Unika Santu paulus ruteng

Mahasiswa KKN Unika Santu Paulus Diterima Secara Resmi di Paroki Kisol

Foto: Mahasiswa KKN Unika Santu Paulus Ruteng bersama Pastor Paroki dan DPP Kisol usai acara penerimaan di Pastoran, Sabtu (12/12/2020)

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika)  Santu Paulus Ruteng mulai melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak Sabtu (12/12/2020). KKN kali ini dilaksanakan di pelbagai wilayah di Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur dalam kerja sama dengan Keuskupan Ruteng, tiga Kevikepan, dan paroki-paroki. Salah satu kelompok KKN yang telah turun ke lokasi hari pertama ini adalah mahasiswa KKN yang bertugas di Paroki Santu Yosef Kisol, Manggarai Timur.

Para mahasiswa yang berjumlah 7 orang ini disambut secara adat dalam upacara kepok. Pada kesempatan tersebut, Pastor Paroki Kisol Romo Deni Subaldri, Pr menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas di paroki yang dipimpinnya. Pada ritual penyambutan tersebut, Pastor Paroki didampingi oleh Ketua-ketua Stasi, Dewan Paroki dan tokoh umat. Pastor paroki berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan waktu KKN untuk belajar dan berbagi bersama umat.

Foto: Mahasiswa KKN Unika Santu Paulus Ruteng diterima secara resmi di Paroki Santu Yosef Kisol melalui ritus adat “Kepok”, Sabtu (12/12/2020)

Mahasiswa KKN sangat berbangga dan berterima kasih kepada pastor Paroki yang sangat ramah menyambut kedatangan mereka dan siap mefasilitasi kegiatan mahasiswa selama KKN. Apalagi penyambutan dengan kepok adat Manggarai membuat mereka berbahagia dan tersanjung.  Semoga penyambutan ini menjadi awal yang baik bagi kegiatan KKN selanjutnya. Dari pusat paroki Kisol, para mahasiswa kemudian diutus pastor paroki untuk ditempatkan di stasi-stasi.

Adapun ketujuh mahasiswa KKN yang bertugas di Paroki St. Yosef Kisol adalah Cresensius Tanda Mangi, Yakobus Yunardi Nao, Martiana Na, Marlina Capriati Amran, Tekla Desilva Moda, Theresia Mulyanti Genggong, dan Kristina Yulianita. Mereka berasal dari Prodi Pendidikan Teologi, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD, PG-PAUD, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan keragaman basis Program Studi, KKN diharapkan juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk saling belajar, mendukung, dan dapat memanfaatkan potensi yang beragam demi pengabdian kepada masyarakat. Adapun Dosen Pendamping Lapangan kelompok ini adalah Ibu Dr. Fransiska Widyawati, M. Hum.

Kegiatan KKN mahasiswa FKIP Unika Santu Paulus Ruteng kali ini difokuskan pada kegiatan pengumpulan data umat di seluruh wilayah keuskupan. Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng telah menyiapkan instrumen yang akan diisi datanya oleh para mahasiswa dalam kerja sama dengan paroki dan Komunitas-komunitas Basis Gerejani (KBG) di wilayahnya. Dengan dikumpulkannya data-data umat, keuskupan dapat mengembangkan pastoral lebih lanjut berbasis data. Sebelum ber-KKN, panitia KKN yang berada di bawah FKIP dengan Dekannya Dr. Maksi Regus sudah membuat dilatih untuk melakukan sensus dengan baik. Selain melakukan pengambilan data umat, mahasiswa tentu saja juga menyiapkan beberapa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat lainnya. Mereka akan memanfaatkan ilmu dan ketrampilan yang mereka telah timba selama berada di dunia kampus demi membangun masyarakat di sana. (*Cont/Adm: FW/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Unika St. Paulus Ruteng Adakan Workshop Data Kinerja Penelitian & PkM Dosen

Foto: Kegiatan Workshop Data Kinerja Penelitian & PkM Dosen Unika Santu Paulus Ruteng, Rabu (03/02/2021) ...