Unika Santu paulus ruteng

Kukuhkan 53 Guru Profesional, Rektor Unika Ruteng Soroti Peran Guru sebagai Agen Perubahan dan Penggerak Peradaban

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng hari ini, , Sabtu (20/01/2024) merayakan momen bersejarah dengan menggelar acara pelantikan 53 lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Aula Gedung Utama Timur (GUT) Kampus. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Ketua Yayasan Santu Paulus Ruteng, para dosen, dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Rektor UNIKA Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si, menyampaikan rasa bangga dan syukur atas keberhasilan para lulusan yang telah menyelesaikan program pendidikan dengan semangat dan tekad tinggi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, pemerintah, yayasan, pengelola, pengajar/dosen, dan guru pamong yang telah berkontribusi dalam mendukung kesuksesan program PPG di universitas tersebut.

Rektor Maks menyoroti pentingnya peran seorang guru sebagai agen perubahan sosial dan penggerak peradaban. Ia memotivasi para lulusan untuk tidak hanya menjadi pengajar yang kompeten, tetapi juga menjadi pionir perubahan positif dalam masyarakat.

Dalam refleksi terhadap visi besar UNIKA Santu Paulus Ruteng sebagai Komunitas Akademik yang Transformatif, Kolaboratif, dan Berkarakter, Rektor Maks menekankan arti kata “transformatif” dalam dunia pendidikan. Pendidikan di universitas ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga mendorong siswa untuk menjadi pemikir kritis, kreatif, dan memiliki kapasitas untuk mengatasi tantangan kompleks di masyarakat.

Selain itu, Rektor Maks membahas makna “kolaboratif,” di mana ia menekankan pentingnya kerjasama dan sinergi dalam mencapai keberhasilan. Para lulusan diundang untuk menjadi bagian dari komunitas yang kuat, bekerja sama dengan rekan sejawat, orang tua siswa, dan instansi terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Terakhir, dalam konteks “berkarakter,” UNIKA Santu Paulus Ruteng meyakini bahwa lulusan yang berintegritas, memiliki nilai-nilai moral tinggi, dan bertanggung jawab sosial, adalah aset berharga bagi masyarakat. Program PPG di universitas ini tidak hanya fokus pada aspek teknis mengajar, tetapi juga pada pembentukan karakter, menciptakan guru yang tidak hanya ahli dalam bidangnya tetapi juga teladan bagi siswa.

Acara pelantikan diakhiri dengan harapan bahwa keberhasilan para lulusan ini bukanlah tujuan akhir melainkan awal dari sebuah perjalanan panjang dalam membentuk kehidupan dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perjalanan pendidikan lulusan PPG ini.

Para lulusan diucapkan selamat atas capaian mereka, dengan harapan keberhasilan ini akan menjadi awal dari perjalanan penuh prestasi dan kontribusi positif bagi dunia pendidikan.

x

Check Also

Konferensi Berlangsung Sukses dan Menginspirasi, Ketua Panitia Pelaksana The 3rd ICEHHA Unika Ruteng Apresiasi Semua Pihak

Ruteng, Unika Santu Paulus – Setelah berlangsung dengan sukses dan menginspirasi, The 3rd International Conference ...