PENGARUH PILIHAN KULIAH LINTAS JURUSAN TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

  • Musicka Rezeky Hutabarat Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dearlina Sinaga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
Keywords: Pilihan Kuliah Lintas Jurusan, Kemampuan Adaptasi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pilihan kuliah lintas jurusan terhadap kemampuan adaptasi mahasiswa universitas HKBP Nommensen melalui program pertukaran mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen medan dengan sampel sebanyak 75 mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan kuisoner (angket). Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pada teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, uji t (uji kebarartian regresi), uji F (uji keberartian regresi) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunujukkan pilihan kuliah lintas jurusan (X) memiliki pengaruh secara parsial terhadap kemampuan adaptasi (Y) dengan nilai thitung ttabel (6,016 > 1,666). Hal ini terlihat dari nilai Fhtung > Ftabel sebesar (36,192 > 3,97).

Author Biography

Dearlina Sinaga, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Abna, N., Muchlis, N., Yusuf, R. A., Syamsu, A., & Shamad, I. (2022). Tantangan (Challenges) Dan Peluang (Opportunities) Kegiatan Pertukaran Pelajar Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Mahasiswa Di Universitas Muslim Indonesia. An Idea Health Journal, 2(01), 32–34.
Anwar, R. N. (2021). Management Of Islamic Religious Education Learning In Children With Special Needs. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 539–548. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.971
Fredyan, R. (2020). Layanan Prima Kampus Merdeka Dalam New Normal: Sistem Informasi Akademik, Administrasi, Dan Penunjang Pembelajaran. Penerbit Syiah Kuala University Press. Hal, 73–80.
Fuadi, T. M. (2021). Hubungan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pemerintah Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Prosiding Semdi-Unaya (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya), 4(1), 267–286.
Fuadi, T. M. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38–55.
Gulo, G. I., Sianipar, P., Gulo, R. M., Sitorus, P., & Nainggolan, J. (2023). Analisis Kepuasan Kegiatan Mahasiswa Pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2998–3005. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.14827
Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (Mbkm) In Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V7i4.4031
La Ede, M. A. H., Maulina, M., & Faridawati, F. (2022). Efl Pre-Service Teachers’perception In Managing The Learning Process During Kampus Mengajar Program. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(1), 81–95. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52208/Klasikal.V4i1.133
Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. Https://Doi.Org/10.22373/Pbio.V9i2.11594
Nainggolan, A. D., Lumbangaol, S. T. P., Saragih, R. S., Purba, R., Siregar, R. M., Siahaan, S., Safira, N. A., Sihite, J. M., Tambunan, L. O., & Sinulingga, M. P. (2021). Sopo Talenta Fkip Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar" Kumpulan Artikel Mahasiswa".
Norawati, R., & Puspitasari, Y. (2022). The Learning Skills Of English As A Foreign Language (Efl) Student-Teachers In Project-Based Learning And Case-Based Learning. Jeels (Journal Of English Education And Linguistics Studies), 9(2), 255–277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30762/Jeels.V9i2.512
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.
Rizki, P. N. M., Handoko, I., Purnama, P., & Rustam, D. (2022). Promoting Self-Regulated Learning For Students In Underdeveloped Areas: The Case Of Indonesia Nationwide Online-Learning Program. Sustainability, 14(7), 4075. Https://Doi.Org/10.3390/Su14074075
Sandra, L., Marcel, Gunarso, G., Fredicia, & Riruma, O. W. (2022). Are University Students Independent: Twitter Sentiment Analysis Of Independent Learning In Independent Campus Using Roberta Base Indolem Sentiment Classifier Model. 2021 International Seminar On Machine Learning, Optimization, And Data Science (Ismode), 249–253. Https://Doi.Org/10.1109/Ismode53584.2022.9743110
Sinaga, Y. R. M. (2023). Pengaruh Kegiatan Kolaborasi Dosen Praktisi Terhadap Self Efficacy Mahasiswa Ta 2022/2023 (Study Kasus Mahasiswa Fkip Ekonomi Universitas Hkbp Nommensen).
Sitorus, P., Sinaga, G. L., Zega, E., & Sinaga, F. G. (2023). Pandangan Mahasiswa Outbound Universitas Hkbp Nommensen Medan Terhadap Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Suluh Pendidikan, 11(1), 99–107.
Suryani, L., Mei, A., Dadi, A. F. P., Lina, V. B., & Bego, K. C. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1601–1614. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2050
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.6084/M9.Figshare.12645443
Uddin, N., Jaya, S., Purwanto, E., Putra, A. A. D., Fadhilah, M. W., & Ramadhan, A. L. R. (2022). Machine-Learning Prediction Of Informatics Students Interest To The Mbkm Program: A Study Case In Universitas Pembangunan Jaya. 2021 International Seminar On Machine Learning, Optimization, And Data Science (Ismode), 146–151. Https://Doi.Org/10.1109/Ismode53584.2022.9743125
Wahyuningtyas, R., Isynuwardhana, D., Rismayani, R., & Gunawan, I. (2022). The Awareness And Implementation Of Mbkm Program As Flexible Learning In Faculty. Humaniora, 13(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21512/Humaniora.V13i3.8382
Yulianto, B., Sujarwanto, S., Harmanto, H., Martadi, M., Sueb, S., & Subekti, H. (2022). Synergy Of Industrial Sector For The Implementation Of Mbkm Curriculum: Where Innovators And Investors Meet. Eighth Southeast Asia Design Research (Sea-Dr) & The Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, And Humanity (Steach) International Conference (Seadr-Steach 2021), 341–345. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.211229.053
Published
2023-10-18
How to Cite
Hutabarat, M. R., & Sinaga, D. (2023). PENGARUH PILIHAN KULIAH LINTAS JURUSAN TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 62-69. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2266