PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V

  • Erlesa Putriani Saragi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia
  • Yanti Arasi Sidabutar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: Model Problem Solving, Hasil Belajar, sekolah dasar

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran. Jika guru menggunakan model pembelajaran dengan tepat dan menarik, maka kemungkinan hasil belajar yang dicapai selama proses pembelajaran akan meningkat. Tujuan dilakukan nya di penelitian ini adalah mengetahui “Pengaruh model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Kelas V SD. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 124388 Siantar Martoba. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu 30 orang. Data Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir dan observasi. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan , hasil perhitungan dengan t-test diperoleh ???????????????????????????? sebesar 13,385 yang kemudian dibandingkan dengan ???????????????????????? sebesar 1,697 dengan df=29 dan taraf signifikan 0,05. Perbedaan dikatakan signifikan jika ???????????????????????????? > ????????????????????????. Jika ???????????????????????????? > ???????????????????????? maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan jika ???????????????????????????? < ???????????????????????? maka Ho diterima dan Ha ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Kelas V SD Negeri 124388 Siantar Martoba

Author Biographies

Yanti Arasi Sidabutar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen PematangSiantar, Indonesia

Hetdy Sitio, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822
Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jgk (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106–115. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Avico, I., Purwanto, A., & Putri, D. H. (2019a). Pengaruh pembelajaran cooperative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa di SMAN 1 Kepahiang. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 17–24.
Avico, I., Purwanto, A., & Putri, D. H. (2019b). PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 1 KEPAHIANG. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.17-24
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18.
Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran model creative problem-solving untuk mendukung higher-order thinking skills berdasarkan tingkat disposisi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26352
LESILOLO, H. J. (2019). PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Miksan Ansori. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Collaboration Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Mengendalikan IQ dan Motivasi Belajar. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1–22. https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i2.55
Patri, N. K. (2019). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal IKA, 17(1), 34–49.
Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263
Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh metode mind mapping terhadap strategi thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Journal on Education, 1(2), 271–278. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.64
Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i1.2622
Samad, I., Ali P, M., & Assaibin, M. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43–50. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1202
Suardin, S., & Andriani, W. O. L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Thesalonika, E., Sinaga, M. I., & Arent, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPS Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mahasiswa PGSD. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), 137–146. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v1i2.94
Udin, T., & Hikmah, N. (2014). PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LEGOK 1 KABUPATEN INDRAMAYU. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.458
Wardani, K. S. K., Rahmatih, A. N., Sriwarthini, N. L. P. N., Nurwahidah, N., & Astria, F. P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1652
Published
2023-10-21
How to Cite
Saragi, E. P., Sidabutar, Y. A., & Sitio, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V . Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 79-89. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2268