Unika Santu paulus ruteng

Para Dosen Prodi PBSI Unika Santu Paulus Ruteng Adakan PkM di SMAK Santa Maria Iteng

Foto: Para Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Berfoto Bersama di Sela-sela Kegiatan PkM di SMAK Santa Maria Iteng, Senin (3/2/2020)

Para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMAK Santa Maria Iteng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Senin (3/2/2020). Kegiatan PkM ini mengusung tema, “Pendidikan Karakter Berbasis Bahasa dan Sastra Lisan Daerah”.

Para dosen diterima di pendopo SMA Santa Maria oleh Kepala Sekolah, para guru dan dan pegawai serta para siswa.  Dalam sambutannya, Rm Benya, Pr., Kepala Sekolah SMAK Santa Maria mengemukakan bahwa lembaga yang dipimpinannya sangat terbuka dan dengan lapang hati menerima para dosen untuk berbagi pengalaman akademik di sekolah. “Kami bersyukur dan berterima  kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas kasihNya, sekolah kami terpilih sebagai tempat para dosen dari Unika Santu Paulus melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat,”urainya.

Lebih lanjut, Romo Benya mengemukakan bahwa  dengan adanya pengalaman dari para dosen Unika Santu Paulus Ruteng yang dibagikan kepada para siswa dan guru di sekolahnya, para siswa, juga para guru, semakin dipacu untuk terus belajar mencintai bahasa dan sastra. “Kami mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi  kita semua,” imbuh tamatan STFK Ledalero ini.  Mengakhirnya sambutannya, Romo Benya memperkenalkan para guru dan karyawan SMAK St. Maria Iteng beserta mata pelajaran yang diampu setiap guru.

Sementara itu, Ketua Program Studi PBSI, FKIP, Unika Santu Paulus Ruteng, Romo Bonefasius Rampung S.Fil., M.Pd., dalam sambutannya memberi apresiasi kepada lembaga SMAK St. Maria Iteng, yang telah bersedia menerima tim dosen dari Prodi PBSI, FKIP, Unika Santu Paulus Ruteng, untuk boleh melaksanakan PkM di sekolah ini. Menurut Romo Bone, demikian sapaan akrab beliau, sekolah ini (SMAK St. Maria Iteng) adalah sekolah yang potensial menghasilkan calon-calon kaum muda yang berkualitas. Sehubungan dengan itu dibutuhkan  kerja sama yang baik dengan pelbagai pihak untuk bisa saling berkontribusi. “Terima kasih, kami diberi kesempatan untuk boleh melaksanakan PkM di SMAK St. Maria Iteng. Tema yang kami tawarkan ialah ‘Pendidikan karakter berbasis bahasa dan sastra lisan daerah’. Melalui tema ini, kami ingin membagikan pengalaman dan refleksi-refleksi ilmiah kami kepada para siswa. Semoga pengalaman dan hasil refleksi  kami nantinya dapat bermanfaat bagi para siswa,” urai Romo Bone.

Lebih lanjut Romo Bone mengemukakan bahwa sejauh ini ada banyak pengalaman yang diperoleh ketika berhadapan dengan para mahasiswa.  “Secara khusus, saya akan bertemu dengan para guru untuk membagikan pengalaman dan refleksi kritis saya tentang bagaimana berhadapan dengan para mahasiswa. Diharapkan dengan pengalaman yang saya bagikan, para guru nantinya dapat merefleksikannya lebih lanjut dalam rangka pembentukan formasi para siswa di sekolah. Hal itu tentu penting dalam rangka mempersiapkan para siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” urai Romo Bone. Romo Bone mengakhiri sambutannya dengan menyerahkan kenang-kenangan berupa buku kepada SMAK St. Maria Iteng, yagn secara simbolik diterima Kepala SMAK St. Maria Iteng, Romo Benya.

Selanjutnya, para dosen dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap tim terdiri dari dua dosen yang mendampingi sejumlah siswa yang telah dikelompokkan berdasarkan kelas. (Cont/Adm: BT/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rumuskan Visi Misi, Prodi Keperawatan Unika Santu Paulus Ruteng Adakan Focus Group Discussion

Pimpinan FIKP dan Prodi Keperawatan Berfoto Bersama Peserta FGD Seusai Kegiatan, Selasa (11/2/2020) Program Studi ...