Unika Santu paulus ruteng

Targetkan 10.000 Penerima, Program Vaksinasi Massal Unika Santu Paulus Resmi Dibuka

Foto: Salah seorang mahasiswi Unika Santu Paulus Ruteng menunjukkan kartu vaksin di depan Photoboot seusai menerima vaksin, Senin (13/09/2021)

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng memulai penyelenggaraan Program Vaksinasi Massal pada Senin (13/09/2021). Program Vaksinasi dengan target 10.000 penerima itu dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit, S.E., M.A yang hadir bersama Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai. Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri oleh Ketua Yaspar , Rektor dan jajaran Pimpinan Unika Santu Paulus Ruteng.

Kegiatan yang terlaksana dalam kerja sama dan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, Dinas Keseatan NTT, Pemeritah Kabupaten Manggarai, Dinkes Kabupaten Manggarai dan Panitia Bantuan Vaksinasi Covid-19 Nasional, Salim Group Jakarta ini diprioritaskan untuk mahasiswa, dosen, pegawai, serta masyarakat umum.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A dalam kata sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Manggarai. “Dari hati yang tulus kami keluarga besar civitas kademika Unika Santu Paulus Ruteng menyampaikan selamat datang kepada bapak Bupati Manggarai. Kami sangat senang, karena Bapak datang ke kampus kami di tengah kesulitan dan tantangan menghadapi Pandemi Covid 19. Kehadiran Bapak Bupati memberikan harapan dan membangkitkan optimisme kami”, ujarnya.

Foto: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes S. Lon, M.A saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Program Vaksinasi Massal Unika Santu Paulus Ruteng, Senin (13/09/2021)

Lebih lanjut, Pakar Hukum Gereja itu menyatakan kegembiraan dan kebanggaannya  atas penyelenggaraan program vaksinasi ini. “Terus terang kami harus katakan bahwa Pandemi Covid sesungguhnya telah mengganggu bahkan mengacaubalaukan tatanan kehidupan kampus kami yang telah dibangun bertahun-tahun di lembaga ini. Selama masa pandemic Covid 19, kehidupan kami menjadi tidak normal seperti biasanya dan harus mengenakan New Normal, namun belum bisa memulihkan kehidupan kampus seutuhnya. Proses transformasi pengetahuan, keterampilan, dan keteldanan pun bergantung pada ketersediaan teknologi dan akses jaringan. Proses tersebut pun tidak terjadi secara maksimal karena tergantung pada pulsa dan signal. Hari ini kami bangga dengan kegiatan vaksinasi terhadap 1300 mahasiswa UNIKA. Bagi kami, kegiatan pemberian vaksin ini menjadi jalan  untuk kembali kepada kehidupan kampus yang normal karena vaksinasi memberikan banyak manfaat”, terangnya.

Pemberian vaksin ini, imbuh Rektor,  memberikan manfaat baik secara personal, maupun secara sosial kelembagaan. “Pertama, secara personal, pemberian vaksin ini akan meningkatkan imunitas tubuh para peneriama sehingga mampu menyelamatkan hidupnya dari ancaman Covid 19. Kedua, pemberian Vaksin ini akkan menciptakan herd immunity di Kampus kami sehingga penyebaran Covid 19 dapat dicegah. Ketiga, ketika herd immunity dapat dijamin di kampus ini, maka, perkuliahan pun kembali berjalan seperti biasa. Keempat, pemberian vaksinasi ini membantu kami menyelamatkan masa depan mahasiswa’, imbuhnya.

