi Perancis, Amerika, Jerman). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Putri Ayulia Putri, N., Nurdin, B., & Melia, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Three Step Interview Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X Sman 3 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6609–6616. Https://Doi.Org/Https://Mail.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1828
Rahardi, R. K. (2017). Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode Dan Alih Kode. Ghalia Indonesia.
Siagian, B. A., Pujiono, M., & Harianja, N. (2023). GENDER TREND IN'PELAKOR'DYSPHEMIA: A SOCIOLINGUISTIC STUDY (BIAS GENDER DALAM DISFEMIA ‘PELAKOR’: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 1-14.
Siagian, B. A., & Sitorus, N. (2023). THE DYNAMICS OF NEIGHBORHOOD SPEAKING: A SOCIOPRAGMATIC STUDY. Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics, 12(1), 128-143.
Simanjuntak, H., Nainggolan, J., Tampubolon, S., Hasibuan, R., & Mian Siahaan, M. M. (2022). Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Qiara Media.
Sudaryanto, D. P. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa [Method And Technique Of Language Study]. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2). Https://Doi.Org/10.24114/Kjb.V9i2.18379
Usmadi, U., Hasanah, H., & Ergusni, E. (2020). The Impact Of The Implementation Three-Step Interview Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Toward The Learners’ Activities And Outcomes. Malikussaleh Journal Of Mathematics Learning, 3(1), 8–12.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V10i2.4399
Published
2023-10-11
How to Cite
Sinaga, L., Siagian, B. A., & Gusar, M. R. S. (2023). PENGARUH METODE THREE-STEP INTERVIEW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 45-53. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2243