Unika Santu paulus ruteng

Unika Santu Paulus Ruteng Gelar Workshop Evaluasi Data Kinerja Penelitian dan PkM Dosen

Foto: Dosen-dosen Unika Santu Paulus Ruteng saat mengikuti Workshop Evaluasi Kinerja Penelitian dan PkM Senin (10/2/2020) – Kamis (13/2/2020)

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng di bawah kordinasi Wakil Rektor  I (Warek I) Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menggelar Workshop Evaluasi Data kinerja Penelitian dan PkM bersama semua dosen Unika Santu Paulus Ruteng pada Senin, (10/02/2020) hingga Kamis, (13/02/2020). Kegiatan ini dijalankan untuk memenuhi tuntutan Direktorat Jenderal Perguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (sekarang Kemendikbud) yang membuka kesempatan setiap tahun kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan pengisian data kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Kegiatan yang dilakukan secara kelompok berdasarkan fakultas dan program studi ini, menghadirkan Warek I Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum sebagai nara sumber dan dibuka secara resmi oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A.

Baca juga: STKIP Santu Paulus Ruteng Raih Peringkat 113 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dalam Bidang Penelitian

Dalam sambutannya, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng menegaskan tentang tri tugas seorang dosen yaitu, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Pada kesempatan ini, saya ingin menegaskan kembali tentang tridharma atau tritugas dosen di perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tritugas ini adalah satu kesatuan. Menurut amanat undang-undang, dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan. Peran sebagai ilmuwan itu dijalankan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, ujarnya. Lebih lanjut, Rektor juga menyatakan bahwa kinerja tridharma ini akan jadi acuan dalam pengambilan keputusan tentang promosi jabatan dan pemilihan dosen untuk melanjutkan studi. “Ke depan, saya akan benar-benar jadikan kinerja dalam tritugas ini sebagai pertimbangan promosi jabatan maupun studi lanjut dosen.”, tegasnya.

Sementara itu, nara sumber workshop, Ibu Dr. Fransiska menjelaskan berbagai hal teknis terkait proses pelaporan kinerja penelitian dan PkM, mulai dari pengisian form khusus data-data penelitian dan PkM dari para dosen yang penting untuk diperhatikan dan diperbaiki kembali hingga presentasi jumlah keterlibatan dosen dalam bidang penelitian dan PkM di setiap program studi pada dua fakultas. Selain itu, ia juga menguraikan dampak penelitian, PkM dan publikasi dosen baik bagi keberadaan pribadi setiap dosen, program studi, maupun universitas. “Saya mau menyatakan bahwa penelitian, PkM dan publikasi yang kita lakukan secara pribadi tidak hanya berguna untuk kita sendiri. Hal itu juga berdampak besar bagi lembaga, mulai dari akreditasi program studi hingga rangking lembaga secara nasional. Karena itu kami menghimbau kita semua untuk lebih giat melakukan tugas ini dan melaporkan hasil kinerjanya kepada kami”, ungkapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini dua Dekan dari dua fakultas yang ada di Unika Santu Paulus Ruteng. Pater David Djerubu, M.A. selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian (FIKP) Unika Santu Paulus Ruteng dalam sambutannya menyatakan “Saya mengucapkan terima kasih kepada para dosen program studi asuhan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian yang telah aktif menghasilkan karya penelitian dan PkM. Saya berharap ke depannya, para dosen FIKP lebih berani dan berjuang untuk menghasilkan lebih banyak penelitian dan PkM.”. Secara terpisah, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Romo Dr. Maximus Regus, S.Fil., M.Si juga mengungkapkan hal senada. Dalam penegasannya beliau mengucapkan terima kasih kepada  LPPM dan Warek I yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia juga mengapresiasi seluruh program studi pada FKIP yang telah memberikan sumbangan besar bagi meningkatnya presentasi penelitian dan PkM Prodi, fakuktas, maupun universitas. “Terima kasih kepada LPPM atau Warek I yang sudah selenggarakan kegiatan ini. Evaluasi ini harusnya melecut kita untuk meningkatkan kinerja peneltian dan PkM ke depan. Kebijakan memprioritaskan publikasi hasil penelitian dan PkM kelihatannya masih akan berlaku terus ke depan secara nasional. Saya yakin teman-teman dosen di sini punya kapastitas yang baik untuk mengisi ruang ini. Saya optimis ke depan akan ada perbaikan kinerja.” ujarnya

Workshop selalu diakhiri dengan diskusi singkat bersama para dosen yang hadir untuk menyampaikan berbagai tanggapan dan masukan yang dipandu oleh Bedilius Gunur, M.Pd. sebagai moderator. “Ucapan terima kasih kepada setiap dosen yang telah hadir dalam workshop. Hal ini penting untuk kelangsungan dan kelanjutan kerja tim Bidang Penelitian dan PkM dalam pengisian data kinerja tahun ini.” ungkap Sekretaris Warek I bidang Penelitian dan PkM itu,  saat menutup kegiatan workshop. (Cont/Adm: FI/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prodi PBSI Unika Santu Paulus Jalin Kerja Sama Pengembangan Tri Dharma PT dengan Yayasan Klub Buku Baca Petra

Foto: Pengurus Yayasan Buku Baca Petra bersama Keprodi, Sekprodi dan Dosen Prodi PBSI Unika Santu ...