Unika Santu paulus ruteng

Menyambut Hari Susu Nusantara, UKM Ad-Libitum Unika Ruteng Selenggarakan Seminar dan Sosialisasi

Anggota UKM Adlibitum, Mahasiswa dan Dosen Prodi Peternakan Selenggarakan kegiatan amal “Bagi Susu di SDK Ruteng 1” (Foto :Dok.UKM Ad-Libitum).

Ruteng, Unika Santu Paulus-Menyambut Hari Susu Nusantara, mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Ad-Libitum Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan sejumlah kegiatan, yakni seminar ilimiah, sosialisasi, dan kegiatan amal. Seluruh rangkaian kegiatan ini, diawali dengan seminar.

Kegiatan seminar ini dibuka secara resmi oleh Koordinator UKM Ad-Libitum Unika Santu Paulus, drh. Elisabeth Yulia Nugraha, S.KH., M.Si., Jumat (3/6/2022)

Yulia dalam sambutannya menyatakan, bahwa konsumsi susu sangat penting bagi masyarakat.

“Konsumsi susu sangat penting agar selalu sehat dalam raga dan cerdas dalam pikiran”, jelas Yulia.

Seminar dengan tema “Satu Kotak dalam Sejuta Manfaat” dilaksanakan di Aula Roosmalen Unika Santu Paulus Ruteng itu, menghadirkan pembicara internal yakni Roselin Gultom, S.Pt.,M.Pt (Dosen Prodi Peternakan), dipandu oleh ketua Panitia UKM Adlibitum Mennas Trio Gurman dan dihadiri para dosen dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Roselin mempresentasikan materi tentang “Selamat Hari Susu Nusantara: Satu Kotak Untuk Semua Manfaat”.

Menurutnya, tujuan yang hendak dicapai dalam Hari Susu Nusantara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya minum susu untuk kecerdasan, kesehatan, gizi seimbang dan mengajak mahasiswa sebagai gardar terdepan dalam panutan edukasi susu di lingkungan habitatnya.

Ia menambahkan, susu adalah “nature’s most perfect food” 100%, dapat dicerna tubuh, sebagai sumber nutrisi lengkap bagi tubuh, sumber protein (mudah dicerna+asam amino esensial lengkap) Kalsium, Vitamin dan Energi serta memiliki banyak manfaat seperti: pertama menunjang pertumbuhan tulang, gigi dan rambut; Kedua membuat tubuh lebih berenergi karena melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketiga mempercepat proses pemulihan ketika sakit; Keempat membangunkan mood yang positif dan dapat mencegah depresi; Kelima menjaga kesehatan jantung; Keenam mengoptimalkan fungsi otak serta melindungi kerusakan sel otak akibat radikal bebas.

Roselin menyebutkan, bahwa konsumsi susu Indonesia 16,27 kg/kapita/tahun. Lebih rendah dibanding negara-negara Asia Tenggara lain (Malaysia dengan 36,20 kg, Myanmar 26,7 kg dan Thailand 22,20 kg) Indonesia hanya mampu memenuhi <20% kebutuhan susu di Indonesia (Data BPS, 2020).

Ket: UKM Ad-Libitum Unika Santu Paulus Ruteng saat melakukan kegiatan di SDK Ruteng 1 (Foto :Dok.UKM Ad-Libitum).

Sosialisasi

Sehari setelah kegiatan seminar, UKM Ad-Libitum Unika Santu Paulus Ruteng melakukan kegiatan amal, yakni membagikan susu secara gratis kepada siswa/siswa di SDK Ruteng 1, Kabupaten Manggarai, Sabtu (4/6/2022)

Kegiatan pembagian susu ini, diawali dengan kegiatan sosialiasi untuk mengedukasi siswa/siswi tentang pentingnya meminum susu bagi kesehatan.

“Sebelum dilakukan pembagian susu, kami melakukan sosialisasi untuk mengedukasi siswa/siswi SDK Ruteng 1 di masing-masing kelas III (a, b dan c) tentang betapa pentingnya minum susu bagi anak-anak,” jelas Genoveva Irminoya Nimun, mahasiswa Prodi Peternakan Unika Ruteng.

Sementara itu, Ketua UKM Ad Libitum Trio Gurman menyatakan, bahwa edukasi seperti ini sangat penting, agar masyarakat dan/atau generasi muda semakin menyadari tetang manfaat susu bagi kesehatan.

Ia menambahkan, susu merupakan sumber gizi seimbang bagi tubuh dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan bangsa,” terang mahasiswa Prodi Peternakan tersebut.

“Secara pribadi, saya bersyukur, berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Hari Susu Nusantara dapat dilaksanakan dengan baik dan sukess. Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Secara khusus, kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, dan siswa/Siswi yang telah memberikan kesempatakan kepada UKM Ad Libitum untuk melaksanakan kegiatan ini di SDK Ruteng I,” terangnya.

Hadir pada kegaiatan ini adalah anggota UKM Ad Libitum, mahasiswa dan para dosen Prodi Peternakan.
Dosen yang hadir pada kegiatan ini adalah Hendrikus Demon Tukan, S.Pt,.M.Pt; Roselin Gultom, S.Pt.,M.Pt; drh. Elisabeth Yulia Nugraha, S.KH.,M.Si; drh. Korbinianus Feribertus Rinca, M.Sc; dan Nautus Stivano Dalle, S.Pt.,M.Pt.

Hendrikus Demon Tukan,S.Pt.,M.Pt., berharap agar spirit UKM Ad-Libitum terus bertumbuh dan berkembang. Selain itu, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peka dan jiwa sosial mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Ket: UKM Ad-Libitum Unika Santu Paulus Ruteng saat melakukan kegiatan di SDK Ruteng 1 (Foto :Dok.UKM Ad-Libitum).


“Kegiatan edukasi tentang pentingnya minum susu terus digaungkan hingga ke pelosok Manggarai Raya, terutama pada anak-anak SD dan masyarakat luas,” ungkapnya.

Kegiatan amal ini juga disambut baik oleh para guru dan siswa.

“Guru-guru SDK Ruteng 1 sangat berantusias dan mengucapkan terima kasih kepada Unika Ruteng sudah turut berpartisipasi dalam edukasi manfaat susu kepada peserta didik mereka,” terangnya. (Feliks Hatam)

x

Check Also

Ikrarkan Sumpah Bidan, Lulusan Prodi D-III Kebidanan Unika Ruteng Siap Menjadi Nakes Profesional

Foto: Pengambilan Sumpah Bidan 55 Lulusan dan 2 Alumni Prodi D-III Kebidanan Unika Ruteng oleh ...