Unika Santu paulus ruteng

Prodi Teologi Selenggarakan Lokakarya Penyusunan  Kurikulum MBKM

Foto: Peserta lokakarya Kurikulum MBKM Prodi Teologi Unika Santu Paulus Ruteng seusai pelaksanaan kegiatan, Senin (19/12/2022)

Ruteng, Unika Santu Paulus Ruteng – Program Studi (Prodi) Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmy Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan lokakarya  penyusunan kurikulum MBKM pada tanggal 19 Desember 2022 di Aula kampus Unika Santu Paulus Ruteng. Peserta lokakarya adalah dosen dan tenaga kependidikan Prodi Pendidikan Teologi, perwakilan alumni, pengguna lulusan, dan perwakilan mahasiswa.

Rangkaian acara lokakarya Kurikulum MBKM dimulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 Wita. Lokakarya dibuka secara resmi oleh Pater Oswaldus Bule, Lic. Paed sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Teologi. Dalam sambutannya, Pater Oswaldus menyatakan bahwa kegiatan lokakarya ini merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan budaya mutu Program Studi Pendidikan Teologi. kegiatan ini juga sebagai bentuk respons positif terhadap perkembangan di bidang pendidikan. Karena itu Pater Oswaldus meminta para peserta lokakarya  terlibat aktif agar bisa menghasilkan kurikulum yang bermutu.

Pemateri dalam lokakarya ini adalah Dr. Hendrikus Midun, S.Fil., M.Pd. Selaku penanggung jawab kurikulum Prodi Pendidikan Teologi, Dr. Hendrik mempresentasikan rancangan kurikulum MBKM yang telah disiapkan. Rancangan kurikulum ini juga memperhatikan kesepakatan bersama Asosiasi Perdikkati (Perhimpunan Pendididikan Keagamaan Katolik Indonesia). Dalam  presentasinya, ia mulai dengan menjelaskan visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Teologi. selanjutnya bapak Hendrik menjelaskan evaluasi kurikulum, landasan kurikulum, standard kompetensi lulusan, aktivitas MBKM. Presentasi lalu ditutup dengan penjelasan tentang struktur kurikulum.

Lokakarya ini dipandu oleh moderator Fransiskus Sales Lega, M.Th. Sesudah presentasi rancangan kurikulum MBKM, moderator membuka kesempatan bagi para peserta lokakakarya untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan input bagi penyempurnaan rancangan kurikulum yang telah dipresentasikan.

Pada sesi diskusi, beberapa peserta mengajukan hal-hal berikut. Romo Bone Rampung sebagai Sekretaris Yayasan Sukma Pusat mengajurkan CPL dan CPMK setiap program studi yang ada di lingkup Unika Santu Paulus Ruteng segera disosialisasikan kepada para mahasiswa agar mereka mengetahui matakuliah yang mereka bisa ambil di program studi lain di dalam PT. Ibu Hendrina Sriasrin, alumi Prodi Pendidikan Teologi, menganjurkan dua hal. Pertama,  terkait seni. Menurut ibu Hendrina, Prodi hendaknya tidak hanya mengajarkan seni musik dan seni suara, tetapi juga seni tari dan seni rupa. Karena dalam kurikulum dari tingkat dasar sampai menengah sekarang juga mengajarkan seni tari dan seni rupa. Kedua, lamanya waktu magang. Menurut ibu Hendrina, kegiatan magang mahasiswa sebaiknya lebih lama lagi tidak seperti magang sebelumnya. Sementara itu, bapak Tarsisius Hurmali, alumni senior Prodi Pendidikan Teologi menganjurkan beberapa hal berikut: pertama, lulusan Prodi Pendidikan Teologi harus melihat Injil sebagai buku kerja, bukan hanya sebagai buku doa karena dalam injil ada begitu banyak nilai yang bisa menjadi inspirasi hidup. Kedua, kurikulum Prodi perlu memperkuat ajaran sosial Gereja. Guru agama Katolik tidak hanya mendidik orang masuk surga, tetapi juga bagaimana membawa orang mengalami Kerajaan Allah di dunia ini. Ketiga, kurikulum program studi juga hendaknya memperkuat ketrampilan public speaking. Ketrampin berbicara di depan umum menjadi hal yang sangat penting untuk lulusan Prodi Pendidikan Teologi.

Pater Oswaldus Bule, Lic. Paed sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Teologi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan seluruh rangkaian acara lokakarya ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada Romo Ketua Yaspar, Romo Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, dan pnitia kecil yang telah menyiapkan lokakarya  ini dengan baik. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pemateri , para alumni dan mahasiswa yang terlibat aktif dalam lokakarya ini. 

x

Check Also

Jelang Wisuda, Unika Ruteng Bekali Calon Wisudawan dengan Rekoleksi

Foto: RD Edi Menori, Pr saat memberikan rekoleksi kepada calon wisudawan Unika Santu Paulus Ruteng, ...