SCIENTIFIC APPROACH ASSISTED BY POWER POINT MEDIA AGAINST CLASS X STUDENT LEARNING OUTCOMES ON PROTIST MATERIAL AT SMAN 1 BOLA

  • Sukarman Hadi Jaya Putra Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Nusa Nipa Maumere
Keywords: motivation, learning Outcomes, scientific approach, power point

Abstract

The students learning outcomes on protista material is still below the minimum completeness criteria. This is caused by the lack of application of learning methods and unattractive media. The use of media in learning as a tool to submit the material and create effective and efficient learning activities so as to increase students interest and learning outcomes. The purpose of this study is to increase the motivation and cognitive learning outcomes of students with the scientific approach method assisted by power point media at SMAN 1 Bola. This type of research is a classroom action which consists of two cycles. The type of data in this study are qualitative and quantitative. The results of first cycle obtained the completeness of the learning outcomes test with an average of 79,2% and students activities were in the quite good category of 79,4%. The average completeness of learning outcomes in the second cycle was 85,1%. With reference to the KKM (Keriteria Minimum completeness) which is 75. The conclusion obtained in this study is the application of a scientific approach assisted by power point media can improve the motivation and learning outcomes of students of class X at SMAN 1 Bola

References

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bekti, D. S 2012. Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngebung Beran Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas ilmu Pendidikan. UniversitasNegeri Yogyakarta. Tanggal 22 April 2014.

Fajar, Y. 2017. Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hidayati, N. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Kristiawan. M., Safitri. D., dan Lestari. B. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kristiningtyas, W. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif dan Psikomotorik dalam Membuat Sketsa dan Peta Wilayah yang Menggambarkan Objek Geografi melalui Metode Survei Lapangan. Jurnal Refleksi Edukatika. 8 (1): 28 – 34.

Kurniawati, dkk., 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi PerkembanganKognitif, Sosial dan Moral, JPII, 2 (2) :149-155.

Marjan, J. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA.Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4 (1).

Muhibbin, S. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Rosdakarya. Bandung.

Rakhmadhani, N. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantukan Media Teka-teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (4): 190 – 197.

Richy, M. 1958. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sarana dan Prasarana Kelas XI APK 3 SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Samho & Yasunari. 2010. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Tantangan Implementasinya di Indonesia Dewasa ini. Bandung: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Katolik Parahyangan.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukayasa, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Palu. Jurnal Untad. 7 (1): 156 – 167.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhartati. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X Man 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang. 4 (2): 56 – 62.

Sumayasa, I.Y. 2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Scientific Approach terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Segugur VI Kecamatan Abang, Karangasem. E Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5(1):1-13.

Susanto, B. 2013. Pengaruh Strategi Learning Starts With A Question terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan. 2(1) : 431 – 438.

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistic.

Tirtaraharja Umar, La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Thobroni, M. & Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Zulkarnain. 2010. Pemanfaatan Media Gambar Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Keragaman Bentuk Muka Bumi. JPP.

Published
2020-07-17
How to Cite
Sukarman Hadi Jaya Putra. (2020). SCIENTIFIC APPROACH ASSISTED BY POWER POINT MEDIA AGAINST CLASS X STUDENT LEARNING OUTCOMES ON PROTIST MATERIAL AT SMAN 1 BOLA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 192-202. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.499