PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 095212 NEGERI BAYU MUSLIM

  • Satria Mariana Sihaloho Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Asister Fernando Siagian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Janwar Tambunan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: Pengaruh, Reward dan Punishmen, Prestasi Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 095212 Negeri Bayu Muslimin Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil analisis diatas menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara reward dan punishment dengan prestasi belajar IPA siswa di kelas IV Sd Negeri 095212 Negeri Bayu Muslimin. Hal ini dibuktikan dari perhitungan pada regresi linearitas sederhana dengan nilai thitung= 11.718 > ttabel = 2,045 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa.

Author Biographies

Asister Fernando Siagian, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Janwar Tambunan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1999–2003. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.6895
Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa Sd Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i3.19393
Arinalhaq, R., & Eliza, D. (2022). Dampak Pemberian Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jisip.V6i1.2697
Asmawati, M., Nurhasanah, N., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas Iv Sdn Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1289–1296. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V1i7.229
Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.302
Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [Jmes], 2(1), 19–24. Https://Doi.Org/10.30596/Jmes.V2i1.6751
Chintia, N. (2017). Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 1(2), 112–120. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V1i2.205
Elindasari, D. A. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Basic Education, 10(2), 119–132.
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. Https://Doi.Org/10.33222/Jlp.V7i1.1714
Firdaus, F. (2020). Esensi Reward Dan Punishment Dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2020.Vol5(1).4882
Maspupah, H., & Aprianif, A. (2023). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jm2pi: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 1–14. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33853/Jm2pi.V3i2.518
Melinda, I. (2018). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv A Sdn Merak I Pada Mata Pelajaran Ips. International Journal Of Elementary Education, 2(2), 81. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i2.14408
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward And Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2113
Ramadhanti, N. N., & Julaiha, S. (2019). Pemanfaatan Sudut Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 39–46. Https://Doi.Org/10.21093/Jtikborneo.V1i1.1724
Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Dengan Penerapan Reward Dan Punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Pedagogi.V20i2.663
Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V4i2.4473
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (Jbt), 3(2), 106–117. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V3i2.93
Sudarto, S., Sabir, A., & Nurfadilah, N. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6087–6092. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V3i5.2047
Sukma, A. A., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). Hubungan Pemberian Reward And Punishment Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 3(1), 226–237. Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V3i1.651
Sulistyowati, A., & Sugiarti, R. (2021). Hubungan Antara Pemberian Hadiah Terhadap Kedisiplinan Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Intervening. Philanthropy: Journal Of Psychology, 5(1), 231–246. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V5i1.3462
Syamsiyah, L., Dassucik, D., & Astindari, T. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vii Di Smp Nurul Huda Kapongan Situbondo. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 293–304. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V8i2.209
Published
2023-10-26
How to Cite
Sihaloho, S. M., Siagian, A. F., & Tambunan, J. (2023). PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 095212 NEGERI BAYU MUSLIM. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 118-124. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2278