Unika Santu paulus ruteng

TIM DEBAT UNIKA ST. PAULUS RUTENG LOLOS KE-32 BESAR ATAU MASUK DALAM KATEGORI NOVICE LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS TINGKAT NASIONAL

Hari Kedua Lomba debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional dilaksanakan secara ‘daring’ di Gedung Utama Timur Lt. 4 UNIKA Santu Paulus Ruteng, pada hari Kamis 26 Agustus 2021. Kompotisi debat berbahasa Inggris mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia yang merupakan wakil dari 16 Wilayah Koopertis Indonesia. Seluruh tim berjumlah  336 orang yang terdiri dari 224 mahasiswa debaters dan 112 orang N1 adjudicators . Kompetisi debat berbahasa Inggris ini menjadi bagian penting dari pengembangan potensi mahasiswa di era global.

Hari pertama tim Mahasaiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari dua orang debaters, yaitu Agnetis Afriani Basir dan Skolastika Neldis serta satu adjudicator, yaitu Eufrosiana Igo mengikuti Preliminary Rounds (babak penyisian) . Pada ronde pertama babak tersebut tim  Unika St. Paulus Ruteng yang berasal dari Wilayah XV (Nusa Tenggara Timur) berlaku sebagai Opening Government berhadapan dengan Kampus Andalas-Padang yang berasal dari Kopertis Wilayah I (Sumatra Barat) sebagai Opening Opposition Sedangkan Member of Government  adalah tim dari Universitas Padjadjaran yang berasal dari Kopertis Wilayah IV (Jawa Barat) dan yang menjadi member of Opposition adalah tim dari Universitas Brawijaya-Malang yang berasal dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Stanislaus Guna, M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris menyatakan saya tidak menyangka kalua mahasiswa kita bisa berkompetisi di ajang nasional, apalagi bisa lolos 32 besar. Saya bangga dengan ketiga peserta lomba karena mereka telah lolos dari kategori babak  eliminasi  Open-Draw yaitu babak kopetisi lomba bagi seluruh peserta yang berjumlah 112 tim untuk memperebutkan tiket ke babak novice (32 Tim ). Lebih lanjut Stanis menyatakan bahwa kita tetap memberikan motivasi bagi peserta lomba agar mereka terus berjuang untuk mengharumkan nama kampus, dan kopertis wilayah XV.  

Prime minister (Pembicara pertama) tim Unika St. Paulus Ruteng  Skolastika Neldis menyatakan bahwa kami sedikit menglami kesulitan dalam ronde I tersebut karena kami harus berhadapan dengan tim-tim yang berasal dari Universitas yang telah memiliki jam terbang tinggi. Namun, kami tetap berbangga karena kami boleh lolos dalam babak penyisian ini dan terdaftar sebagai peserta yang boleh mengikuti babak kedua yaitu kategori Novice .

Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd Ketika ditemui dalam sela-sela kegiatan debat menyatakan bahwa tim Unika St. Paulus Ruteng boleh menarik nafas lega karena kita telah terdaftar masuk dalam kategor Novice. Lebih lanjut Dr. Sebas menyatakan bahawa novice merupakan kategori babak eliminasi bagi peserta yang telah memenuhi syarat kategori eliminasi yaitu lolos dalam babak penyisian.Ketiga mahasiswa kita sudah berusaha yang terbaik walaupun masih banyak kekurangan yang perlu kita benahi. Hemat saya tim kita memiliki wawasan cukup baik teristimewa isu-isu, keilmiahan baik berskala nasional maupun skala internasional, kemampuan mengelola informasi, kemampuan berargumentasi, namun masih banyak kekerangan menyangkut penggunaan teknologi digital. Kami sadar bahwa jika dibandingan dengan tim-tim lomba dari wilayah lain se-Indonesia kita masih banyak kekerungan dibidang teknologi digital.   

Yustus Sentus Halum, M.Pd selaku moderator tim debat berharap Tim Debat Unika St. Paulus Ruteng bisa lolos di Sesi Novice (32 besa) sehingga bisa melaju ke babak selanjutnya yaitu Kategori Octofinals (16 besar), Quarterfinals (8 besar), Seminals (4 besar), dan Grandfinals untuk mendapatkan yang terbaik.

DOK PBI-VG

x

Check Also

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Jalani Magang di FPMIPA UPI Bandung

Foto: Dua Dosen Prodi Pendidiakn Matematka, Unika Santu Paulus Ruteng saat menjalani magang hari pertama ...