Menutup kata sambutannya, Rektor manyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan Program Vaksinasi Massal ini. “Dari hati yang Iklhas kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah pusat, provinsi, dan utamanya Bupati manggarai yang memberi kami vaksin dan tenaga medisnya. Kami juga sangat berbangga dan bersyukur kepada Salim Group dan Tim Vaksinasi Nasional Salim Group, yang bersedia mensponsori dan menfailitasi kegitan vaksinasi ini. Kami berterima kasih kepada Tim Gugus Vaksinasi Kabupaten Manggarai, terutama para petugas yang melayani vaksinasi pada hari ini di tempat ini. Kami juga tidak lupa berterima kasih kepada Tim vaksinasi UNIKA Santu Paulus Ruteng yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas berkoordinasi dengan semua pihak sehingga hari ini dapat terlaksana pemberian vaksinasi kepada mahasiswa. Semoga pengorbanan Bapa/Ibu sekalian dapat menyelelamatkan kesehatan dan kehidupan mahasiswa kami. Khusus kepada mahasiswa, kami menyampaikan terima kasih atas kesediaanmu menerima vaksin. Semoga mahasiswa menjadi contoh bagi masyarakat untuk cinta vaksinasi. Dengan menerima vaksin, kita tidak saja menyeleamatkan diri kita sendiri tetapi juga menyelamatkan sesame, selamatkan Manggarai, selamatkan Indonesia dan dunia”, pungkasnya

Sementara Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit, S.E., M.A dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Lembaga Unika Santu Paulus Ruteng yang menyelenggarakan kegiatan besar ini. “Saya menyampaikan terima kasih kepada lembaga Unika Santu Paulus Ruteng yang  telah berinisiatif melaksanakan kegiatan vaksinasi ini. Ini menunjukkan besarnya dukungan lembaga ini kerja dan program pemerintah”

Foto: Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit, S.E., M.A saat membawakan sambutan dan membuka secara resmi Program Vakisnasi Massal Unika Santu Paulus Ruteng, Senin (13/09/2021)

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Manggarai juga menyatakan komitmennya untuk mendukung  program vaksinasi ini. “Selain bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menciptakan herd immunity, kegiatan ini menjadi kampanye positif kepada masyarakat tentang pentingnya program vaksinasi ini. Karenaa itu, pemerintah Kabupaten Manggarai akan mendukung penuh kegiatan ini. Hari ini tiga tim vaksinator dari tiga puskesmas, kami arahkan ke sini. Semoga semuanya berjalan lancar”, tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Manggarai mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan yang menjadi tim vaksinator dalam kegiatan ini. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan, tim vaksinator yang tidak kenal lelah, telah mengerahkan waktu dan tenaganya dalam setiap kegiatan vaksinasi di Kabupaten Manggarai ini. Akhirnya dengan memohon berkat Tuhan dan doa Bunda Maria, saya membuka kegiatan vaksinasi covid-19 di Unika Santu Paulus Ruteng ini secara resmi,” tutupnya yang disambut tepukan tangan semua yang hadir.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Program Vaksinasi Unika Santu Paulus Ruten, Romo Dr. Maksimus Regus, S.Fil.,M.Si, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang menjadi pendukung dan sponsor kegiatan kemanusiaan ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai, Dinkes dan Puskesmas,  Tim Vaksinator yang sudah mendukung Vaksinasi. Ucapan terima kasih juga untuk tim kemanusiaan Vaksinasi Covid 19 Salim Group Jakarta atas dukungan dalam memfasilitasi program vaksinasi Unika. Terima kasih kepada Yaspar, Rektor, dan Pimpinan Unika untuk dukungannya, juga kepada Tim Vaksinasi Santu paulus Ruteng. Semoga kegiatan yang dimulai pada hari ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harpan dan target penerima 10.000 mahasiswa, keluarga besar Unika, dan masyarakat umum. “ ujarnya.

Pada penyelenggaraan tahap I ini, total 1302 mahasiswa menerima vaksin dosis pertama. Penyelenggaraan tahap berikutnya akan dijalankan sesuai pasokan vaksin dari kementerian dan dinas terkait serta jadwal tim vaksinator dari Dinkes Kabupaten Manggarai. (Tim Publikasi Panitia Vaksinasi Unika Santu Paulus Ruteng)

x

Check Also

Dukung Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Libatkan International Web Developer

Foto: Suzana Praskalo, seorang profesianal Web Developer dari Slovenia sebagai pemateri dalam kegiatan Prodi PBI ...