PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NO EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA KELAS V

  • Annike Saragih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar
  • Eva Pasaribu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia
  • Sukardo Sitohang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia
Keywords: Model, Example No Example,, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah dengan cara memperbaiki proses belajar mengajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh model Example non example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema 2 subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 1 Kelas V SD Negeri 124388 Siantar Martoba. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 124388 Siantar Martoba. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu 30 orang. Instrument penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa pedoman observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil perhitungan dengan t-test diperoleh t_hitung sebesar 9,340 yang kemudian dibandingkan dengan t_tabel sebesar 1,697 dengan df=29 dan taraf signifikan 0,05. Perbedaan dikatakan signifikan jika〖 t〗hitung > t_tabel. Jika 〖 t〗_hitung > t(tabel )maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan jika t_hitung < t_tabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan data ternyata 〖 t〗_hitung > t_tabel (9,340 > 1,697) pada perhitungan uji beda mean hasil belajar dengan menggunakan t-test. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa skor mengalami peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha hasil belajar diterima

Author Biographies

Eva Pasaribu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

Sukardo Sitohang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

References

Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (Jireh), 1(2), 110–126. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37364/Jireh.V1i2.21
Budhiarti, Y., & Samuel, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jpp.V5i1.40515
Fahmi, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Ips (Ilmu Pengetahuan Sosial) Siswa Kelas V Sd Inpres Toddopuli 1 Makassar. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hapsari, T. R., Rambitan, V. M. M., & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples Non Examples Dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi Di Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 204–209. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V3i2.10529
Harahap, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Min 5 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9733
Kusuma, Y. W., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2018). Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas. Mimbar Ilmu, 23(2), 167–172. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V23i2.16423
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30738/Jtv.V6i1.2866
Lisnani, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 76–82.
Lubis, T. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas V Sd Negeri 106805 Desa Manunggal Labuhan Deli. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Marsela, C., Hutagaol, M. M., Ginting, A. B., Safitri, J., Afis, L., Sitorus, N., Pangaribuan, S. S., & Gultom, M. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Dengan Media Game Edukasi Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Natural Sciences, 2(2), 53–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34007/Jonas.V2i2.100
Nariana, I. D. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Indonesian Journal Of Educational Development, 1(2), 335–344. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4006320
Ndun, Y. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv A Sd Negeri Oetona Kota Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 39–58.
Novitasari, L., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa. Janacitta, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.35473/Jnctt.V2i1.187
Ramona, N. I. M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Al Adli Palembang. Uin Raden Fatah Palembang.
Rosulawati, H., Sudirman, A., & Sarengat, S. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3).
Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 319–325. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i3.19457
Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4075–4082. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1399
Septiani, E. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn Di Min Kota Lubuklinggau. Uin Raden Fatah Palembang.
Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smpn 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 205–215. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31540/Silamparibisa.V1i2.201
Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam Di Sd. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108.
Susanti, F. A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Melalui Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri Keblukan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jp3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1).
Ulfa, F., Salimi, A., & Marli, S. (2020). Pengaruh Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran Pkn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i6.33380
Wahyuni, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Https://Doi.Org/Wahyuni, Fitri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Muhammadiyah
Zainal, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 5(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Mes.V5i2.2544
Published
2023-10-20
How to Cite
Saragih, A., Pasaribu, E., & Sitohang, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NO EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA KELAS V . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 70-78. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2267