Unika Santu paulus ruteng

Pelantikan Rektor Baru Unika St. Paulus Ruteng Periode 2023-2027

Ruteng, Unika Santu Paulus – Upacara pelantikan ini dihadiri oleh Pak Marsel (Perwakilan Gubernur NTT), Kapolres Manggarai, Mantan Bupati Manggarai Kris Rotok, Wakapolda NTT, LLDikti Wilayah XV, Bupati Manggarai dan jajarannya, Wakil Bupati Manggarai Timur dan Jajarannya, Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, para imam biarawan/i, Ketua Yaspar, para dosen dan perwakilan mahasiswa Unika St. Ruteng.

Dalam sambutannya, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si menjelaskan kembali  visi, menjadi Komunitas Akademik Yang Transformatif, Kolaboratif, dan Berkarakter bukan sekedar kumpulan kata-kata.

“Saat kami memulai perjalanan transformatif ini, kami diingatkan tentang jalur visioner yang ditetapkan dalam rencana strategis institusi kami Periode 2023—2027 jalur yang mendefinisikan aspirasi kami sebagai “KOMUNITAS AKADEMIK YANG TRANSFORMATIF, KOLABORATIF, DAN BERKARAKTER”.

Visi ini bukan sekadar kumpulan kata-kata tetapi sebuah kompas yang akan memandu lembaga ini membentuk masa depan pendidikan dan mendorong ekosistem pembelajaran yang dinamis”, jelasnya.

Selajutnya, RD Ignasius Loy Semana, S.Fil.,M.Hum sebagai panitia dalam upacara pelantikan tersebut menyampaikan kami ibarat Yohanes pembaptis, yang hanya menyiapkan jalan untuk Rektor baru

“Kami ibarat Yohanes pembaptis, yang hanya menyiapkan jalan untuk Rektor baru dan jajaranya untuk bertransformasi.

Dan kami hanya punya satu prinsip dan tekad yaitu semua awal yang baik akan terbawa pada proses yang baik dan proses yang baik akan mendatangkan hasil yang baik”,ungakpnya.

Ketua Badan Pengurus Yaspar RD. Ledobaldus Rolling Mujur, S.Fil., M.M dalam sambutannya menyampaikan Kampus Unika adalah wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan itelektual.

“Sebagai Kampus Unika adalah wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan itelektual dan kebudayaan dengan atmosfir akademik yang terbuka terhadap pertukaran gagasan dan pengalaman pemikiran-pemikiran kritis dan visioner disertai sikap yang menjujungi tinggi kebebasan akademik dalam keanekaragaman keilmuan dan budaya. Memahami dengan baik potensi dan peranan Unika ini serta harapan-harapan masyarakat akan kontribusi Unika. Maka kami menyambut Rektor baru Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si  dengan penuh kegembiraan dan suka cita degan harapan besar untuk perkembangan Unika St. Paulus Ruteng yang transformatif, kolaboratif dan berkarakter.

Dr. Jelamu Ardu Marius M.Si yang hadir sebagai Perwakilan Gubernur NTT dalam upacara pelantikan Rektor juga menyampaikan  bahwa Pemprov NTT mengapresiasi kinerja pengurus yayasan karena telah mencegah Capital flight.

“Apresiasi dari pemerintah Provinsi NTT Kepada Bapa uskup dan semua dewan pengurus yayasan. Karena telah mencegah Capital flight terbangnya uang keluar Manggarai. Sehingga mahasiswa kita di Manggarai Raya tidak perlu ke Kupang, bali, ataupun Jawa lagi. Tetapi bisa belajar di kampus ini”, jelas Bapak Marius dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Herybertus Geradus Laju Nabit, S.E., M.A. menyampaikan kepada Romo Rektor untuk menitipkan anak-anak manggarai yang ada di lembaga Unika St. Paulus Ruteng untuk dapat menjadi anak yang mampu bersaing dan bertanggung jawab.

“Kita berharap anak-anak manggarai yang dididik di lembaga ini  akan mampu menjadi anak-anak yang mampu bersaing. Mampu bersaing artinya mampu mengabil tindakan lalu rela dan iklas berkorban yang sulit kita bicara hari-hari ini. Kalau orang korban bertepuk tangan tapi kalau kita yang diminta berkorban agak sulit.

Kami berharap anak-anak manggarai yang dididik di lembaga ini adalah anak manggarai yang dapat bertanggung jawab. Di mana, dia dalam kesuksesan ia akan senang dan dalam kegagalan ia akan mengambil tanggung jawab. Saya kira degan hal itu, maka  visi transformatif, kolaboratif, dan berkarakter akan memberi sumbagan berarti bagi visi mamggarai yang maju, adil, dan berdaya saing untuk menunju visi republik indonesia maju 2045 akan terwujud”,pinta Bapak Bupati Manggarai dalam sambutannya.

Urutan Acara Pelantikan Pejabat Struktural:

1.Pembacaan SK Pejabat Struktural
2.Pengambilan Sumpah Pejabat Struktural
3.Pelantikan Pejabat Struktural
4.Penandatanganan Berita Acara
5.Menyanyikan Lagu Mars Unika St. Paulus Ruteng

Pantauan media ini, upacara pelantikan ini dilakukan dengan cara live hybrid (menggabungkan elemen virtual dan fisik artinya ada audiens yang hadir secara fisik di tempat acara, sementara ada juga audiens yang menghadiri acara secara virtual).


x

Check Also

Jelang Liburan Nataru, Rektor Unika Ruteng Sampaikan Pesan Natal Tahun 2023

Ruteng, Unika Santu Paulus – Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyampaikan Pesan ...