Unika Santu paulus ruteng

Selenggarakan Lokakarya Riset dan Publikasi Internasional Bereputasi, Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Hadirkan Dua Profesor dari UPI Bandung

Foto: Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus bersama dua Profesor dari UPI Bandung usai kegiatan Lokakarya

Ruteng, Unika Santu Paulus – Penelitian dan publikasi merupakan nilai, visi dan tujuan dari Tri Dharma Unika Santu Paulus Ruteng. Sebagai lembaga yang memiliki komitmen dengan kualitas dan kompetensi dosen maka menghasilkan riset dan publikasi internasional bereputasi telah menjadi  sebuah kewajiban.

Atas semangat tersebut, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unika Santu Paulus Ruteng mengadakan lokakarya penyusunan riset dan publikasi pada jurnal internasional bereputasi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah bertaraf internasional.

Lokakarya riset dan publikasi ini, dilaksanakan di kampus Unika Santu Paulus Ruteng secara luring dan daring dari tanggal 03 – 04 Desember 2021. Pelaksanaan lokakarya secara luring untuk semua dosen prodi Pendidikan Matematika seadngkan lokakarya secara daring untuk semua dosen di luar prodi Pendidikan Matematika.

“Dosen Pendidikan Matematika sudah sering mempublikasikan karya ilmiah di jurnal bertaraf nasional tetapi belum banyak yang terbit di jurnalbertaraf internasional. Dengan adanya kegiatan lokakarya ini akan membantu dosen Pendidikan Matematika untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah yang bertaraf internasional ke depannya”, kata Romo Emilianus Jehadus, S.S., M.Pd saat memberikan sambutan sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Matematika.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh dekan FKIP, Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. Dalam sambutaanya Rm Maks menyoroti urgensi kegiatan lokakarya ini sebagai upaya untuk mendorongpara dosen dalam rangka meningkatkan kompetensinya menyusun riset dan publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Dosen prodi Pendidikan Matematika harus mengikuti kegiatan lokakarya ini dengan motivasi tinggi untuk kemajuan dan pengembangan prodi ke depannya, tandas Romo Maks.

Nara sumber dalam kegiatan ini adalah dua guru besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang memiliki reputasi tinggi dalam bidang publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Kedua guru besar tersebutadalah Prof. Dr. H. Yaya Sukjaya Kusumah, M.Sc. dan Assoc Prof. Dr. Dadang Juandi, M.Si.Selain teruji dalam menyusun riset dan menulis artikel di jurnal internasional bereputasi keduanya juga telah berpengalaman membimbing mahasiswa program doktor dalam menyusun riset dan jurnal internasional bereputasi.

Kedua guru besar itu rela datang jauh dari Bandung untuk membagikan ilmunya kepada dosen Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng. Dari laporan panitia kegiatan lokakarya, Eufrasia Jeramat, M.Pd., selaku ketua panitia, mengatakan, kedua guru besar akan membimbing dosen prodi Pendidikan Matematika untuk merancang proposal berkualitas dan menulis artikel ilmiah sampai bisa mensubmit tulisannya di jurnal terindeks bereputasi.

x

Check Also

Usai Diwisuda, 33 Lulusan Prodi Kebidanan Ikrarkan Sumpah Kebidanan

Foto: Prosesi Sumpah Kebidanan di Unika Santu Paulus Ruteng, Senin (15/11/2021) Ruteng, Unika Santu Paulus ...