Unika Santu paulus ruteng

Prodi PG PAUD Adakan Pembekalan Magang 1

Foto: Tangkapan Layar Pelaksanaan Pembekalan Magang 1 Mahasiswa Prodi PG-PAUD pada Sabtu, 13/3/2021

Mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini (Prodi PG PAUD), Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng mengikuti pembekalan Magang 1 pada Sabtu (13/3/2021). Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui platform media zoom meeting dan live streaming di kanal YouTube PG PAUD Unika St. Paulus Ruteng.

Kegiatan pembekalan yang berlangsung pkl. 08.00-13.00 WITA diawali sambutan dari Ketua Panitia Magang 1 TA 2020/2021, Felisitas Ndeot, M.Pd. Ketua Panitia Magang 1 dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, di antaranya perbedaan pelaksanaan magang 1 kali ini dengan magang-magang sebelumnya. “Kali ini Magang 1 dilaksanakan secara daring. Mengingat situasi pandemi, mahasiswa diingatkan untuk tetap berada di tempat masing-masing dan diharapkan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah saat mengumpulkan data,” ujar Felisitas. “Terima kasih kepada orangtua dan lembaga juga panitia atas dukungan sehingga Magang 1 bisa terlaksana, meskipun dalam situasi yang kurang bersahabat”, imbuhnya. Beliau juga tidak lupa menyampaikan permintaaan maaf jika kinerja panitia kurang memuaskan.

Baca juga: Prodi PG PAUD Adakan Seminar Ilmiah Dosen

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Prodi PG PAUD, Fransiskus de Gomes, S. Fil., M.Pd. Pada kesempatan ini, De Gomes menyampaikan bahwa adanya pandemi covid-19 menyulitkan kegiatan pembelajaran. Namun, mahasiswa diharapkan untuk tidak pasrah begitu saja dengan situasi dan kondisi yang ada. “Adanya pandemi ini mengharuskan mahasiswa untuk terus berkreasi dan berinovasi agar bisa keluar dari kungkungan pandemi covid-19. Oleh karena itu, Magang 1 diupayakan oleh panitia untuk tetap dilaksanakan meskipun secara daring,” kata De Gomes. Adapun manfaat kegiatan Magang 1, yaitu mengingatkan kembali dan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama 5 semester terkait kompetensi yang dibutuhkan guru, pengelola, dan pengasuh PAUD. Selain itu, magang 1 memberikan petunjuk dan arah yang jelas bagi mahasiswa serta memupuk sikap yang baik. Akhir sambutan, Ketua Prodi mengucapkan terima kasih untuk semua pihak sekaligus membuka rangkaian kegiatan Magang 1 secara resmi.

Baca juga: Unika St.Paulus Bersama PKK Manggarai Rayakan IWD dengan Webinar

Selanjutnya, pemaparan materi pertama terkait Kedudukan Magang 1 dalam Kurikulum Prodi PG PAUD disampaikan oleh Fransiskus de Gomes, S. Fil., M.Pd. Magang 1 dilaksanakan berdasarkan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Adapun tujuan Magang 1 adalah membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan melalui pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk membangun kompetensi dasar (pedagogik, kepribadian, dan sosial), pengamatan untuk memperkuat pemahaman mengenai peserta didik, dan pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas, serta refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran. “Namun, kali ini mempertimbangkan pelaksanaan kegiatan magang pada masa pandemik, panitia magang 1 melakukan penyesuaian pada dua poin. Pengamatan kultur sekolah dan pengamatan langsung proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring melalui data yang diperoleh dari satuan PAUD”, ujar De Gomes.

Pemateri kedua, Beata Palmin, M.Pd. menjelaskan terkait panduan magang 1. Beata, menyampaikan beberapa hal seperti pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Beata juga menekankan tentang pentingnya etika dan bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan sekolah mitra. “Meskipun dilakukan secara daring, kalian tetap menaati tata tertib tentang pakaian, perilaku, dan kehadiran,” tutup Beata.

Kesempatan yang sama, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab terkait materi yang dibawakan pemateri 1 dan 2. Selanjutnya, sie pendataran, Theresia Alviani Sum, M.Pd. membacakan pembagian kelompok Magang 1 beserta Dosen Pembimbing Magang (DPM) masing-masing kelompok. 30 sekolah akan menjadi mitra sasar kegaiatan Magang 1 kali ini. (Cont/Adm: AA/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Civitas Academica Unika St. Paulus Ruteng Berduka

Foto: Poster Ucapan Belasungkawa dari Sivitas Akademika Unika Santu Paulus Ruteng untuk Alm. Bapak Kanisius ...