Unika Santu paulus ruteng

Sukses Kegiatan PKM-PM, Dr. Leonardus Par, M.Pd: Terima Kasih LPPM Unika Santu Paulus Ruteng

Foto: Mahasiswa Prodi PBI bersama Dosen Pembimbing, Dr. Leonardus Par dalam acara peluncuran website di SMA Negeri 1 Poco Ranaka

Ruteng, Unika Santu Paulus – “Kami mengucapkan terima kasih kepada LPPM Unika Santu Paulus Ruteng yang sudah memberikan dana kepada kelompok ini. Dukungan dana dari Yayasan dan lembaga sangat memotivasi mahasiswa untuk bisa berkreasi dan berkontribusi kepada masyarakat luas. Dengan adanya hiba yang mahasiswa dapat memberi kontribusi positif bagi mahasiswa dalam hal tanggung jawab, berkreasi, dan mengasilkan sebuah produk yang sangat berguna. Kegiatan ini sangat positif sebagai bukti bahwa mahasiswa kita bisa melakukan sesuatu yang inovatif.”
Demikian diungkapkan Pembimbing Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), Dr. Leonardus Par, M.Pd saat dihubungi usai bersama Tim PKM-PM launching hasil karya mereka berupa Website milik SMA Negeri 1 Poco Ranaka di Mano, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Sabtu (18/9/2021).


Pa Leo, sapaan Dr. Leonardus Par, M.Pd juga memberi apresiasi atas kreativitas mahasiswa bimbingannya.
“Kegiatan hari ini (launching website: red.) merupakan finalisasi dari seluruh rangkaian kegiatan PKM-PM. Saya selaku pembimbing sangat apresiasi kepada tim PKM-PM karena seluruh proses, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasil berupa website SMAN 1 Poco Ranaka dikerjakan oleh mahasiswa. Dan pihak sekolah juga ssangat senang karena mereka telah memiliki website sekolah,” ungkap Dosen Prodi PBI ini.


Pa Leo, Dr. Leonardus Par, M.Pd juga dalam sambutannya menjelaskan keberadaan dan fungsi website .
“Website sekolah berfungsi, yang pertama sebagai media informasi. Semua informasi sekolah dapat dipublikasikan di website sehingga dapat diakses secara luas oleh para siswa, guru-guru, dan semua orang. Yang kedua, website juga sebagai media promosi sekolah. Bahwa nedia yang paling pasi untuk sebuah sekulah dikenal oleh khalayak umum adalah website sekolah. Dengan memiliki website sekolah siapa saja bisa mengakses semua informasi yang berhubungan dengan sekolah sehingga sekolah dapat dipromosi dan dikenal oleh khalayak umum. Dan lebih dari itu, kehadiran website sekolah merupakan tanda eksistensi sekolah, bahwa sekolah ini ada, sehingga orang melihat bahwa ternyata ada SMAN 1 Poco Ranaka. Mereka mencari di google nama SMAN 1 Poco Ranaka langsung dapat websitenya,” jelasnya.


Sementara, Ketua Pengembangan PKM, Yohanes Tresno Kurnianto saat dihubungi menyatakan pentingnya website untuk menjawabi kebutuhan informasi yang cepat. “Zaman sekarang website merupakan kebutuhan penting bagi suatu lembaga, instansi, organisasi, atau pun komunitas-komunitas dalam memberi informasi yang cepat dan akurat. Sehingga jarak bukan lagi halangan bagi banyak orang dalam mendapatkan informasi tentang sesuatu,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Tino, sapaan akrab Yohanes Tresno Kurnianto mengungkapkan bahwa kegiatan PKM-PM yang dilaksanakan adalah pembuatan website milik SMA Negeri 1 Poco Ranaka yang nantinya bisa bermanfaat bagi para pengguna, juga mengenalkan sekolah ke seluruh dunia. “Pembuatan website sekolah ini merupakan sebuah hasil kesepakatan bersama antara mahasiswa dan pihak SMA Negeri 1 Poco Ranaka. Website yang telah dibuat ini bertujuan untuk memberikan sebuah kemudahan masyarakat dalam mengenalkan produk unggulan Desa ke duni luar. Selain itu memberikan sebuah edukasi kepada masyarakat akan kebutuhan teknologi semacam ini untuk bisa bersaing dalam dunia modern yang sekarang ini.


PKM-PM ini merupakan kegiatan yang lolos hibah internal kampus, yakni didanai LPPM Unika Santu paulus Ruteng.
Sekarang, Tim PKM-PM masih membimbing pihak sekolah untuk dapat publikasikan luaran-luaran di website milik mereka.


Tim PKM-PM beranggotakan 5 orang mahasiswa, yakni Monika Jiul (ketua PKM), Yohanes Tresno Kurnianto, Marianus Epifarnus Agung, Indawati Nur Mahir, Yustina Sulastri Namul, dan 1 orang pembimbing, yakni Dr. Leonardus Par, M.Pd. Hasil dan bukti kegiatan PKM-PM Prodi PBI Unika Santu Paulus Ruteng berupa website SMAN 1 Poco Ranaka, yakni https://sman1pocoranaka.sch.id/.

x

Check Also

Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Magang di Sekolah

Foto: Magang Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng di SMPK Fransiskus Ruteng Ruteng, ...