PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA

  • Rima Br Sembiring Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia
  • Pontas J. Sitorus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia
Keywords: Dampak Penggunaan Media Ispring Suite, Kemampuan Menulis, Teks Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media iSpiring Suite Terhadap Kemampuan Menulis Teks ulasan Siswa kelas VIII Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi 32 orang siswa yang terdiri dari 1 kelas. Dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian iniaaa adalah metode kuantitif eksperimen dengan desain one group pretest-postest dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah kelas VIII yang berjumlah 32 siswa.Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini membuktikan adanya Pengaruh Media iSpiring Suite Terhadap Kemampuan Menulis Teks ulasan Siswa SMP Gkpi Pamen. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05, maka diperoleh thitung > t tabel yaitu - 24,460> 2,29. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran iSpiring Suite memiliki pengaruh yang signifikan Terhadap Kemampuan Menulis Teks ulasan Siswa SMP Gkpi Pamen Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Author Biographies

Beslina Afriani Siagian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia

Pontas J. Sitorus, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia, Indonesia

References

Anjani, N. U. R. D. (2023). Pengembangan Pembelajaran Teks Eksplanasi Berbasis Media Pembelajaran Ispring Dengan Model Trait Treatment Interaction Pada Siswa Kelas Xi. Universitas Negeri Jakarta. Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/42596
Basaruddin, I., & Afningsih, N. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menonton Drama Korea Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Singkat Oleh Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V7i1.5504
Faturohman, U. A., Firdaus, A., & Suparman, F. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Sukabumi. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 59–63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V4i1.1703
Hasmi, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188–196. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V5i2.3565
Hutagalung, Y. A., Sitorus, P. J., & Panggabean, S. Implementasi Model Inquiry dengan Media Film Animasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan.
Indriani, P., Jaja, J., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Utilization Of The Wattpad Application To Improve Short Story Writing Skills For Students. Mediasi Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 3(3), 323–337. Https://Doi.Org/10.46961/Mediasi.V3i3.604
Maurisa, K. Z. A., & Rahayu, W. P. (2021). Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Berbantuan Ispring Suite 9. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (Jebp), 1(6), 546–558. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17977/Um066v1i62021p546-558
Mayasari, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Lkpd Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Negeri 1 Tutur Pasuruan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(2).
Muhammad, M. (2018). Pengaruh Metode Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Pannampu Ii Kota Makassar. Universitas Bosowa.
Nur, F. A., & Rosadi, M. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Sebuah Teks Narasi Siswa Kelas X Sma Rizki Ananda Tahun Ajaran 2022-2023. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 27–35. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V7i1.5503
Nurdianti, S. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Consent Mindmap Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Mts Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V1i2.1258
Nurhidayah, N. D. S. (2017). Pengaruh Metode Tts Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Viii Tingkat Mathayom Sanawi Di Attawfikiah Islamiah School Narathiwat Thailand Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V1i2.1330
Nurpadillah, V. (2021). Kontribus Sastra Siber Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Sastra Bagi Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia.
Panggabean, S., & Sitorus, P. J. (2020). Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3).
Ramadanni, E. M., & Unsil, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Ispring Suite 9 Dengan Model Poe2we Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jpft (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(3).
Siburian, R., Saragih, E. L. L., & Sitohang, T. (2022). Penggunaan Model Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksposisi pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Parbuluan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4692-4696.
Sarmila B, Sehe Madeamin, & Besse Herdiana. (2022). Peningkatan Menulis Cerpen Melalui Aplikasi Wattpad Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Luwu Timur. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 266–272. Https://Doi.Org/10.53769/Deiktis.V2i3.299
Siagian, B. A., Pujiono, M., & Harianja, N. (2023). GENDER TREND IN'PELAKOR'DYSPHEMIA: A SOCIOLINGUISTIC STUDY (BIAS GENDER DALAM DISFEMIA ‘PELAKOR’: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 1-14.
Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339-344.
Siagian, B. A., & Sitorus, N. (2023). THE DYNAMICS OF NEIGHBORHOOD SPEAKING: A SOCIOPRAGMATIC STUDY. Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics, 12(1), 128-143.
Simbolon, H., Resmi, R., Nasution, T., & Marini, N. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Penggunaan Aplikasi Noveltoon Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama. Jurnal Komunitas Bahasa, 10(2), 74–77. Https://Doi.Org/10.36294/Jkb.V10i2.2321
Sofiah, A. A., Chotimah, S., & Hendriana, H. (2023). Penerapan Bahan Ajar Berbantuan Ispring Suite Pada Materi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1335–1344.
Supriadi, S., Okra, R., & Derta, S. (2023). This Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint Berbantukan Fitur Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Banuhampu. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 796–807.
Sutarini, S., & Dwi, D. F. (2022). Efektivitas Aplikasi Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 78–84. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V7i1.751
Twiningsih, A. (2022). Penggunaan Media Ispring Suit Berbasis Mobile Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 138–144. Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/19435
Usmadi, U., Hasanah, H., & Ergusni, E. (2020). The Impact Of The Implementation Three-Step Interview Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Toward The Learners’ Activities And Outcomes. Malikussaleh Journal Of Mathematics Learning, 3(1), 8–12.
Widyaningsih, T. Y. A. (2021). Pengaruh Media Ispring Quizmaker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tambun Bekasi. Universitas Negeri Jakarta.
Zharfa, M., & Saputro, B. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbasis Multimedia Ispring Suite 10 Materi Energi Listrik. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 26–39.
Published
2023-10-11
How to Cite
Sembiring, R. B., Siagian, B. A., & Sitorus, P. J. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 36-44. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2244