Unika Santu paulus ruteng

Prodi SEP Unika Ruteng Selenggarakan Ujian Praktikum Kewirausahaan

Ruteng-Unika Santu Paulus-Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (SEP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan ujian praktikum mata kuliah Kewirausahaan (Jumat, 18/6/2021) bertempat di Aula Missio, Unika Santu Paulus Ruteng. Pelaksanaan ujian praktikum tersebut merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran mata kuliah kewirausahaan yakni untuk menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan agribisnis.

Foto: Dosen dan Mahasiswa Prodi SEP Unika Ruteng seusai pelaksanaan Ujian Praktikum di Aula Missio, Jumat (18/06/2021) (Sumber: Dok. Prodi SEP)

Fabianus Gangkur, S.Fil.,M.P sebagai koordinator sekaligus dosen pengampuh mata kuliah kewirausahaan menegaskan, “Pelaksanaan praktikum bermaksud agar setelah menyelesaikan perkuliahan kewirausahaan, mahasiswa tidak hanya sekedar memiliki teori tetapi lebih kepada memiliki spirit dan keterampilan kewirausahaan. Pelatihan keterampilan kewirausahaan ini kiranya menjadi cikal bakal munculnya benih-benih UKM yang dapat menunjang kemajuan perekonomian masyarakat. Selain itu, mahasiswa dengan itu diajak secara perlahan untuk mendidik diri menjadi pribadi pencipta kerja atau job creator bukan sekedar pencari kerja atau job seeker.”

Lebih lanjut dia mengatakan, berhubung pelaksanaan praktikum ini masih dalam susasana Covid-19, maka pelaksnaan praktikumpun mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Untuk mengurangi kerumunan di kampus, maka proses pembuatan produk agribisnis tidak diselenggarakan di kampus tetapi di rumah masing-masing. Mekanismenya, mahasiswa mendokumentasikan proses pengolahan dan pembuatan produk mereka di rumah masih-masing dalam bentuk Video. Video proses pembuatan dan produk hasil olahan mahasiswa kemudian dibawa ke kampus untuk dinilai.

Ada tujuh kriterai penilaian ujian praktikum kewirausahaan dengan bobot masing-masing yakni orisinalitas Ide 30%, potensi untuk dipasarkan 20%, daya saing 20%, kesesuaian pasar 10%, manfaat sosial 10%, cita rasa 5% dan video proses pembuatan produk 5%.

Foto: Pelaksanaan Ujian Praktikum Prodi SEP di Aula Missio, Jumat (18/06/2021) (Sumber: Dok. Prodi SEP)

Hadir sebagai tim penilai dalam ujian praktikum tersebut adalah empat orang dosen Sosial Ekonomi Pertanian yakni Ketua Prodi Ronaldus Don Piran, S.P.,M.P, sekretaris Prodi SEP bapak Polikarpus Payong, S.P.,M.P, dan dosen pengampuh mata kuliah Kewirausahaan bapak Paulus Every Sudirman, S.P.,M.M.A dan Fabianus Gangkur, S.Fil.,M.P.

Sementara itu, mahasiswa yang terlibat dalam praktikum kali ini, ada 16 kelompok dari kelas 2019A dan 2019B. Sembilan kelompok dari kelas 2019A dan 7 kelompok 2019B. Masing-masing kelompok beranggotakan 3-4 orang per kelompok. Setiap kelompok memiliki Ide dan olahan produk agribisnis yang berbeda setelah mereka melakukan analisis pasar untuk menggali ide usaha dan memberikan sentuhan nilai tambah (value added) baik dari segi desain produk maupun dari aspek pemasaran.

Menanggapi praktikum ini, para mahasiswa secara umum merasa senang karena dalam dan melalui kegaitan ini mahasiswa/I dilatih untuk menganalisis ide bisnis sekaligus merealisasikan ide usaha mereka. Bahkan ada kelompok yang sudah berhasil memasarkan produk mereka secara online melalui media sosial ketika mereka mempersiapkan praktikum ini. “Kami senang, ketika kami memposting persiapan produk bubuk kopi susu kedelai untuk praktikum kewirausahaan melalui media sosial, kami justru mendapat permintaan dan laku terjual sebanyak lima puluh ribu rupiah. Lumayan!”, tegas Ana Midan, komisaris 2019A.

Pelaksanaan kegiatan ini tentu diharapkan akan menjadi lebih baik lagi ke depannya baik dari persiapan maupun saat pelaksanaan demi menumbuhkembangkan semangat berwirausaha mahasiswa. (Kont/Adm: FG/RN)

x

Check Also

TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN,

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MELAKSANAKAN YUDISIUM SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021 MELALUI ZOOM MEETING ...