Unika Santu paulus ruteng

Persiapkan Mahasiswa ke Lokasi KKN, Unika Santu Paulus Ruteng Adakan Kegiatan Pembekalan

Foto: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng dan Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Bersama Panitia KKN saat Kegiatan Pembekalan KKN, Senin (7/12/2020)

Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, menggelar kegiatan pembekalan bagi mahasiswa yang akan menjalankan KKN, Senin (7/12/2020). Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 5 Gedung Utama Unika Santu Paulus tersebut, dijalankan secara luring dan daring. Kegiatan secara luring diikuti oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa yang menjadi kordinator setiap kelompok peserta KKN. Sementara kegiatan secara daring diikuti oleh mahasiswa peserta KKN lainnya dengan menggunakan media zoom meeting. Kegiatan pembekalan yang bernaung di bawah tema “Menata Hidup dalam Peradaban Baru” ini juga dihadiri oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng dan Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, M.A. dalam sambutan pada awal kegiatan mengapresiasi semua pihak yang sudah terlibat menyukseskan kegiataan KKN tahun ini. “Saya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah memungkinkan rangkaian kegiatan KKN ini berjalan baik walaupun kita ada di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19 ini. Terima kasih kepada Romo Rektor yang sudah memutuskan KKN tetap dijalankan pada tahun ini. Terima kasih kepada Keuskupan Ruteng, Direktur Puspas dan Para Pastor Paroki yang sudah antusias menjadi mitra yang menyediakan lokasi untuk kegiatan KKN tahun ini.” Pada kesempatan yang sama Pastor Maks juga secara khusus berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Gugus Tugas Covid-19 yang memberikan pelayanan rapid test bagi semua mahasiswa peserta KKN. “Terima kasih khusus saya sampaikan kepada Pemda Manggarai melalaui Satuan Tugas Covid-19 yang sudah mengabulkan permohonan kita untuk melakukan rapid test bagi 600-an mahasiswa peserta KKN. Memberi pelayanan untuk orang sebanyak ini di tengah banyak kesulitan tentu hal yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca juga: Panitia Memastikan Peserta KKN UNIKA Santu Paulus Non-Reaktif Covid-19

Sementara itu, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes S. Lon, M.A. dalam arahannya saat secara resmi membuka kegiatan ini menggarisbawahi 4 (empat) hal sebagai pesan bagi dosen pembimbing dan mahasiswa peserta KKN. “Perkenankan saya menyampaikan beberapa pesan kepada kita semua. Pertama, saya meminta agar para mahasiswa dan dosen memanfaatkan peluang KKN ini secara bertanggung jawab, maksimal, dan produktif. Kedua, Saya meminta pada dosen dan mahasiswa untuk bersikap cerdas di tengah lingkungan KKN. Ketiga, Saya meminta agar kita semua melaksanakan KKN dengan mengikuti standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Keempat, saya meminta para dosen dan mahasiswa yang melaksanakan KKN di Manggarai dan Manggarai Barat agar mengikuti dan menanggapi peristiwa politik Pilkada tahun 2020 secara arif dan adil” tegas Rektor Yohanes. Selanjutnya, Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam seluruh proses KKN ini mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya.

Kegiatan Pembekalan KKN yang belangsung dari pukul 08.00 s.d. 15.30 Wita ini diisi dengan rangkaian pemaparan materi baik dari internal Panitia KKN maupun dari pihak luar. Dari internal, Panitia KKN menyampaikan materi terkait teknis pelaksanaan kegiatan mulai dari persiapan hingga evaluasi atau penilaiannya. Sementara itu, pemaparan materi dari pihak luar terdiri dari nara sumber dari Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Ruteng dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai. Nara sumber dari Puspas Keuskupan Ruteng, Dr. Martin Chen, membawakan materi tentang penjelasan pengisian instrumen pendataan atau sensus umat di setiap paroki. Nara sumber dari Dinkes Kabupaten Mangggarai, Ibu Asumta  Ene Jone, S.Si., Apt. memaparkan materi tentang pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan pembekalan KKN ini diakhiri dengan Perayaan Ekaristi atau Misa Perutusan

Seperti diberitakan sebelumnya, mahasiswa KKN FKIP Unika Santu Paulus Ruteng ini akan diterjunkan ke 86 paroki/praparoki di seluruh wilayah Keuskupan Ruteng. Setiap kelompok terdiri dari 6-7 mahasiswa. Masing-masing kelompok didampingi oleh satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN tahun ini akan berlangsung dari tanggal 12 Desember sampai dengan 31 Desember 2020. (Adm: RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FIKP Unika Santu Paulus Ruteng Jalin Kerja Sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai

Foto: Dekan FIKP Unika Santu Paulus Ruteng, David Djerubu, MA berjabat tangan dengan Kadis Pertanian ...