PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN TAHUN 2023

  • Irmawati Manalu Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Dearlina Sinaga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
Keywords: Pergaulan Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Pendidikan ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan Ekonomi Stambuk 2020, 2021 dan 2022, dengan populasi sebanyak 100 orang dengan sampel sebanyak 78 orang menggunakan teknik pengambilan sampel Proporsional Sampling dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan kuisioner (angket). Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas, pada teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana, uji keberartian regresi (uji f), dan uji determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Dilihat dari nilai f tabel adalah 3,97. Dengan demikian, f_(hitung )52,855 >f_tabel3,97 dan nilai signifikan (0,000<0,05), yang dapat dikatakan regresi tersebut adalah berarti.

Author Biography

Dearlina Sinaga, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Alifah, A., Herachwati, N., & Muhtadi, R. (2022). Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Kosmetik Halal Pada Aplikasi Tiktok Shop Pendekatan Theory Of Planned Behaviour: (Studi Pada Masyarakat Pamekasan). Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 186–210. Https://Doi.Org/10.36420/Ju.V8i1.6218
Azizah, O. V. N., & Zahid, A. (2023). Identitas Diri Perempuan Muslim Generasi Z (Studi Kasus Pengguna Tiktok Mahasiswa Febi 2019 Uin Satu Tulungagung). Pute Waya: Sociology Of Religion Journal, 4(1), 42–62. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51667/Pwjsa.V4i1.1409
Fauzziyah, N., & Widayati, S. (2020). Pengaruh Besaran Uang Saku Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship, 1(1), 24–28.
Fitriani, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Kontrol Diri Siswa Di Sma Ylpi Pekanbaru. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). Https://Doi.Org/10.24127/Pro.V8i1.2858
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). Https://Doi.Org/10.24002/Konstelasi.V2i1.5272
Hakim, L. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 19–29. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37673/Jmb.V4i3.1333
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2018). Pengaruh Uang Saku, Locus Of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039.
Kadeni, N. S. (2018). Pengaruh Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(1), 61–70.
Khafida, A. A., & Hadiyati, F. N. R. (2020). Hubungan Antara Koformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Skincare Di Marketplace Pada Remaja Putri Sma N 1 Kendal. Jurnal Empati, 8(3), 588–592. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2019.26501
Mahrunnisya, D., Indriayu, M., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Sma Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–5.
Muttaqin, F. N., Noviani, L., & Sudarno, S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Literasi Ekonomi, Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 10(3), 237–246.
Novalia, N., Balqis, A., & Ramadhana, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Pada Pt. Es Teh Indonesia). Jurnal Akrab Juara, 6(4), 84–98.
Nurfitri, R., & Sudartono, T. (2023). Dampak Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Media Sosial Tiktok@ Anaira. Official. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(3), 2417–2425. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37385/Msej.V4i3.2003
Paywala, R. J., Sunaryanto, S., & Utomo, S. H. (2022). Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Jambura Economic Education Journal, 4(1), 16–22.
Perdana, P. I., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Pakaian Pada Mahasiswi Angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(4), 195–208. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2017.20031
Pohan, M., Jufrizen, J., & Annisa, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 402–419.
Ramadhani, M. (2021). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dankeguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rozaini, N. R. (2021). Pengaruh Online Shop Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitasnegeri Medan. Niagawan, 10(1), 102. Https://Doi.Org/10.24114/Niaga.V10i1.23664
Salwanisa, E. A. (2023). Digital Marketing Analysis On The Consumer Decision-Making Process Of Millennials And Gen Z Generation Groups On The Tiktok Application. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 112–125. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Equilibrium.V11i2.17374
Saputra, M. A. (2023). Perilaku Konsumtif Generasi Z Dalam Online Shopping Melalui Aplikasi Tiktok Shop (Studi Deskriptif Pada Kalangan Generasi Z Pengguna Aplikasi Tiktok Shop Di Desa Kedungwungu Kabupaten Banyuwangi). Universitas Muhammadiyah Malang. Https://Etd.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/2271
Savira, A. K. (2022). Perbedaan Fear Of Missing Out Dalam Penggunaan Media Sosial Ditinjau Dari The Big Five Personality Pada Remaja Di Medan. Universitas Medan Area. Http://Repository.Uma.Ac.Id/Handle/123456789/18454
Susanti, S., Matsum, J. H., & Purwaningsih, E. (2016). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 5(06).
Wijaya, T. A., Yaslim, N. P., Permatasari, A. M. P., Yosevina, G. R., & Mamahit, H. C. (2023). Penerimaan Diri Generasi Z Di Era Perkembangan Media Sosial. Psiko Edukasi, 21(1), 41–49. Https://Doi.Org/10.25170/Psikoedukasi.V21i1.4575
Yulianto, A., Wibowo, U. D. A., Kharismasyah, A. Y., Primadona, S. E., & Herniah Syamsudin, S. E. (2023). Gen Z Marketing Menggali Potensi Dan Memahami Karakteristik Generasi Z Dalam Menerapakan Strategi Pemasaran Digital. Penerbit Lakeisha.
Published
2023-10-24
How to Cite
Manalu, I., & Sinaga, D. (2023). PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN TAHUN 2023. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2270