Unika Santu paulus ruteng

Mahasiswa Program Studi PG PAUD Unika Ruteng Siap Melaksanakan Magang

Ruteng, Unika Santu Paulus – Jumat, 21 Oktober 2022 dan Sabtu, 22 Oktober 2022, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memberi pembekalan kepada 133 Mahasiswa peserta Magang 2. Gervasius Adam, M.Or., selaku panitia pembekalan magang menyampaikan bahwa pelaksanaan Magang 2 tahun ini melibatkan 43 sekolah mitra yang tersebar di wilayah Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

Panitia pembekalan telah mengatur berbagai kegiatan dan materi untuk menyiapkan peserta Magang. Salah satu materi disampaikan oleh Fransiskus De Gomes, S.Fil., M.Pd, selaku Ketua Program Studi PG PAUD Unika Santu Paulus Ruteng. De Gomes memberi penjelasan kepada peserta Magang bahwa kegiatan magang merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan berbagai kompetensinya sebagai calon guru PAUD seperti Kreativitas, Kolaborasi, Komunikasi, dan kemampuan Berpikir Kritis.

Lebih lanjut, Adriani Tamo Ina Talu, M.Pd. dan Maria Dissriani Vista Banggur, S.Kom., M.Pd., sebagai tim perancang Pedoman Magang 2 TA 2022/2023 menyampaikan berbagai rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta selama berada di tempat Magang.  Rancangan kegiatan tersebut antara lain telaah perangkat pembelajaran satuan PAUD, observasi pelaksanaan pembelajaran, Perancangan Program Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar dan Perangkat Evaluasi Pembelajaran hingga Praktik mengajar di kelas. Rangkaian kegiatan ini merupakan upaya konkrit mahasiswa mendalami peran pendidik sebagai perencana, pelaksana, penilai, dan evaluator dalam pembelajaran Anak Usia Dini.

Selain itu, panitia juga mengimbau kepada mahasiswa agar memanfaatkan momen ini untuk menggali data berbagai masalah PAUD dan membantu satuan pendidikan menemukan solusi melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Pembekalan Magang ditutup dengan Perayaan Ekaristi Perutusan yang dipimpin oleh RD. Ignatius F.R. Bora. Para mahasiswa akan melaksanakan Magang 2 mulai 31 Oktober 2022 s.d. 26 November 2022. Perhitungan waktu Magang diatur berdasarkan Perhitungan Beban Belajar Mahasiswa dalam Permendikbud Nomor 3 tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

x

Check Also

Meriah, Perayaan Dies Natalis Unika Ruteng Dihadiri Utusan Gubernur dan Dua Bupati

Ruteng, Unika Santu Paulus – Perayaan Dies Natalis ke-63 Universitas Katolik Indonesia (unika) Santu Paulus ...