HUBUNGAN PENGUASAAN AFIKS DALAM MEMBANGUN KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

  • Lita Agnescia Siburian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Pontas Jamaluddin Sitorus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
Keywords: Afiks Dalam Membangun Kalimat, Teks Deskripsi, Kemampuan Menulis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Afiks Dalam Membangun Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Mengetahui dengan penguasaan afiks dalam membangun kalimat dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif melalui desain korelasional. Mendeskripsikan tingkat hubungan antara penguasaan afiks dalam membangun kalimat dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 174. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik kluster sampling. Teknik dengan mengacak kelompok kelas kemudian kelas yang terpilih adalah yang menjadi sampel yaitu VIII-C sebanyak 29 siswa. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan deskriptif data diikuti dengan persyaratan analisis yaitu untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan rumus korelasi Product Momen signifikansi 5%.Hasil dari penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk penguasaan afiks dalam membangun kalimat yaitu 70,68 dengan standar deviasi 11,473 dan untuk nilai rata-rata dari kemampuan menulis teks deskripsi yaitu 76,55 dengan standar deviasi 10,728. Hasil uji prasyarat data penguasaan afiks dalam membangun kalimat dan kemampuan menulis teks deskripsi menyatakan sampel terdistribusi normal. Dari hasil perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 29 yaitu 0,411 > 0,367, maka hipotesis alternatif (Ha) diterim

Author Biographies

Pontas Jamaluddin Sitorus, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Beslina Afriani Siagian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 146–156.
Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6360
Eka Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Fajriani, F. (2021). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM MASYARAKAT MULTILINGUAL DI KABUPATEN PANGKAJENE KEPULAUAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 3(1).
Farras, S. K. (2023). Interferensi Afiks Serapan Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia: Analisis Perspektif Sosiolinguistik. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 22–27.
Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Fishman, J. A. (1968). Sociolinguistic perspective on the study of bilingualism.
Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914–14918. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4768
Japri, J., & Dedi, F. S. O. (2022). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MASYARAKAT BILINGUALISME DI DESA PEKON BALAK KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–14.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). Penerapan Model Pace Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Smp Nurul Hasanah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 81. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7078
Mayasari, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Dengan Media LKPD Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Negeri 1 Tutur Pasuruan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(2).
Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., & Sasangka, S. S. T. W. (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia.
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5682
Pratiwi, N. K. (2017). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Puspitasari, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh bahasa ibu terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 465–470. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/67
Putri, F. N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Santoso, S. (2020). Hubungan Penguasaan Sintaksis dan Penalaraan Dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi (Penelitian Korelasi di STKIP Kusuma Negara Jakarta). Syntax Literate, 5(3), 137–147.
Sihombing, R. M. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kata Baku Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Sanggul Tahun Pembelajaran 2017/2018. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1934
Zulfa, L. A., & Khasanah, U. (2023). Penguasaan Penulis terhadap Kaidah Penggunaan Imbuhan ber-dalam Kajian Sastra Publikasi. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.1790
Zulfahmi, H. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.429
Published
2023-10-17
How to Cite
Siburian, L. A., Sitorus, P. J., & Siagian, B. A. (2023). HUBUNGAN PENGUASAAN AFIKS DALAM MEMBANGUN KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 54-61. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2265