Unika Santu paulus ruteng

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika Santu Paulus Kembangkan Model Pembelajaran Enterpreneursip in Tourism

Foto: Profesor Anita Lie saat menyapaikann materi “ Developing Enterpreneurship in Tourism Course Design”

Ruteng, Unika Santu Paulus – Pada hari Jumat (27/08/2021), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggaran worshop pengembangan model pembelajaran Entepreneurship in Tourism. Kegiatan workshop yang disponsori oleh Kemendikbud-ristek ini menghadirkan Prof. Dra. Anita Lie, M.A., ED.d dari Univeristas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai pemateri. Kegiatan ini melibatkan para dosen program Studi Pendidikan Bahasa Inggris beserta 21 orang mahasiswa yang terlibat dalam program Wirausaha Terbimbing. Kegiatan wirausaha terbimbing ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan di Program Studi ini.

Dalam paparannya, Profesor Anita Lie menyampaikan appresiasi yang setinggi-tingginya untuk Unika Santu Paulus Ruteng yang telah memenangkan Hibah PKKM ini. Menurutnya, hibah ini adalah salah satu hibah yang paling bergensi dan tidak semua kampus berpeluang mendapatkan hibah ini. lebih lanjut Profesor Anita mengatakan, pengembangan inovasi pembelajaran berbasis kewirausahaan yang ditargetkan dalam kegiatan ini adalah langkah strategis yang bisa diupayakan oleh prodi untuk mendukung pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Menurutnya, Pengembangan pembelajaran berbasis kewirausahaan dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka akan menjadi nilai tambah bagi Program Studi ini. Selain bermanfaat bagi mahasiswa dalam lingkup internal prodi, model pembelajaran ini akan menjadi tawaran menarik bagi mahasiswa di luar prodi dan luar Perguruan Tinggi dalam kerangka Merdeka Belajar.

Foto: Peserta kegiatan Workshop ““Developing Enterpreneurship in Tourism Course Design”

Raimundus Beda, S.FIl. M.Hum, selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa Pengembangan model pembelajaran Enterpreneurship in Tourism merupakan bagian dari komitmen Prodi untuk ikut menciptakan lulusan-lulusan Prodi yang mampu bersaing dalam industri pariwisata. Hal senada juga disampaian oleh Yosefina Rosdiana Su, S.S, M.Pd. Yosefina menjelaskan bahwa, perkembangan pariwisata di wilayah NTT telah membuka  peluang kerja bagi lulusan Prodi Pendiidkan Bahasa Inggris. Dengan kompetensi Bahasa Inggris yang dimiliki, lulusan prodi ini dapat mengambil bagian dalam industri pariwisata. lebih lanjut Yosefina menyampaikan, selain kemampuann berbahasa Inggris, mahasiswa juga perlu dibekali dengan keterampilan berwirausaha. Melalui kegiatan ini, prodi berharap dapat mempersiapkan lulusan-lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi berbahasa Inggris tetapi juga memiliki keterampilan berwirausahan terutama dalam memanfaatkann peluang pariwisata yang ada. 

x

Check Also

Sukses Kegiatan PKM-PM, Dr. Leonardus Par, M.Pd: Terima Kasih LPPM Unika Santu Paulus Ruteng

Foto: Mahasiswa Prodi PBI bersama Dosen Pembimbing, Dr. Leonardus Par dalam acara peluncuran website di ...