PENGARUH CULTURE SHOCK MAHASISWA INBOUND TERHADAP ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA PERTUKARAN MERDEKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR 2022

  • Enda Ristauli Tumanggor Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Dapot Tua Manullang Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
Keywords: kejutan budaya, adaptasi sosial, mahasiswa pertukaran merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh culture shock terhadap adaptasi sosial mahasiswa pertukaran mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 104 peserta program pertukaran mahasiswa mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Hasil uji penghentian koefisien regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh culture shock terhadap pertukaran mahasiswa mandiri adaptasi sosial di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang dilaksanakan selama 1 semester mengikuti program pertukaran mahasiswa mandiri

Author Biography

Dapot Tua Manullang, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Abidinsyah, A., Ramdiah, S., & Royani, M. (2019). The Implementation Of Local Wisdom-Based Learning And Hots-Based Assessment: Teacher Survey In Banjarmasin. Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 407–414. Https://Doi.Org/10.22219/Jpbi.V5i3.9910
Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., & Santoso, N. P. L. (2021). Gamification-Based The Kampus Merdeka Learning In 4.0 Era. Ijccs (Indonesian Journal Of Computing And Cybernetics Systems), 15(1), 31. Https://Doi.Org/10.22146/Ijccs.59023
Choiriyati, W. (2019). Etika Media Dalam Kultur New Technology (Mengkaji Etika Internet Versus Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik). Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 247–262. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14203/Jmb.V21i2.763
Eniwati, V., Susandi, S., & Sriwulandari, Y. A. (2022). Pengembangan Modul Matakuliah Penulisan Karya Sastra Dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Mantra Batalah Suku Dayak Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Kelas A Prodi Pbsi Ibu Malang. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 3(01), 188–200. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33503/Prosiding.V3i01.2463
Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i3.378
Faizin, F. (2018). Literasi Budaya Lokal Untuk Meminimalisir Gegar Budaya Pemelajar Bipa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/.V2i2.2227
Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. Https://Doi.Org/10.30743/Mkd.V5i2.4353
Jumansyah, A. P., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara Dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial E-Issn, 2745, 5920. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36722/Jaiss.V%Vi%I.1023
Kertih, I. W. (2020). Character Education Of Balinese Local Wisdom-Based Through The Integration Social Studies Subject. Proceedings Of The International Conference On Social Studies, Globalisation And Technology (Icssgt 2019), 248–254. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200803.031
Liliweri, A., Nara, M. Y., & Swan, M. V. D. P. (2022). Gegar Budaya Di Era New Normal. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(2), 193–205. Https://Doi.Org/10.35508/Jikom.V11i2.6647
Maulani, S. (2022). Gegar Budaya Dan Strategi Adaptasi Budaya Mahasiswa Perantauan Minang Di Jakarta. Konvergensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 377–391.
Mubarok, M. F., & Kurnisar, K. (2022). Pengaruh Program Kampus Mengajar Kemendikbudristek Dalam Meningkatkan Kemampuan Leterasi Peserta Didik Di Smp Nengeri 11 Palembang. Sriwijaya University. Http://Repository.Unsri.Ac.Id/Id/Eprint/76488
Muti’ah, L. L. (2021). Penyesuaian Diri Mahasiswa Asal Madura Dalam Menghadapi Gegar Budaya Di Ponorogo (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Iain Ponorogo). Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/17127
Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study Of Students’ And Teachers’ Perceptions In A Finnish High School During The Covid Pandemic. International Journal Of Technology In Education And Science, 4(4), 352–369. Http://Www.Ijtes.Net
Nurasiah, I., Rachmawati, N., Marini, A., Maksum, A., & Herlina, H. (2022). Pengaruh Modul Nusantara Dan Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Multikultural Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 186–194. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i1.1928
Rafia, A. (2019). Interaksi Komunikatif Pengasuh Dalam Mengatasi Gegar Budaya Para Santri (Studi Etnografi Komunikasi Di Pondok Pesantren As Salam Tangerang). Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Http://Repository.Ubharajaya.Ac.Id/Id/Eprint/1992
Rochmiyati, S., Supriadi, D., Irfan, M., Lestari, D. P., Indah Sari, N. H., Kusumadewi, V., Prayogi, I. E., & Wibowo, K. A. (2022). Implementasi Asah-Asih-Asuh Dalam Pengelolaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Jurnal Education And Development, 11(1), 290–296. Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V11i1.4430
Sekretariat Jenderal Kemendikbud, S. J. K. (2020). Defenisi Operasional Indikator Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2020-2024.
Siregar, R. S. (2022). Fenomena Gegar Budaya Dan Adaptasi Budaya Mahasiswa Sumatera Utara Di Yogyakarta. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/40181
Tohri, A., Rasyad, A., Sururuddin, M., & Istiqlal, L. M. (2022). The Urgency Of Sasak Local Wisdom-Based Character Education For Elementary School In East Lombok, Indonesia. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 11(1), 333–344. Http://Ijere.Iaescore.Com/
Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9–16.
Wulandari, D. R. (2020). Proses Dan Peran Komunikasi Dalam Mengatasi Culture Shock (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Jurnal Audience, 3(2), 187–206. Https://Doi.Org/10.33633/Ja.V3i2.4149
Yani, W. O. N. (2020). Perilaku Komunikasi Gegar Budaya Pada Mahasiswa Asal Indonesia Yang Studi Di Jerman. Dialektika, 7(1), 117–130. Https://Doi.Org/10.32816/Dialektika.V7i1.1429
Published
2023-10-24
How to Cite
Tumanggor, E. R., & Manullang, D. T. (2023). PENGARUH CULTURE SHOCK MAHASISWA INBOUND TERHADAP ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA PERTUKARAN MERDEKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR 2022. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110-117. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2275