Unika Santu paulus ruteng

Unika Santu Paulus Ruteng Menjadi Mitra Kegiatan KFN Indonesia di Makasar

Foto: Para Alumni KFN di sela-sela kegiatan Seminar di Kampus UIN Alaudin Makasar, Senin (9/3/20200 (Sumber: Dok Pribadi Ibu Fransiska Widyawati)

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menjadi salah satu mitra pendukung kegiatan Pertemuan Alumni KAICIID Felows Network (KFN) Indonesia di Makasar dan Malino pada 8 -12 Maret 2020. Dalam pertemuan tahunan ini, KFN Indonesia menggandeng sejumlah lembaga untuk menyelenggarakan seminar nasional, talk-show para tokoh lintas agama, dan camping perdamaian untuk orang muda dari pelbagai wilayah di Sulawesi. Unika Santu Paulus turut dipilih sebagai mitra karena salah satu alumni KFN Indonesia adalah dosen pada kampus ini, yakni Ibu Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum. Beliau adalah alumni KAICIID Felows Internasional tahun 2016. Latar belakang pendidikan beliau dalam bidang inter-religius studies relevan dengan visi dan misi KAICIID.

KAICIID sendiri adalah kependekan dari  King Abdullah bin Abdulaziz International Centre for Interreligious and Intercultural Dialogue. KAICIID adalah organisasi intergovermental yang punya tugas khusus dalam mempromosikan dialog secara global. Organisasi ini berkedudukan di Vienna, Austria.

Pada 9 Maret 2020, KFN menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Kohesi Sosial melalui  Dialog Antaragama untuk Perdamaian”. Seminar dilangsungkan di kampus UIN Alauddin Makasar dengan salah satu key note speakernya Alissa Wahid, putri sulung Presiden Gus Dur. Selain seminar juga dilakukan dialog dan talk show dengan para pegiat perdamaian di Sulawesi. Tema yang diusung “Memperluas Dialog Antaragama untuk Mencegah Intoleransi Beragama”. Selama acara tersebut, para pegiat perdamaian berbagi kisah dan pergulatan mereka dalam memperjuangkan toleransi dan perdamaian di Sulawesi.

Foto: Para Alumni KFN dalam salah satu kegiatan di Makasar, 8-12 Maret 2020 ( Sumber: Dok Pribadi Ibu Fransiska Widyawati)

Agenda lain yang diselenggarakan KFN Indonesia 2020 adalah melakukan camping perdamaian dengan tema “Perjumpaan antar Agama dan Budaya, Malino 2020”. Acara ini melibatkan orang muda lintas agama di Sulawesi. Kegiatannya dilakukan baik di Makasar maupun di Malino. Selama kegiatan ini orang muda mengikuti workshop, melakukan visitasi ke pelbagai rumah ibadah di Sulawesi dan Malino, melakukan aneka permainan, dll.

Kegiatan KFN Indonesia didanai oleh KAICIID Internasional. Selain Unika Santu Paulus Ruteng, mitra lain kegiatan ini adalah Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC), UIN Alauddin Makasar, Unika Santu Paulus Ruteng, Srikandi Lintas Iman-Yogyakarta, Komunitas Pesantren Damai, Lembaga Perdamaian Indonesia, SCI, dll.  Kegiatan ini diharapkan semakin memperkuat semangat perdamaian dan toleransi yang berkeadilan di Indonesia.

Ibu Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum. sebagai salah satu peserta kegiatan mengaku sangat bersyukur bisa terlibat dalam event ini. Baginya kegiatan ini amat penting untuk merawat persatuan dan kerukunan di Indonesia. Sementara bagi lembaga Unika Santu Paulus Ruteng, event ini menjadi kesempatan promosi sekaligus menunjukkan kontribusi dalam membangun toleransi di Indonesia. “Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan menjadi bagian dari kegiatan yang luar biasa ini. Kegiatan seperti ini penting untuk merawat kerukunan di tanah air. Ini juga kesempatan untuk promosi lembaga Unika Santu Paulus Ruteng sekaligus menunjukan kontribusi untuk membangun toleransi di Indonesia” tuturnya. (Adm: RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Unika Santu Paulus Ruteng Sediakan Empat Cara Pendaftaran bagi Calon Mahasiswa Baru

Foto: Gedung Utama Unika Santu Paulus Ruteng yang Beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor ...