Unika Santu paulus ruteng

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng Resmi Meraih Jabatan Profesor Bidang Ilmu Religi dan Budaya

Foto: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A., Resmi Menyandang Gelar Guru Besar Ilmu Religi dan Budaya

Ruteng, Unika Santu Paulus – Kabar  gembira dan membanggakan kembali datang dari kampus  Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Senin (25/10/2021). Rektor Unika Santu Paulus Ruteng,  Yohanes Servatius Lon, resmi meraih gelar  Guru Besar atau Profesor Bidang Ilmu Religi dan Budaya. Raihan jabatan akademik tertinggi itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor 64673/MPK.A/KP.05.01/2021 tertanggal 5 Oktober 2021.

Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A sendiri dalam pernyataan pribadinya mengungkapkan rasa syukur dan gembira atas pencapaian ini. Baginya gelar dan jabatan tersebut merupakan buah dari perjuangan ilmiah yang panjang dan penuh kerja keras. “Saya senang dan gembira bahwa saya bisa mencapainya. Ini merupakan perjuangan ilmiah yang menuntut kerja keras, kesabaran dan kearifan”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pencapaiannya ini. Saya mengucapkan terimakasih kepada LLDikti XV, Civitas Akademika  Unika Santu Paulus teristimewa mereka yang telah mendorong dan membantu saya selama proses pengusulannya. Semoga pencapaian ini ada manfaat untuk kemajuan lembaga dan kita semua” imbuhnya.

Kabar pencapaian jabatan guru besar Rektor Unika Santu Paulus Ruteng ini juga disambut dengan penuh rasa syukur oleh segenap keluarga besar Unika Santu Paulus Ruteng. Ucapan syukur dan selamat disampaikan oleh para dosen, pegawai, dan karyawan kepada Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A.

Wakil Rektor II Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd. dalam keterangan tertulisnya menyatakan rasa bangga dan mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A. atas pencapaian jabatan akademik tertinggi tersebut “Atas nama sivitas akademika Unika Santu Paulus Ruteng, saya selaku Wakil Rektor II yang membidangi kelembagaan dan sumber daya (SDM, sarpras, dan keuangan) mengucapkan profisiat bagi Rektor Unika Santu Paulus Ruteng yang sudah mencapai prestasi tertinggi dalam jenjang kepangkatan dosen sebagai profesor. Prestasi ini tentu saja membanggakan bagi lembaga Unika Santu Paulus Ruteng karena merupakan buah dari usaha, kerja keras, dan kerja cerdas dari Romo John dalam menapaki karier sebagai dosen baik selama di STKIP Santu Paulus Ruteng maupun Unika Santu Paulus Ruteng’, terangnya.

Dr. Marselus mengharapkan prestasi ini dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh sivitas akademika Unika Santu Paulus Ruteng. “Kesetiaan terhadap tugas sebagai dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi secara konsisten dari Romo John patut diacungkan jempol dan mudah-mudahan menjadi energi positif penyemangat bagi semua dosen yang lain untuk tetap setia melaksanakan tridharma perguruan tinggi dan capaian-capainnya yang bermutu sehingga pada gilirannya, bisa menyusul profesor-profesor yang lain di perguruan tinggi ini. Tugas dosen saat ini tidaklah mudah sebagai pelaksana dan ujung tombak tridharma perguruan tinggi. Jika dikaitkan dengan capaian indikator kinerja perguruan tinggi, dari delapan capaian indikator kinerja perguruan tinggi, lima di antaranya berkaitan langsung dengan tugas pokok dosen dalam pelaksanaan tridharma. Maka maju mundurnya sebuah perguruan tinggi terletak di tangan dosen-dosen yang berkualitas”, urainya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Inosensius Sutam menyatakan bahwa pencapaian pengangkatan Rektor Unika Santu Paulus Ruteng merupakan hal yang sangat membanggakan dan menjadi bagian dari pertanggungjawaban intelektualitas lembaga keapada publik “Sangat bangga. Guru besar pertama PT kita. Ini kredit poin untuk perguruan tinggu yang ada di daerah. Pencapaian ini tentu memberikan harapan dan kepercayaan untuk UNIKA St. Paulus Ruteng. Intelektualitas kita bisa dipertanggungjawabkan di depan publik” katanya.

Dihubungi secara terpisah, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si mengatakan bahwa gelar dan jabatan akademik yang diraih Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A menjadi tanda bahwa Unika Santu Paulus Ruteng memasuki era baru. “Unika memasuki sebuah era baru dan penting dengan pencapaian Guru Besar dari Rm Rektor, sebagai titik pijak menuju center of excellence di NTT dan kawasan Timur Indonesia.” ujar Dr. Maks.

Unika Santu Paulus Ruteng berbangga dengan capaian ini dan akan terus untuk mendukung jenjang karier para dosen yang berkarya di lembaga ini agar suatu saat nanti semakin banyak dosen dapat mencapai jenjang tertinggi tersebut. Yayasan Santu Paulus Ruteng setiap tahun juga selalu menyediakan fasilitas berupa dana bagi para dosen untuk melaksanakan tridharma terutama bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dan berkualitas.

x

Check Also

Unika Santu Paulus Ruteng Mewisuda 608 Lulusan Sarjana dan Ahli Madya

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan acara puncak ...