Unika Santu paulus ruteng

Masuk Dalam Klaster Utama, Unika Ruteng Catatkan Prestasi dalam Penilaian Kinerja Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2024

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng meraih pencapaian gemilang setelah berhasil masuk ke dalam klaster utama dalam penilaian kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2024. Keberhasilan ini tertuang dalam keputusan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tanggal 28 Desember 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada tanggal 28 Desember 2023.

Dalam surat pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dituliskan bahwa Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Klasterisasi perguruan tinggi sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Klasterisasi perguruan tinggi sendiri menghasilkan 5 (lima) klaster atau kelas. Dimulai dari yang tertinggi adalah klaster Mandiri, disusul klaster Utama, Madya, Pratama, dan klaster Binaan (prakualifikasi)

Dengan capaian ini, Unika Santu Paulus Ruteng menunjukkan komitmen luar biasa dalam menjalankan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga berhasil ditempatkan dalam klaster kedua terbaik, yaitu Klaster Utama bersama perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air.

Capaian Unika Santu Paulus Ruteng ini mendapatkan sorotan dan apresiasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XV Kupang. Melalui rilis resmi, Kepala LLDikti Wilayah XV mengucapkan proficiat kepada Unika Santu Paulus Ruteng karena menjadi satu dari 4 perguruan tinggi di wilayah LLDikti XV yang masuk ke dalam klaster utama pada tahun 2024.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. menyampaikan kebanggaannya terhadap pencapaian ini. “Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh civitas academica Unika Santu Paulus Ruteng. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat demi memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa,” ujarnya.

Dalam keterangan resminya, Dr. Maks menyampaikan rasa apresiasi yang mendalam terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas bantuan serta dukungan yang signifikan dalam berbagai kegiatan Tri Dharma. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian yang telah memberikan bantuan dan dukungan, terutama dalam pelaksanaan Kampus Merdeka dan insentif yang secara positif mendongkrak pencapaian Unika Santu Paulus Ruteng,” ungkapnya.

Beliau juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada LLDikti Wilayah XV atas dukungan dan kerja sama yang telah memberikan kontribusi penting dalam perjalanan Unika Santu Paulus Ruteng. “Kerja sama yang baik dengan LLDikti Wilayah XV turut berkontribusi pada pencapaian prestasi ini. Kami berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi ini demi kemajuan perguruan tinggi kami,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Rektor juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh dosen peneliti Unika Santu Paulus Ruteng atas kerja sama dan dedikasi mereka dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. “Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras dan cerdas dari semua dosen peneliti Unika. Terima kasih atas kolaborasi yang luar biasa,” ungkapnya.

Pada bagian akhir pernyataannya, Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan semua stakeholders yang telah mendukung Unika Santu Paulus Ruteng. “Prestasi ini adalah buah dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta semua pihak yang terlibat. Kami berjanji untuk terus berkomitmen dalam memberikan yang terbaik untuk kemajuan bersama,” katanya.

Dengan langkah ini, Unika Santu Paulus Ruteng menyatakan tekadnya untuk terus berkembang lebih baik ke depan. “Prestasi ini akan menjadi pemicu bagi Unika Santu Paulus Ruteng untuk terus berkembang, melakukan transformasi yang berkelanjutan, dan menjalin kolaborasi yang kuat dengan panduan karakter yang kokoh,” pungkasnya.

x

Check Also

Jelang Pengukuhan 175 Guru Profesional, Prodi PPG Unika Ruteng Gelar Seminar Nasional

Ruteng, Unika Santu Paulus – Menyongsong pengukuhan 175 Guru Profesional, Program Studi Pendidikan Profesi Guru ...