Unika Santu paulus ruteng

Penyebaran Covid-19 di Indonesia Semakin Meluas, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng Perpanjang Masa WFH

Foto: Kampus Unika Santu Paulus Ruteng

Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengeluarkan instruksi baru yang memperpanjang masa pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dari rumah (Work From Home/WFH) bagi segenap sivitas akademika Unika Santu Paulus Ruteng, Selasa (31/03/2020). Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap semakin meluasnya penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Berikut bunyi instruksi tersebut:

INSTRUKSI REKTOR
UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG
NOMOR: 2 TAHUN 2
020

TENTANG

PERUBAHAN ATAS INSTRUKSI REKTOR UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG NOMOR 1 TAHUN 2020
TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN,
LAYANAN AKADEMIK, DAN LAYANAN UMUM
UNTUK PENCEGAHAN PENYEBARAN
CORONA VIRUS DESEASE 2019 (COVID-19)
DI UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA
SANTU PAULUS RUTENG

REKTORUNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG

Sehubungan dengan semakin luasnya penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, maka diperlukan sikap kesiap-siagaan, kewaspadaan dan langkah-langkah cepat untuk mencegah penularan di lingkungan kampus; dan menindaklanjuti:

  1. Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Hk.Nomor.02.01/Menkes/199/2020 Tanggal 12 Maret 2020 Tentang Komunikasi Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
  2. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) pada Satuan Pendidikan,
  3. Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A. Tahun 2020 tentang Perpanjangan Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Akibat Virus Corona di Indonesia
  4. Instruksi Gubernur NTT nomor BU.443/02/BPP/2020 tentang Pembatasan Akses bagi WNI dan WNA Pelintas Batas di PLBN Terpadu dan PLB di Wilayah NTT.
  5. Surat Edaran Gubernur NTT Nomor. BU.440/03/Kesehatan Prov.NTT/2020, tanggal 10 Maret 2020 tentang Upaya Penjegahan Penularan Covid-19 di tempat Kerja.
  6. Instruksi Pastoral Keuskupan Ruteng Nomor: 016/I.1/III/2020, tanggal 27 Maret 2020 tentang Pelayanan Pastoral di tengah Wabah Covid-19 (Corona)
  7. Keputusan Senat Dosen Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng tanggal 16 Maret 2020.

Maka dipandang perlu melakukan perubahan atas Instruksi Rektor Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Layanan Akademik dan Layanan Umum Untuk Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng dan dengan ini menginstruksikan hal-hal berikut kepada:

1) Para Wakil Rektor
2) Para Dekan
3) Para Ketua Program Studi
4) Para Pimpinan Unit
5) Para Dosen
6) Para Tenaga Kependidikan
7) Para Karyawan
8) Para Mahasiswa

KESATU : Instruksi Rektor Unika Santu Paulus Ruteng Nomor 1 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Layanan Akademik, dan Layanan Umum Untuk Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, diperpanjang sampai dengan tanggal 18 April 2020.

KEDUA : Selama masa ini, perkuliahan tatap muka digantikan dengan pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah (take home course).

KETIGA : Kuliah praktikum, magang, katakese, PkM, dan kegiatan lain di luar kampus ditangguhkan sampai tanggal dengan 18 April 2020 atau sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

KEEMPAT : Layanan akademik dan nonakademik di kampus ditiadakan sampai tanggal 18 April 2020 atau sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Selama masa ini, para dosen, pegawai, mahasiswa tidak diperkenankan melakukan layanan/aktivitas yang melibatkan interaksi banyak orang di lingkungan kampus.

KELIMA : Pelaksanaan bimbingan Tugas Akhir (Skripsi) dilaksanakan secara online dan atau diatur lebih lanjut oleh ketua program studi masing-masing dengan memperhatikan ketentuan pemerintah tentang physical distancing.

KEENAM : Para dosen, pegawai, dan mahasiswa dilarang berpergian ke luar kota/daerah sampai tanggal 18 April 2020 atau sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

KETUJUH : Selama masa ini, para dosen dan pegawai diwajibkan untuk melaporkan keberadaanya melalui aplikasi share location kepada masing-masing pimpinan prodi/unit pada setiap hari kerja yaitu pada pagi hari (pukul 07.00 Wita) dan siang hari (pukul 14.00 Wita)

KEDELAPAN : Pelayanan campus ministry dan atau misa kampus serta kegiatan kemahasiswaan lain ditiadakan sampai tanggal 18 April 2020 atau sampai ada pemberitahuan selanjutnya

KESEMBILAN : Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) atau Asistensi Paskah tahun ini dibatalkan. Semua bentuk latihan kor/acara untuk mempersiapkan PkM/Asistensi Paskah di dalam atau di luar kampus ditiadakan. Lembaga akan mengeluarkan surat resmi kepada semua stasi dan paroki yang direncanakan menjadi lokasi PkM/Asistensi Paskah perihal pembatalan ini.

KESEPULUH : Semua sivitas akademika diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan dan membatasi aktivitas serta interaksi dengan banyak orang di luar rumah.

KESEBELAS : Semua civitas akademika Unika Santu Paulus Ruteng diharapkan mematuhi semua imbauan pemerintah pusat/daerah atau pihak berwenang dalam upaya pencegahan penyebaran penularan Covid-19 ini. Salah satunya. dengan mengindahkan instruksi pemerintah tentang physical distancing dan Protokol Pencegahan Covid-19 yang dapat diakses melalui tautan ini https://www.kemkes.go.id/article/view/20031700001/Dokumen-Resmi-dan-Protokol-Penanganan-COVID-19.html

Instruksi Rektor ini mulai berlaku pada tanggal dikeluarkan, dengan ketentuan akan ditinjau kembali sesuai perkembangan situasi.

Dikeluarkan di : Ruteng
Pada tanggal : 29 Maret 2020

UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA
SANTU PAULUS RUTENG
REKTOR

DR. YOHANES SERVATIUS LON, M.A.

NIDN: 08-050559-02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Unika Santu Paulus Ruteng Sediakan Empat Cara Pendaftaran bagi Calon Mahasiswa Baru

Foto: Gedung Utama Unika Santu Paulus Ruteng yang Beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor ...