Unika Santu paulus ruteng

Kukuhkan Guru Besar Kedua, UNIKA Ruteng Siap Merangkul Perubahan dan Memupuk Inovasi

Ruteng, Unika Santu Paulus – Rektor UNIKA Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. menyatakan kesiapan UNIKA merangkul perubahan, memupuk inovasi, dan memberdayakan generasi pemimpin masa depan untuk menavigasi kompleksitas dunia yang terus berkembang. Hal itu disampaikannya pada saat pengukuhan Prof.Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd sebagai Guru Besar dalam bidang linguistik di Aula GUT Lantai 5 UNIKA Santu Paulus Ruteng (Sabtu, 23 Maret 2024).

         Seraya menyoroti tentang “peran penting pendidikan tinggi dalam mendorong trans-mutasi peradaban dan memfasilitasi transformasi meta-realitas yang radikal dalam era penuh keguncangan”, Dr. Maksimus mengungkapkan bahwa  dunia saat ini sedang mengalami tiga fenomena:

         Pertama, perubahan besar yang ditandai kemajuan teknologi, gejolak sosial-politik, konflik dan kekerasan, juga kekacauan iklim (climate chaos) dan bukan perubahan iklim (climate change). Masa-masa yang penuh keguncangan ini memerlukan evaluasi ulang terhadap pendekatan kita atas berbagai persoalan.

         Kedua, dunia juga sedang mengalami trans-mutasi peradaban yang menunjukkan perubahan mendasar yang terjadi dalam struktur, nilai, dan norma masyarakat.

         Ketiga, dunia juga sedang mengalami transformasi meta-realitas radikal yang menggarisbawahi perlunya sebuah ziarah kemanusiaan melampaui batas-batas konvensional, serentak merangkul perspektif alternatif.  

         Dalam menghadapi situasi itu, UNIKA Santu Paulus menyadari pentingnya menerima perubahan dan mendorong inovasi dalam pendidikan. Melalui transformasi tata kelola berbagai aspek, UNIKA berusaha menavigasi kompleksitas situasi kontemporer.  “Dengan mengintegrasikan teknologi baru dan perspektif global, kami membekali lulusan kami dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang dalam lanskap yang selalu berubah”.

         Pada momen istimewa ini, beliau juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kerja cepat Prof. Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd untuk meraih gelar Guru Besar di bidang linguistik dalam usia relatif muda, yaitu 44 tahun.  Sebastianus Menggo merupakan profesor termuda kedua di LL DIKTI Wilayah XV baik di tingkat Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Profesor termuda masih dipegang oleh Kepala LL DIKTI XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T.,M.Eng. *** (MJ)

x

Check Also

Jelang Pengukuhan 175 Guru Profesional, Prodi PPG Unika Ruteng Gelar Seminar Nasional

Ruteng, Unika Santu Paulus – Menyongsong pengukuhan 175 Guru Profesional, Program Studi Pendidikan Profesi Guru ...