STRATEGI ADAPTASI SOSIAL BUDAYA MAHASISWA MANGGARAI DI MALANG PASCA KONFLIK TAHUN 2015

  • Frederik M Gasa Communication Science Program, Binus Institute of Creative Technology Malang, Indonesia 65126
  • Radityo Widiatmojo Communication Science Program, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Asih Zunaidah Communication Science Program, Binus Institute of Creative Technology Malang, Indonesia
  • Nisrin Husna Public Relation Program, Bina Nusantara Institute of Creative Technology Malang, Indonesia
Keywords: adaptasi lintas budaya, komunikasi lintas budaya, paradigma interpretif, mahasiswa Manggarai, Malang

Abstract

Adaptasi lintas budaya merupakan sebuah proses penyesuaian yang panjang untuk medapatkan kenyamanan ketika berada di lingkungan baru dan beragam. Mahasiswa Manggarai, Flores (Provinsi Nusa Tenggara Timur) yang tinggal di Malang memiliki karakteristik identitas yang berbeda dan hal ini mempengaruhi proses interaksi dan adaptasi dengan penduduk setempat. Komunikasi yang dibangun antara mahasiswa dan penduduk setempat ini tidak dapat dipahami tanpa mempelajari langkah-langkah dasar dalam proses adaptasi lintas budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dengan maksud dapat memperoleh pemahaman mendalam dari sudut pandang mahasiswa Manggarai dalam adaptasinya dengan penduduk setempat. Penelitian ini pada akhirnya bertujuan untuk berkontribusi pada studi komunikasi antar budaya di Indonesia, terutama untuk memahami dan memperdalam komunikasi antara budaya masyarakat dari luar daerah dan masyarakat setempat.

References

Kim, Young Soo and Kim, Young Yun. 2016. Ethnic Proximity and Cross-Cultural Adaptation: A Study of Asian and European Students in the United States. Intercultural Communication Studies. XXV. Middle Tennessee State University, USA.

Kim, Y.Y. 2005. Theorizing About Intercultural Communication. California: Sage Publication.

Lee, Sun Kyong. 2017. Refining a Theory of Cross-Cultural Adaptation: An Exploration Methodological Approach to Institutional Completeness. Asian Journal of Communication, 1-20.

Littlejohn, Stephen W and Fross, Karen A. 2011. Theories of Human Communication. Waveland Press, Inc.

Littlejohn, S and Fross, K. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage Publication, Inc.

“Malang sebagai Kota Pendidikan Sejak Masa Hindia Belanda”, dalam https://malang.merdeka.com/kabar-malang/malang-sebagai-kota-pendidikan-sejak-masa-hindia-belanda-160502n.html, diakses tanggal 4 Mei 2019.

Martin, N J and Nakayama, T K. 2010. Intercultural Communication in Context. New York: McGraw-Hill.

Neuman, W L. 2014. Pearson New International Edition, Social Research Methods: Qualitative and Quantitaive Approaches. London: Pearson Education, Ltd.

Samovar, L A, Porter E R, McDaniel, E R, and Roy, C S. 2013 Communication between Cultures-Cengage Learning. Boston: Wadsworth.

Young, T J and Scharter, A. 2013. The Effect of Cross-Cultural Communication Education on International Students Adjustment and Adaptation State. Journal of Multilingual and Multicultural Development. 2013. Routledge
Published
2019-07-23
How to Cite
Frederik M Gasa, Radityo Widiatmojo, Asih Zunaidah, & Nisrin Husna. (2019). STRATEGI ADAPTASI SOSIAL BUDAYA MAHASISWA MANGGARAI DI MALANG PASCA KONFLIK TAHUN 2015. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 179-191. https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i2.150