Unika Santu paulus ruteng

Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng Galang Dana Kemanusiaan untuk Lembata

Foto: BEM Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Penggalangan Dana untu Korban Bencana Alam di Lembata, Sabtu (5/12/2020) hingga Senin (7/12/2020)

Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar aksi kemanusiaan dalam bentuk penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata, pada Sabtu (5/12/2020) hingga Senin (7/12/2020). Aksi kemanusiaan yang dikordinasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unika Santu Paulus Ruteng itu, dijalankan di sejumlah lokasi fasilitas umum di Kota Ruteng. Aksi solidaritas yang sama juga dilakukan di internal kampus dalam bentuk pengumpulan uang seribu rupiah dari setiap mahasiswa. Total dana yang terkumpul dari aksi ini adalah Rp 24.341.000. Dana tersebut langsung disalurkan ke Lembata pada Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Persiapkan Mahasiswa ke Lokasi KKN, Unika Santu Paulus Ruteng Adakan Kegiatan Pembekalan

Savio Bas, Ketua BEM Unika Santu Paulus Ruteng menyatakan bahwa aksi ini merupakan gerakan solidaritas yang dilakukan secara spontan dan sukarela oleh seluruh mahasiswa. “Kegiatan ini kami lakukan secara spontan dan sukarela sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan kami terhadap korban bencana alam di Lembata. Harapannya melalui kegiatan ini, saudara dan keluarga yang terdampak bencana di sana bisa sedikit terbantu,” katanya. Lebih lanjut, Savio mengisahkan bahwa kegiatan penggalangan dana ini dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Ruteng dan dana yang terkumpul sudah disalurkan ke Lembata melalui rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI). “Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yakni Sabtu-Senin, 5-7 Desember 2020. Pada hari Sabtu, lokasi kegiatannya yakni di 6 titik yaitu, perempatan lampu merah  Mbaumuku, Perempatan lampu merah Ranaka Mart, Pasar Puni, Pertamina Mena, Pertamina Mbaumuku, dan sekitar pertokoan. Sementara pada hari Minggu lokasi sasaran yakni di tempat ibadah, gereja-gereja. Pada hari Senin dilaksanakan pengalangan dana di lembaga pemerintahan atau kantor-kantor. Selain itu, ada juga gerakan seribu rupiah dari semua mahasiswa Unika. Total dana yang terkumpul sampai dengan kemarin adalah  Rp 24.341.000. Dana itu sudah kami salurkan ke Lembata melalui rekening BRI” ujarnya.

Foto: Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng sedang melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk Lembata di Jalan-jalan umum kota Ruteng, Sabtu (5/12/2020)

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) III Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Inosensius Sutam, melalui pesan pada grup Whatsapp menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung aksi solidaritas kemanusiaan ini. “Romo Rektor, semua para pejabat struktural, para dosen, pegawai, dan mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda semua dalam penggalangan dana solidaritas oleh Mahasiswa/BEM UNIKA St.Paulus untuk korban Erupsi Ile Lewotolok. Kami informasikan total dana yang dikumpulkan dari mahasiswa dan masyarakat/umat (pertokokan, jalan raya, pasar, terminal, instansi pemerintah, gereja-gereja paroki) sejumlah Rp. 24.431.000. Kemarin sudah dikirim ke Lembata via rekening resmi” demikian bunyi pesan Whatsapp Pastor Ino. (*Adm: RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Unika St. Paulus Ruteng Adakan Workshop Data Kinerja Penelitian & PkM Dosen

Foto: Kegiatan Workshop Data Kinerja Penelitian & PkM Dosen Unika Santu Paulus Ruteng, Rabu (03/02/2021) ...