Unika Santu paulus ruteng

Prodi Pendidikan Guru PAUD FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Melaksanakan Kegiatan Pembekalan Magang I

Foto: Ketua Prodi PG PAUD Fransiskus De Gomes, S.Fil., M.Pd menyampaikan materi pada Pembekalan Magang I Prodi PG PAUD, Sabtu (14/3/2020)

Program Studi Pendidikan Guru PAUD melaksanakan pembekalan Magang I bertempat di Aula Van Roosmalen 12 Unika Santu Paulus Ruteng, Sabtu (14/3/2020) pagi. Nikolaus Budiman, S.Ag., MM selaku ketua tim kerja Magang I mengatakan bahwa peserta Magang I Tahun Akademik 2019/2020 berjumlah 119 orang yang dibimbing oleh 15 orang dosen.Sementara itu, satuan PAUD yang menjadi mitra Magang I berjumlah 18 satuan PAUD yang berada di kabupaten Manggarai. Peserta akan melaksanakan Magang I mulai 16 Maret s.d. 28 Maret 2020.

Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si di tengah kesibukannya berkesempatan hadir dan membuka pembekalan Magang I  Program Studi Pendidikan Guru PAUD. Beliau mengatakan bahwa kegiatan Magang I merupakan momen penting bagi mahasiswa untuk mulai berproses dengan guru-guru yang jauh lebih berpengalaman dalam praktik nyata dunia Pendidikan Anak Usia Dini. “Saya berharap kepada mahasiswa peserta Magang I agar merasakan “taste” yang lain dari proses pendidikan, mengasah “interese”, mengasah soft skill dan menciptakan optimisme sebagai calon pendidik anak usia dini.” ujarnya. Menurut pimpinan FKIP ini, mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan Magang I. Pengalaman yang akan diperoleh menunjukkan bahwa meskipun dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Guru PAUD bobot SKS Magang I hanya 1 SKS namun terdapat bobot “SKS” lain yang jauh lebih besar, yaitu “SKS kehidupan”.

Dalam kegiatan pembekalan ini,  Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fransiskus De Gomes, S.Fil., M.Pd menyampaikan materi tentang  Magang I dalam Struktur Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Unika Santu Paulus Ruteng. “Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Program Magang I dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi calon guru PAUD. Peningkatan kompetensi ini diperoleh melalui tahapan observasi dan refleksi terkait kultur sekolah, kompetensi yang harus dimiliki guru PAUD, kompetensi pedagogik dan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik anak usia dini.” urainya. Lebih lanjut ia menyatakan bahda Magang I juga merupakan ajang bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan beradaptasi dengan dunia kerja dan mengasah daya saing dengan melakukan evaluasi maupun refleksi terhadap kemampuan yang dimiliki saat ini.

Melalui kegiatan pembekalan ini, mahasiswa Peserta Magang I dibekali dengan beberapa prinsip dan pedoman praktis pelaksanaan Magang I. Adriani Tamo Ina Talu, M.Pd selaku sekretaris panitia Magang I menekankan kembali Magang I sebagai “learning by doing”.  “Fokus kegiatan Magang I adalah melakukan observasi dan refleksi, yaitu membandingkan apa yang terjadi di tempat Magang dengan teori yang diperoleh selama perkuliahan. Observasi dan refleksi dapat dilakukan secara optimal apabila mahasiswa mampu membangun komunikasi yang efektif dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pendamping Magang. “ jelasnya.

Selanjutnya, Petrus Redy Partus Jaya, S.Fil., M.Pd memberikan arahan dan petunjuk pengisian instrumen oservasi Magang I. Terdapat sejumlah instrumen yang harus diisi oleh mahasiswa peserta Magang I, yaitu instrumen observasi kultur sekolah, instrumen observasi kompetensi guru, dan instrumen observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. “Melalui kegiatan observasi ini kalian diharapkan mendapatkan gambaran nyata terkait kompetensi yang harus dimiliki calon guru PAUD dan suasana pembelajaran di PAUD. Hal ini dapat menjadi titik tolak pengembangan ilmu dan keterampilan Anda semua PG PAUD untuk menjadi calon guru yang profesional.” terangnya.

Setelah penyampaian materi pembekalan, mahasiswa bersama dosen pembimbing Magang I menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah tempat Magang I. Penyusunan rencana kegiatan Magang ini menjadi petunjuk bagi mahasiswa dalam memanfaatkan waktu semaksimal mungkin selama berada di tempat Magang. Pada akhir rangkaian pembekalan Magang I, mahasiswa peserta Magang I dan para dosen Pendidikan Guru PAUD merayakan perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Romo Ignatius F. Bora, Pr. (Cont/Adm: IN/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Unika Santu Paulus Ruteng Sediakan Empat Cara Pendaftaran bagi Calon Mahasiswa Baru

Foto: Gedung Utama Unika Santu Paulus Ruteng yang Beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor ...